Apakah Keputihan Saat Hamil Muda Itu Wajar?

Apakah Keputihan Saat Hamil Muda Itu Wajar?

written by : MAKUKU - 16 Feb 2024

Viewed : 1 times  Read duration : Page Views : 54 times

Keputihan saat hamil muda bisa jadi wajar karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita selama kehamilan. Hormon seperti estrogen dapat meningkatkan produksi lendir di daerah vagina, yang dapat menyebabkan keputihan yang lebih banyak dari biasanya.

Selama kehamilan, keputihan biasanya lebih encer, tidak berbau, dan berwarna putih atau transparan. Namun demikian, ada beberapa tanda keputihan yang mungkin tidak normal dan memerlukan perhatian medis, seperti keputihan yang berbau atau berwarna yang tidak biasa, disertai dengan rasa gatal atau terbakar, atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut atau keputihan yang terjadi dalam jumlah yang sangat besar.

Nah, agar selama kehamilan moms merasa tenang dan tidak khawatir lagi soal keputihan, sebaiknya moms mengetahui apa saja penyebab keputihan saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya jika moms mengalami keputihan saat hamil.

Penyebab Keputihan saat Hamil

Keputihan saat hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

Perubahan hormon

Selama kehamilan, tingkat hormon, terutama estrogen, meningkat. Hal ini dapat meningkatkan produksi lendir di daerah vagina dan menyebabkan keputihan.

Infeksi vagina

 Infeksi jamur seperti Candida albicans (infeksi jamur ragi) atau infeksi bakteri seperti bakteri vaginosis bisa menjadi penyebab keputihan saat hamil. Infeksi jamur biasanya disertai dengan keputihan yang kental, berwarna putih, dan disertai dengan rasa gatal. Sedangkan bakteri vaginosis bisa disertai dengan keputihan berwarna abu-abu atau kehijauan, disertai bau yang tidak sedap.

Kehamilan ektopik atau keguguran

Keputihan abnormal, terutama jika disertai dengan pendarahan dan nyeri perut, bisa menjadi tanda kehamilan ektopik atau keguguran. Kondisi ini memerlukan perhatian medis segera.

Hubungan seksual

Setelah hubungan seksual, beberapa wanita mungkin mengalami peningkatan cairan vagina, yang juga dapat tampak seperti keputihan.

Reaksi alergi atau iritasi

Produk pembersih atau deterjen, tisu toilet, atau bahkan kain dalam yang terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada daerah vagina juga bisa menyebabkan keputihan.

Cara mengatasi keputihan saat hamil

Jika moms mengalami keputihan saat hamil, ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi kondisi tersebut:

  1. Menjaga kebersihan area vagina secara teratur dengan air hangat untuk mengurangi risiko infeksi.
  2. Hindari penggunaan produk pembersih vagina yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras yang dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri di vagina.
  3. Gunakan pakaian dalam yang longgar dan berbahan katun untuk menjaga kebersihan dan sirkulasi udara daerah vagina.
  4. Mengonsumsi makanan sehat dan nutrisi seimbang untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh dan kesehatan vagina.
  5. Minum banyak air putih untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan vagina.

Konsultasikan dengan dokter atau bidan jika keputihan saat hamil terasa tidak normal atau disertai dengan gejala lain seperti gatal, bau yang tidak sedap, atau perubahan warna atau tekstur, untuk evaluasi dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Selama hamil, jangan lupa menyempatkan waktu untuk mulai memilih perawatan terbaik buat si kecil. Mulai dari pakaian, peralatan mandi, perawatan kulit hingga popok. Pastikan moms and dad memberikan perawatan yang tepat dan baik bagi si kecil saat lahir nanti. Untuk pilihan popok yang mampu mengurangi risiko ruam popok adalah MAKUKU SAP Diapers. (Aq/MKK)

keputihanhamilmuda

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment