8 Tanda Hamil 3 Bulan yang Mudah Dikenali

8 Tanda Hamil 3 Bulan yang Mudah Dikenali

written by : MAKUKU - 12 Des 2022

Viewed : 379 times  Read duration : Page Views : 1228 times

Ketika Anda berada pada awal kehamilan, Anda mungkin tidak banyak mengalami perubahan pada tubuh Anda. Tetapi saat memasuki usia kehamilan 3 bulan, banyak perkembangan penting yang terjadi, terutama dalam perkembangan janin. Ini adalah periode yang krusial untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin yang optimal.

Pada usia kehamilan 3 bulan, beberapa tanda kehamilan yang mungkin Anda masih rasakan adalah morning sickness dan perubahan pada produksi sel darah dalam tubuh Anda. Namun, juga penting untuk menyadari bahwa tanda-tanda yang mengarah ke trimester kedua mulai muncul.

Ciri-ciri Kehamilan 3 Bulan Yang Perlu Bunda Ketahui

Berikut adalah 8 ciri-ciri penting yang perlu Anda ketahui saat memasuki usia kehamilan 3 bulan:

1. Mual dan Muntah

Ciri pertama merupakan ciri kehamilan awal yang masih dirasakan wanita memasuki usia 3 bulan, bahkan puncaknya di usia kehamilan ini. Anda akan merasa mual dan ingin muntah, terutama di pagi hari. Jadi jangan merasa khawatir jika masih mual dan muntah di usia kehamilan 3 bulan.

2. Perubahan Pada Payudara

Ciri ciri hamil 3 bulan selanjutnya yaitu terjadi perubahan pada payudara. Areola yaitu area yang berada di sekitar puting akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut dari warna maupun ukurannya. Warna areola menjadi lebih gelap dan ukurannya menjadi lebih besar.

3. Sering Ingin Buang Air Kecil

Perubahan hormon memicu ginjal bekerja lebih keras sehingga produksi urin meningkat. Saat kandung kemih penuh, maka rasa ingin buang air kecil muncul. Selain itu, semakin besar kandungan, janin akan menekan organ kandung kemih sehingga membuat Anda lebih sering ingin buang air kecil.

4. Berat Badan Bertambah, Namun Belum Signifikan

Perubahan yang jelas terjadi saat hamil 3 bulan adalah bertambahnya berat badan. Bertambahnya berat janin tentu saja membuat berat badan ibu juga bertambah. Namun pertambahan berat badan di usia 3 bulan ini belum terlalu signifikan. Bahkan terkadang orang lain belum menyadari jika Anda sedang hamil.

5. Gusi Berdarah

Gusi berdarah ternyata juga menjadi salah satu ciri ciri kehamilan usia 3 bulan. Jadi jangan terlalu merasa khawatir jika gusi sedikit berdarah. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormon memicu peningkatan aliran darah serta plak di rongga mulut. 

6. Keputihan

Keputihan merupakan sesuatu yang wajar pada wanita hamil. Namun memasuki usia 3 bulan, keputihan yang terjadi volume-nya semakin bertambah. Fungsi dari keputihan tersebut adalah mencegah infeksi masuk ke dalam rahim.

7. Perubahan Kulit

Perubahan kulit akan mulai terjadi di awal masa kehamilan, termasuk ketika berusia 3 bulan. Jika Anda memiliki tipe kulit berjerawat, kemungkinan akan mengalami breakout cukup tinggi. Namun banyak juga wanita yang bersih dan mulus selama kehamilan.

8. Nyeri Punggung dan Perut

Ciri ciri hamil 3 bulan yang terakhir yaitu rasa nyeri di bagian punggung dan perut. Rasa sakit tersebut bisa terjadi karena perubahan kadar hormon. Selain itu, rahim yang tumbuh meregangkan tendon dan ligamen juga membuat perut dan punggung nyeri.

Itulah 8 tanda hamil 3 bulan yang mudah untuk dikenal. Selain mengenali usia kehamilan, jangan lupa untuk mempersiapkan kelahiran. Salah satu yang wajib Anda persiapkan adalah popok yang aman dan berkualitas. Pasalnya kulit bayi yang sensitif berisiko terkena masalah iritasi hingga ruam popok.

MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan popok generasi baru yang tipis, aman, serta nyaman. Bahan untuk struktur inti yang digunakan adalah SAP (Super Absorbent Polymer). Bahan tersebut dikenal efektif mengurangi ruam popok karena menyerap cairan dengan cepat dan merata.

Selain itu, desainnya dibuat sebaik mungkin untuk menghindari kontak terlalu lama dengan cairan. Dapatkan MAKUKU SAP Diapers Slim di toko kesayangan Anda. (M2M)

KEHAMILAN

hamil3bulan

ciricirihamil

ciricirihamil3bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment