5 Obat Ruam Pada Bayi, Popok Lembut Jadi Perawatan Rumahan Terbaik

5 Obat Ruam Pada Bayi, Popok Lembut Jadi Perawatan Rumahan Terbaik

written by : MAKUKU - 16 Nov 2023

Viewed : 20 times  Read duration : Page Views : 164 times

Banyak faktor penyebab ruam popok pada bayi. Mulai dari efek makanan padat hingga pemakaian popok. Sekitar 75% ruam pada bayi disebabkan oleh kesalahan pemilihan popok yang kurang tepat. Ruam popok memang bukanlah penyakit yang berbahaya, namun dampaknya bisa membuat bayi rewel dan tidak nyaman. Ada banyak cara yang bisa moms lakukan untuk mengobati ruam popok, MAKUKU akan membahas 5 obat ruam popok pada bayi.

Ruam popok tidak bisa sembuh sendirinya tanpa perawatan khusus. Jika tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin ruam popok akan semakin buruk dan ruam akan meluas. Jadi, saat moms melihat tanda-tanda si kecil terkena ruam popok sebaiknya segera memberikan pertolongan pertama dengan 5 obat ruam popok berikut ini.

5 obat salep untuk mengatasi ruam popok si kecil

Pada umumnya, kulit si kecil akan kemerahan dan terasa perih saat mengalami ruam popok. Moms bisa menggunakan salep, krim atau gel khusus untuk kulit bayi. Semua obat ruam popok tersebut bisa diperoleh dengan mudah dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Tapi MinKu selalu menyarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter agar moms bisa memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Berikut 5 obat salep ruam popok pada bayi:

1. Petroleum Jelly

Studi pada Journal for Specialist in Pediatric Nursing tahun 2013 menyebutkan bahwa penggunaan petroleum jelly bisa membantu menurunkan risiko bayi terkena ruam popok. Bila si kecil mengalami ruam popok yang masih ringan moms bisa memberikan petroleum jelly untuk meredakan ruam popok.

Petroleum jelly bisa menjadi tambahan krim ruam agar tidak terlalu lengket di kulit bayi. Cara menggunakannya sebaiknya setelah membersihkan kulit dengan air agar dapat menjaga kelembaban kulit. Bahkan moms tetap bisa menggunakan petroleum jelly sebagai perawatan lanjutan setelah ruam popok sembuh.

2. Krim antijamur

Tahukah moms bahwa jamur hidup di permukaan kulit kita? Jamur memang hidup di permukaan kulit namun jumlahnya tidak banyak. Namun, pertumbuhan jamur di kulit bisa semakin pesat saat kondisi kulit lembab dan kotor. Biasanya kondisi lembab ini terjadi ketika popok si kecil yang basah dna penuh tidak sering diganti. Sehingga menyebabkan ruam popok akibat infeksi jamur.

Untuk mengobati ruam popok akibat infeksi jamur, berikan si kecil perawatan menggunakan krim atau salep antijamur. Obat ini ampuh untuk mengurangi pertumbuhan jamur di kulit bayi. Beberapa salep antijamur untuk mengobat ruam popok diantaranya miconazole atau clotrimazole seperti Balmex, Desitin, Triple Paste, dan Lotrimin

3. Salep Antibiotik

Selain infeksi jamur, ruam popok juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Karena pada kondisi kulit yang lembab, bukan hanya jamur yang dapat berkembang biak tetapi juga bakteri. Jika infeksi bakteri menjadi penyebab munculnya ruam popok, maka pengobatan paling tepat adalah menggunakan salep antibiotic.

Salep antibiotic ini berguna untuk menghambat dan membunuh bakteri pada kulit. Namun, penggunaan salep ini harus mengikuti resep dokter ya moms. Perlu diketahui, penggunaan salep antibiotik yang sembarang malah justru bisa meningkatkan risiko infeksi dan tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang.

4. Salep hidrokortison

Berbeda dengan salep sebelumnya, penggunaan salep hidrokortison untuk mengobati ruam popok harus mengikuti resep dan petunjuk dokter apalagi penggunaan untuk anak berusia dibawah 10 tahun. Salep ini juga dapat mengurangi rasa gatal, iritasi kulit hingga pembengkakan.

Jangan gunakan salep ini bersamaan dengan salep lainnya. Sebaiknya tunggu sekitar 10 menit setelah itu moms boleh mengoleskan obat lain.

5. Salep zinc oxide

Menurut American Academy of Dermatology salah satu obat ruam popok paling ampuh adalah salep yang mengandung zinc oxide. Salep ini akan membentuk lapisan pada kulit bayi sebagai pertahanan untuk memperkecil peluang penyebab ruam popok.

Menggunakan salep zinc oxide ini sebaiknya atas resep dokter yang moms. Cara menggunakannya pun mudah, cukup oleskan tipis-tipis pada kulit si kecil yang ruam. Jika dalam beberapa tidak kunjung sembuh, bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lain.

Popok Lembut Sebagai Perawatan Rumahan Terbaik Untuk Atasi Ruam Popok

Selain menggunakan obat, moms juga wajib melakukan perawatan rumahan agar ruam popok si kecil cepat sembuh. Seperti menjaga kebersihan kulit si kecil dan menggunakan si kecil popok yang lembut di kulit.

Pertama, moms harus rutin mengganti popok si kecil  setidaknya 2-3 jam sekali atau lebih sering jika diperlukan. Karena kulit bayi bisa terhindar dari ruam popok jika popok yang digunakan bersih. Lalu bersihkan kulit si kecil menggunakan produk yang aman, memiliki ukuran popok yang tepat dan berkualitas.

Ruam popok juga terjadi akibat gesekan antara kulit dan popok yang kasar. Popok lembut bisa menjadi salah satu solusi perawatan rumahan terbaik untuk mengatasi ruam atau iritasi kulit. Karena permukaan popok yang lembut membuat si kecil lebih nyaman terutama saat kulit bermasalah. Popok lembut bisa membantu mengurangi gesekan pada kulit dan mempercepat pemulihan.

Popok bayi lembut yang direkomendasikan adalah MAKUKU Dry Care. MAKUKU Dry Care merupakan popok lembut berteknologi SAP dan Pulp yang ekonomis. Review MAKUKU Dry Care mendapatkan sambutan positif dari para ibu di Indonesia. Sudah tahu apa saja kelebihan popok lembut MAKUKU Dry Care? Yuk simak berikut ini:

  • MAKUKU Dry Care terbuat dari lapisan kain yang sangat lembut, seperti sentuhan kasih sayang ibu.
  • Popok kering sepanjang hari, nyaman dan tidur nyenyak sepanjang malam.
  • Mampu menyerap cairan lebih banyak sepanjang hari baik pada siang maupun malam hari.
  • Memiliki daya serap tinggi yang membuat permukaan popok kering lebih lama.
  • Dilengkapi 3 lapisan sirkulasi udara yang dapat mengeluarkan udara lembab.
  • Desain pinggang yang elastis mengikuti bentuk tubuh bayi.
  • Ukuran yang lengkap dari NB-S, M, L, XL, dan XXL.
  • Tersedia dalam kemasan regular (pack) dan kemasan renceng bisa dibeli di warung terdekat.

Nah, itu dia 5 obat ruam pada bayi dan alasan kenapa popok lembut menjadi salah satu pilihan terbaik dalam merawat kulit si kecil. Selain itu, pastikan kulit si kecil tetap kering agar ruam atau iritasi kulit cepat membaik ya moms. (Aq/MKK)

obatruampopokpadabayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment