5 Tips Merawat Kulit Bayi Prematur

5 Tips Merawat Kulit Bayi Prematur

written by : MAKUKU - 17 Nov 2023

Viewed : 9 times  Read duration : Page Views : 106 times

Tanggal 17 November 2023 selalu diperingati sebagai Hari Prematur Sedunia atau World Prematurity Day setiap tahunnya. Berjalan sejak tahun 2011, Hari Prematur Sedunia ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran bagi jutaan anak yang lahir prematur setiap tahunnya.

Bayi prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu atau belum cukup bulan. Bayi prematur sangat rentan mengalami gangguan kesehatan karena organ tubuhnya belum berkembangan sempurna seperti anak lahir normal. Oleh karena itu, banyak hal yang harus diperhatikan selama merawat bayi prematur. Salah satunya adalah kesehatan kulit, dimana kulit sebagai organ paling luar.

5 Tips Merawat Kulit Bayi Prematur

Merawat kulit bayi prematur memerlukan perhatian ekstra karena kulit mereka cenderung lebih tipis dan rentan terhadap iritasi. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kulit bayi prematur:

Gunakan Produk Bebas Pewangi dan Pewarna

Pilih produk perawatan bayi yang bebas pewangi, pewarna, dan bahan kimia keras. Kulit bayi prematur lebih rentan terhadap reaksi alergi, dan penggunaan produk yang lembut dan hypoallergenic dapat membantu mencegah iritasi.

Hindari Pembersih yang Keras

Gunakan pembersih ringan dan bebas sabun saat mandi bayi. Pilih pembersih yang dirancang khusus untuk kulit bayi dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit.

Hindari Paparan Terlalu Lama pada Air

Hindari membiarkan bayi terlalu lama dalam air mandi, karena kulit mereka dapat kehilangan kelembaban lebih cepat. Pertimbangkan untuk menggunakan sabun dan sampo dengan cepat, dan pastikan untuk menyeka bayi secara lembut dan menyeluruh setelah mandi.

Gunakan Pelembab

Aplikasikan pelembab khusus bayi setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulit. Pilih pelembab yang lembut, bebas pewangi, dan dirancang khusus untuk kulit bayi.

Perhatikan Pakaian yang Digunakan

Pilih pakaian yang lembut dan bernapas, terutama pakaian yang langsung bersentuhan dengan kulit bayi. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu kasar, karena hal ini dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

Pilihlah popok lembut yang cepat menyerap

Kondisi kulit bayi prematur sangat tipis dan rentan terhadap penyakit. Moms bisa memilih popok lembut dengan kemampuan menyerap yang baik. Permukaan popok yang lembut akan membuat si kecil lebih nyaman.

Seperti MAKUKU Dry Care yang memiliki permukaan lembut dan mampu menyerap cairan lebih banyak. MAKUKU Dry Care ini mampu mengurangi gesekan antara kulit dan popok dan popok kering tahan lama. Sehingga dapat menjaga kelembaban kulit si kecil dan mengurangi risiko iritasi kulit pada bayi.

Selain itu, penting untuk memperhatikan perubahan kulit, seperti kemerahan atau lecet, dan segera konsultasikan dengan dokter jika ada tanda-tanda iritasi atau masalah kulit lainnya. Dokter atau perawat dapat memberikan saran khusus tentang perawatan kulit bayi prematur berdasarkan kondisinya.

Ingatlah bahwa setiap bayi prematur mungkin memiliki kebutuhan khusus, dan perawatan kulit dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi kesehatan dan rekomendasi dari tim perawatan medis yang merawat bayi tersebut. (Aq/MKK)

Kulitbayiprematur

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment