Kenali 10 Ciri Ciri Tanda Hamil 2 Bulan yang Sehat

Kenali 10 Ciri Ciri Tanda Hamil 2 Bulan yang Sehat

written by : MAKUKU - 7 Des 2022

Viewed : 231 times  Read duration : Page Views : 706 times

Di awal kehamilan, terjadi banyak perubahan pada tubuh wanita yang sedang hamil. Perubahan ini dipicu oleh perubahan hormon yang memengaruhi sistem organ dalam tubuh. Beberapa wanita mungkin merasakan tanda-tanda kehamilan yang kuat, sementara yang lain mungkin tidak merasakannya sama sekali. Namun, penting untuk diingat bahwa rasa tidak nyaman dan ketidaknyamanan selama usia kehamilan 2 bulan adalah hal yang umum terjadi.

Pada minggu-minggu pertama kehamilan, janin mulai berkembang di dalam tubuh ibu hamil. Ini adalah salah satu ciri-ciri utama kehamilan pada usia kehamilan 2 bulan. Selama periode ini, berat badan ibu hamil mungkin juga mengalami perubahan, walaupun belum terlalu signifikan.

Penting untuk dicatat bahwa rasa tidak nyaman dan sakit pada saat usia kehamilan 2 bulan adalah hal yang wajar. Pada usia kehamilan 8 minggu, beberapa wanita mungkin mengalami gejala seperti mual dan muntah, serta peningkatan sensitivitas payudara. Semua ini adalah tanda-tanda bahwa tubuh sedang beradaptasi dengan kehamilan. Jadi, jika Anda mengalami gejala ini, tidak perlu khawatir karena ini adalah ciri-ciri kehamilan yang sehat.

10 Ciri Ciri Hamil 2 Bulan yang Sehat

1. Morning Sickness

Morning sickness merupakan mual-mual dan muntah yang biasanya terjadi di pagi hari. Biasanya hal ini terjadi ketika usia kehamilan masih muda atau trimester pertama. Tidak ada efek negatif untuk janin atau ibu, namun bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan Anda.

2. Mood Swings

Mood swings atau perubahan suasana hati terjadi karena hormon mulai mengambil alih tubuh. Suasana hati wanita hamil akan lebih mudah berubah. Misalnya tiba-tiba marah, sedih, atau bahagia. Sebagian besar mood swings terjadi karena hormon estrogen dan progesteron. 

3. Ngidam

Ciri ciri hamil 2 bulan selanjutnya yaitu ngidam atau membenci makanan tertentu. Jangan khawatir karena membenci makanan yang disukai atau menyukai makanan yang dibenci merupakan hal yang wajar.

4. Sering Buang Air Kecil

Wanita hamil akan memproduksi lebih banyak hormon Human Chorionic Gonadotropin. Hormon tersebut memicu buang air kecil terus menerus. Banyaknya cairan yang masuk ke tubuh juga menjadi alasan lainnya. Pasalnya ibu hamil tidak boleh dehidrasi. 

5. Sakit Kepala dan Pusing

Jangan khawatir jika merasa sakit kepala dan pusing karena itu menjadi ciri ciri hamil 2 bulan. Tekanan darah dan hormon berubah saat hamil, jadi Anda akan merasakan pusing dan sakit kepala dalam intensitas ringan.

6. Payudara Berubah

Pada bulan 2 kehamilan, ukuran dan bentuk payudara biasanya mulai berubah menjadi lebih besar dan padat. Selain itu, payudara juga menjadi lebih responsif dan sensitif terhadap sentuhan. Hormon progesteron dan estrogen meningkatkan simpanan lemak tubuh sehingga mempengaruhi ukuran dan bentuk payudara.

7. Perubahan Kulit

Selain payudara, kulit wanita hamil 2 bulan juga berubah. Ada wanita yang mulai berjerawatan dan mengalami masalah wajah tertentu. Namun ada juga yang kulitnya lebih cerah dan mulus.

8. Mudah Lelah

Wanita hamil mengalami perubahan fisik sehingga wajar jika menjadi mudah lelah. Selain itu, kadar hormon progesteron yang ada di tubuh juga mempengaruhi tekanan dan gula darah. Atur pola makan dengan baik untuk mengatasinya.

9. Sembelit atau Konstipasi

Ciri ciri hamil 2 bulan yang cukup merepotkan adalah sembelit atau konstipasi. Perubahan hormon progesteron dalam tubuh berpengaruh pada proses pencernaan. Ketika proses pencernaan melambat, maka akan terjadi sembelit atau konstipasi.

10. Varises dan Pembengkakan

Ciri ciri terakhir adalah varises dan pembengkakan. Jadi jangan takut dulu jika terjadi pembengkakan karena hal tersebut menjadi ciri ciri hamil yang sehat. Biasanya pembengkakan terjadi di tungkai dan lengan karena pasokan darah meningkat. 

Itulah 10 ciri ciri dan tanda hamil 2 bulan yang sehat. Jadi jika merasakan ciri ciri di atas, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pastikan selalu memeriksakan diri ke dokter untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Anda juga harus mempersiapkan kelahiran Buat Hati dengan produk-produk berkualitas, terutama popok. 

Karena bayi baru lahir cenderung mudah mengalami ruam popok, cari popok yang bisa meminimalisir risiko tersebut. MAKUKU SAP Diapers Slim adalah pilihan yang tepat. Teknologi Super Absorbent Polymer yang digunakan membantu penyerapan cepat dan merata sehingga bayi terbebas dari ruam popok. Ukurannya yang lebih slim dengan daya tampung yang lebih banyak menjadi keunggulan lain. Saat ini produk popok MAKUKU sudah bisa Anda dapatkan di supermarket, minimarket, maupun marketplace kesayangan. (M2M)

hamil2bulan

ciricirihamil2bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment