Perlukah Mengganti Popok Bayi Di Malam Hari?

Perlukah Mengganti Popok Bayi Di Malam Hari?

written by : MAKUKU - 15 Nov 2023

Viewed : 79 times  Read duration : Page Views : 434 times

Kebiasaan baru menjadi seorang ibu adalah hobi melihat anaknya yang sedang tertidur pulas. Dunia rasanya indah melihat wajah tenang si kecil saat tertidur. Sehingga terkadang moms tidak ingin membangunkan si kecil meski sudah waktunya mengganti popok di malam hari.

Mengganti popok yang sudah penuh adalah hal wajib dilakukan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan seperti ruam popok, iritasi kulit dan lainnya. Namun, mengganti popok bayi di malam hari bisa menimbulkan masalah lain. Seperti membangunkan si kecil dan bisa membuatnya sulit untuk kembali tertidur pulas.

Perlu nggak sih mengganti popok bayi di malam hari?

Mengganti popok bayi di malam hari tergantung pada beberapa faktor, termasuk kebiasaan tidur bayi dan kondisi kesehatannya. Banyak orang tua mengganti popok bayi sebelum tidur malam dan kemudian lagi saat bayi terbangun untuk makan di tengah malam.

Namun, setiap bayi berbeda, dan setiap keluarga memiliki pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya. Yang terpenting adalah memastikan bahwa bayi tetap bersih, kering, dan nyaman untuk mendukung kualitas tidurnya.

Tidak jarang pula bayi akan terbangun dengan sendirinya akibat rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari popok penuh yang basah. Apalagi jika si kecil buang air besar saat tidur, moms harus segera mengganti popok. Kulit yang terpapar oleh kotoran dapat membuat iritasi kulit dan memperburuk kondisi kulit bayi jika memiliki luka terbuka.   

Mengganti popok bayi di malam hari bisa menjadi rutinitas yang baik untuk memastikan kenyamanan bayi dan mencegah iritasi kulit. Jadi, moms tetap disarankan mengganti popok bayi di malam hari.

Tips mengganti popok malam hari yang tidak mengganggu tidur bayi

 Beberapa bayi dapat tidur nyenyak tanpa terganggu oleh popok basah, sementara yang lain mungkin terbangun atau merasa tidak nyaman jika popoknya basah. Jadi, sebagian besar orang tua memutuskan untuk mengganti popok bayi di malam hari untuk memastikan kenyamanan bayi dan membantu mereka tidur lebih nyenyak. 

Berikut ini tips mengganti popok malam hari yang efisien tanpa mengganggu tidur bayi:

Gunakan Popok Berkualitas Tinggi

Pilih popok yang dapat menyerap dengan baik dan tahan lama agar bayi tetap kering lebih lama sepanjang malam.

Minimalkan Stimulasi

Coba untuk membuat proses penggantian popok seefisien mungkin. Hindari menyalakan lampu terang atau berbicara terlalu keras agar bayi tidak terlalu terbangun selama proses ini.

Pertimbangkan Menggunakan Popok Malam

Beberapa merek popok memiliki varian khusus untuk penggunaan malam hari yang dirancang untuk menyerap lebih banyak cairan dan tetap kering lebih lama seperti MAKUKU SAP Diapers Grow Care.

Pertimbangkan Posisi Menyusui atau Memberi Botol Tanpa Mengangkat Bayi

Jika moms memberi makan bayi di tengah malam, pertimbangkan untuk mengganti popok saat bayi masih berada di posisi tidur atau setidaknya tanpa mengangkat bayi sepenuhnya dari tempat tidurnya agar tidak terlalu membangunkannya.

Ingatlah bahwa setiap bayi berbeda, dan beberapa bayi mungkin tidak terlalu terpengaruh jika popoknya basah selama beberapa jam. Jika bayi tidur nyenyak dan tidak terganggu, tidak selalu diperlukan untuk mengganti popok setiap kali mereka terbangun di malam hari. Tetapi, jika bayi tampak tidak nyaman atau sering terbangun, mengganti popok mungkin membantu meningkatkan kenyamanannya.

Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Grow Care

MAKUKU SAP Diapers Grow Care merupakan popok bayi tipe celana dengan ukuran jumbo yang memberikan perlindungan semalaman dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer). Sehingga aman untuk si kecil dan tidak menyebabkan ruam popok, menekan risiko kebocoran dan membuat si kecil bebas bergerak dalam posisi apapun.

Ada beberapa perbedaan yang menonjol dari MAKUKU SAP Diapers series lainnya, berikut ini adalah kelebihan MAKUKU SAP Diapers Grow Care yang wajib diketahui oleh para orang tua:

  1. Memiliki dua lapisan inti SAP (Super Absorbent Polymer)
  2. Kemampuan dua kali mengunci cairan dengan cepat dan merata
  3. Popok anti gumpal dan mengurangi risiko ruam popok
  4. Popoknya tipis dengan permukaan rongga udara
  5. Daya tampung besar 550 ml.

Jika mencari ukuran popok bayi yang lebih besar dari yang umum tersedia, moms dan dads mungkin perlu mencari popok dalam kategori ukuran "Toddler" atau "Junior". Popok MAKUKU SAP Diapers Grow Care sendiri tersedia dalam ukuran XXL, 3XL dan 4XL dengan deatil sebagai berikut ya:

  • Ukuran XXL untuk berat badan 15-25 kg
  • Ukuran 3XL untuk berat badan 18-35 kg
  • Ukuran 4XL untuk berat badan 25-45 kg

Nah, MAKUKU SAP Diapers Grow Care sudah bisa dibeli secara offline dan online ya moms and dads. Takut Ruam Popok Pakai MAKUKU! (Aq/MKK)

gantipopokbayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment