Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

written by : MAKUKU - 6 Des 2022

Viewed : 949 times  Read duration : Page Views : 1460 times

Mual dan muntah-muntah merupakan dua tanda kehamilan yang paling umum terjadi. Ketika telat datang bulan kemudian mual dan muntah-muntah tanpa alasan, para wanita pasti langsung menyadari bahwa mereka kemungkinan hamil. Namun nyatanya tidak semua wanita mengalami gejala morning sickness tersebut. Terkadang ada tanda-tanda hamil yang tidak disadari, bahkan mirip seperti kebiasaan-kebiasaan Anda setiap hari.

Kehamilan di trimester pertama harus dijaga dengan baik karena janin masih belum terlalu kuat. Jadi sebaiknya kenali tanda-tanda yang terkadang tidak disadari berikut ini:

1. Keluar Darah dari Vagina

Tanda hamil yang jarang disadari pertama adalah keluarnya darah dari vagina. Sebagian wanita menganggap darah tersebut merupakan tanda menstruasi. Padahal bisa juga menjadi tanda awal dari kehamilan. 

Keluarnya darah dari vagina di awal kehamilan dikenal dengan istilah pendarahan implantasi. Ciri darah yang keluar yaitu warnanya sedikit kecoklatan atau pink dan jumlahnya sangat sedikit. Sedangkan darah menstruasi berwarna merah, terdapat gumpalan darah, dan volumenya banyak.

2. Sering Buang Air Kecil

Wanita yang sedang hamil mengalami peningkatan Human Chorionic Gonadotropin Hormon di awal-awal kehamilannya. Hal tersebut memicu peningkatan produksi urin sehingga sering buang air kecil. Selain karena peningkatan hormon, sering buang air kecil di awal kehamilan juga terjadi karena ukuran rahim menekan kandung kemih.

3. Mood Swing

Mood swing atau perubahan mood menjadi tanda-tanda hamil yang tidak disadari selanjutnya. Ketika masa kehamilan memasuki usia 6 atau 10 minggu, wanita biasanya akan mengalami tanda satu ini. Perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhnya memicu terjadinya perubahan suasana hati. Tandanya yaitu perasaan lebih sensitif dibandingkan biasanya. 

4. Sembelit

Sangat jarang ada wanita yang menyadari bahwa sembelit atau susah buang air besar menjadi salah satu tanda kehamilan, terutama trimester pertama. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus rajin makan sayur dan buah yang tinggi serat. Contohnya bayam, apel, serta buah pisang.

5. Lebih Sensitif Terhadap Bau

Bukan hanya perasaannya saja yang sensitif, wanita yang sedang hamil biasanya juga lebih sensitif terhadap bau. Jika Anda merasa penciuman semakin tajam, maka coba periksakan diri. Naiknya hormon HCG atau Human Gonadotropin Hormon juga menjadi pemicu penciuman lebih sensitif. Namun jika usia kehamilan semakin bertambah, sensitivitas terhadap bau akan semakin menghilang.

6. Perubahan Nafsu Makan

Wanita hamil merasakan perubahan nafsu makan yang cukup besar. Anda akan lebih mudah lapar dibandingkan biasanya. Perubahan hormon juga lah yang menjadi pemicu mengapa nafsu makan wanita hamil meningkat. Pastikan mengetahui kebutuhan dan porsi makan yang tepat untuk ibu hamil.

7. Sakit Pinggang Belakang

Tanda-tanda terakhir yang sering tidak disadari adalah sakit pinggang belakang. Meskipun usia kehamilan masih muda, namun kebanyakan wanita akan merasakan sakit di pinggang belakang. Mengompres menggunakan air hangat menjadi salah satu solusi untuk meredakan rasa sakit.

Itulah beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari para wanita. Jika telat menstruasi diikuti tanda-tanda di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri. Sebagai bentuk persiapan untuk menyambut kelahiran Buah Hati, Anda bisa membeli popok kualitas terbaik yang efektif mengurangi ruam popok yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim.

Produk popok dengan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) ini dikenal tipis dan memiliki daya tampung hingga 500 ML, lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya yang daya tampungnya 400 ML. Ukurannya lengkap mulai dari NB (newborn) sampai dengan XXL, jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. (M2M)

KEHAMILAN

MAKUKUSAPDiapers Slim

tandatandahamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment