6 Cara Mengatasi Bayi yang Rewel di Malam Hari

Temukan cara lembut mengatasi bayi rewel di malam hari dengan tips praktis. Dapatkan tidur nyenyak untuk bayi dan kedamaian untuk keluarga Moms.

written by : MAKUKU - 18 Okt 2023

Viewed : 7 times  Read duration : Page Views : 119 times

Menghadapi bayi rewel di malam hari dapat menjadi pengalaman yang melelahkan bagi ibu. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat membantu menenangkan bayi yang rewel dan memastikan tidurnya yang nyaman. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik yang berguna untuk mengatasi bayi yang rewel di malam hari.

Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari

Sebelum kita membahas cara mengatasi bayi yang rewel, penting untuk memahami penyebabnya. Berikut adalah beberapa alasan umum yang mungkin membuat bayi Anda rewel di malam hari:

1. Perut Kembung

Bayi yang mengalami perut kembung mungkin merasa tidak nyaman dan rewel. Gas yang terjebak dalam perutnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

2. Lapar

Bayi rewel bisa jadi tanda bahwa mereka lapar. Memastikan bahwa bayi telah makan cukup sebelum tidur dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan lapar.

3. Susu yang Keluar Lambat

Jika bayi merasa frustrasi karena susu yang keluar lambat saat menyusui, ini dapat membuat mereka rewel. Memahami teknik menyusui yang baik dapat membantu mengatasi masalah ini.

4. Kecapekan

Bayi yang terlalu lelah mungkin akan menjadi rewel. Pastikan bahwa mereka cukup istirahat sepanjang hari.

5. Terlalu Terstimulasi

Stimulasi yang berlebihan sebelum tidur dapat membuat bayi sulit tidur. Mengurangi rangsangan sebelum tidur dapat membantu membuat bayi lebih tenang.

6. Kolik

Kolik adalah kondisi yang dapat menyebabkan bayi merasa sangat tidak nyaman dan rewel. Memahami tanda-tanda kolik dan bagaimana mengatasi gejalanya dapat membantu.

Cara Mengatasi Bayi yang Rewel di Malam Hari

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah konkret yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi bayi yang rewel di malam hari:

1. Menggendong

Saat bayi menangis, langkah pertama dan juga merupakan cara paling umum yang dapat dilakukan adalah dengan menggendongnya. Anda bisa menempatkan bayi dekat dengan detak jantung ibu sehingga memberikannya rasa hangat dan nyaman. Hal tersebut dapat membuatnya merasa tenang.

2. Mengurangi Stimulasi

Selain menggendong bayi, Anda juga bisa mengurangi stimulasi agar bayi merasa rileks. Caranya dengan mematikan lampu dan mengurangi kebisingan. Apabila bayi belum berusia empat bulan, Anda bisa membedong atau menyelimutinya dengan longgar agar bayi merasa hangat dan lebih mudah tenang.

3. Memijat Lembut

Sentuhan tangan ibu merupakan salah satu cara sederhana tetapi ampuh untuk menenangkan bayi. Anda bisa memijat punggung si kecil dengan lembut menggunakan minyak. Selain menenangkan dan membuat bayi merasa rileks, pijatan lembut juga dapat menjalin ikatan antara ibu dan bayi.

4. Menenangkan dengan Suara

Ibu juga dapat menenangkan bayi lewat suara seperti bersiul atau bernyanyi pelan. Anda bisa melakukannya sambil menggendong bayi dan mengayunkannya secara perlahan.

5. Menyusui dengan Berbagai Posisi

Cara mengatasi bayi yang rewel di malam hari selanjutnya adalah dengan menyusuinya dengan berbagai variasi posisi. Pasalnya, perubahan posisi saat menyusui bisa memengaruhi aliran ASI dan kenyamanan si kecil.

6. Membuat Bayi Serdawa

Perut bayi yang kembung menjadi salah satu alasan ia rewel di malam hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggendongnya dengan posisi tegak lalu mengusap atau menepuk punggung bayi dengan lembut hingga serdawa.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Moms dapat membantu bayi Anda tidur dengan nyaman di malam hari dan menjadikan pengalaman merawat bayi yang lebih menyenangkan. Ingatlah bahwa setiap bayi adalah unik, jadi Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara sebelum menemukan yang paling efektif untuk bayi Anda.

MAKUKU Dry Care

Untuk memastikan bayi Anda tidur nyenyak di malam hari, pemilihan popok yang tepat juga sangat penting. MAKUKU Dry Care adalah salah satu pilihan popok yang dapat membantu bayi Anda merasa kering dan nyaman sepanjang malam.

MAKUKU Dry Care memiliki daya serap tinggi dan permukaan popok yang tetap kering lebih lama. Dengan teknologi tiga lapisan sirkulasi udara, MAKUKU Dry Care dapat mengeluarkan udara lembab setelah urin membahasi permukaan popok dan membuka jalan masuk keluar udara segar. Keunggulan produk ini termasuk desain Elastic Waist yang dirancang agar dapat mengikuti bentuk tubuh bayi dan memberikan kenyamanan maksimal.

Selain itu, MAKUKU Dry Care seperti awan yang dapat meminimalisir gesekan antara kulit bayi dan popok sehingga dapat mencegah ruam. Produk ini juga memiliki kemampuan menyerap cairan lebih banyak, baik pada siang maupun malam hari, sehingga bayi Anda tetap kering dan nyaman.

Dimana Moms Dapat Membeli MAKUKU Dry Care?

MAKUKU Dry Care tersedia dalam dua tipe, yaitu popok perekat dan popok celana. Popok perekat tersedia dalam ukuran NB-S untuk bayi dengan berat badan 3-8 kg. Sementara itu, ukuran popok celana mulai dari M, L, XL, dan XXL dengan berat mulai dari 6-25 kg. MAKUKU Dry Care dapat Anda beli dengan harga mulai dari 50 ribuan.

Selain kemasan renceng, MAKUKU Dry Care juga memiliki ukuran reguler seperti varian lainnya. Semua varian popok MAKUKU kini bisa dibeli secara online dan offline di RAJASUSU, TOKO SUSU NADIRA, SM POPOK, dan toko perlengkapan bayi lainnya.

Dengan memilih MAKUKU Dry Care, Moms tidak hanya memberikan kenyamanan kepada bayi Anda tetapi juga mendapatkan kepastian tidur nyenyak di malam hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba MAKUKU Dry Care dan rasakan perbedaannya sendiri!

popokbayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment