10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

written by : MAKUKU - 16 Feb 2024

Viewed : 52 times  Read duration : Page Views : 129 times

Ciri-ciri orang hamil memiliki tanda yang hampir sama dengan menstruasi itu benar adanya. Beberapa tanda hamil yang dirasakan mirip dengan tanda menjelang haid. Hal ini membuat wanita terkadang sulit membedakan tanda kehamilan pada umumnya. untuk itu, yuk simak 10 tanda-tanda hamil muda yang tidak disadari wanita.

Tanda-tanda Hamil yang Jarang Disadari

Tanda kehamilan pada setiap wanita tentu berbeda-beda dan uniknya tidak semua tanda-tanda kehamilan ini muncul pada setiap kehamilan. Berikut ini tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari oleh wanita:

1. Telat menstruasi

Telat haid atau menstruasi merupakan tanda kehamilan yang paling umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Sehingga tidak memperhatikan menstruasi yang terlambat sebagai tanda kehamilan.

2. Suhu tubuh naik

Ciri-ciri orang hamil berikutnya adalah suhu tubuh meningkat saat bangun tidur di pagi hari. hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesterone setelah ovulasi dan akan berlangsung selama 18 hari sebelum benar-benar positif hamil.

3. Nyeri payudara

Perubahan juga terjadi pada payudara ibu hamil. Mulai dari perubahan warna atau tekstur pada puting payudara hingga pembesaran dan sensitivitas payudara. Seperti ukuran payudara lebih besar, nyeri atau peningkatan kepekaan bisa menjadi tanda kehamilan.

4. Mual

Mual dan muntah adalah ciri orang hamil yang paling sering terjadi, meski tidak semua ibu hamil merasakan gejala tersebut. Tanda hamil satu ini biasanya terjadi pada usia kehamilan 4-8 minggu karena adanya peningkatan produksi estrogen oleh janin dan plasenta.

5. Kelelahan

Awal kehamilan akan membuat moms cepat lelah, pucat atau mudah mengantuk. Gejala kelelahan muncul akibat produksi hormon progesterone yang berlebihan. Jadi, jika calon ibu hamil sudah mulai kelelahan sebaiknya banyak istirahat.

6. Sering buang air kecil

Ciri-ciri orang hamil yang jarang disadari oleh wanita adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. biasanya di trimester pertama dan ketiga, ibu hamil akan lebih sering buang air kecil karena uterus yang melebar. Akibatnya, ibu hamil akan mudah merasa haus dan minum lebih banyak.

7. Sembelit

Buang air besar yang tidak teratur atau sembelit juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda yang jarang disadari akibat meningkatnya hormon progesteron. Hormon progesteron yang tinggi ini membuat pergerakan usus menjadi lambat dari biasanya dan menyebabkan sembelit.

8. Kram perut

Salah satu tanda kehamilan yang tidak disadari wanita adalah kram perut yang mirip seperti terjadi saat menstruasi. Namun bedanya, kram perut pada tanda hamil biasanya disertai dengan adanya flek atau pendarahan juga perut kembung dan sembelit.

9. Keputihan

Siapa bilang keputihan hanya muncul saat menjelang menstruasi? Keputihan juga bisa dialami oleh ibu hamil muda. Hal ini terjadi karena untuk menghalangi pembukaan serviks dan janin terinfeksi saat lahir dengan menyumbat lender.

10. Sensitif terhadap bau

Bila normalnya, moms tidak pernah sensitif terhadap bau dan tiba-tiba tidak suka dengan bau tertentu, patut dicurigai hamil. Wanita hamil mungkin lebih sensitif terhadap bau-bau tertentu atau bau yang biasanya tidak mengganggu mereka. Menurut sebuah jurnal, sensitivitas hidung dalam mencium bau akan meningkat ketika hamil muda.

Jika moms mengalami beberapa tanda-tanda kehamilan diatas, penting untuk melakukan tes kehamilan dan berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk konfirmasi dan perawatan lebih lanjut ya. (Aq/MKK)

ciricirioranghamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
10 Cara agar Bayi Pipis Lancar, Ketahui Penyebabnya

Memastikan bahwa bayi pipis dengan lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka. Simak 5 cara agar bayi pipis lancar di artikel ini.

MAKUKU
2023-09-26 21:25:13
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Normal atau Perlu Diwaspadai?

Wajar kah bayi 9 bulan belum tumbuh gigi? Pertanyaan ini sering kali membuat para orang tua cemas. Yuk, temukan jawabannya di sini!

MAKUKU
2024-06-14 09:20:30
0 Comment
HARUS BACA
7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Agar Nyaman Beraktivitas

Mual dan muntah adalah keluhan umum selama kehamilan. Artikel ini membahas cara mengatasi mual saat hamil agar tetap nyaman saat beraktivitas.

MAKUKU
2024-06-13 08:51:14
0 Comment