10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

written by : MAKUKU - 5 Apr 2023

Viewed : 7113 times  Read duration : Page Views : 12138 times

Ciri-ciri hamil muda dapat bervariasi antara wanita, karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang unik. Salah satu tanda umum adalah mual dan muntah, serta sensitivitas terhadap bau-bauan tertentu. Perut kembung juga sering dirasakan, disebabkan oleh peningkatan hormon seperti estrogen dan progesteron yang terjadi selama kehamilan.

Selain itu, peningkatan berat badan yang signifikan dalam beberapa minggu pertama dan telat haid juga dapat menjadi tanda-tanda awal kehamilan. Penting untuk diingat bahwa pengalaman kehamilan dapat bervariasi, dan gejala ini mungkin tidak muncul pada setiap wanita dengan cara yang sama.

Tanda-Tanda Hamil Minggu Pertama Yang Umum Terjadi

1.  Terlambat menstruasi

Terlambat menstruasi bisa menjadi salah satu tanda hamil muda, namun bukan satu-satunya tanda yang bisa terjadi. Keterlambatan menstruasi bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti stres, perubahan pola makan atau olahraga, efek samping obat-obatan, atau masalah kesehatan tertentu. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah Anda benar-benar hamil atau tidak.

2. Morning Sickness

Morning sickness bisa menjadi salah satu tanda pasti hamil. Morning sickness biasanya terjadi pada awal kehamilan dan merupakan gejala yang umum dialami oleh banyak wanita hamil. Gejala ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita yang hamil. Namun, tidak semua wanita hamil mengalami morning sickness.

3. Mual

Mual bisa dikatakan mirip dengan morning sickness. Mual biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan dan terjadi akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Berbeda dengan morning sickness yang hanya terjadi di pagi hari, mual bisa terjadi kapan saja di sepanjang hari.

4. Sering Buang Air Kecil

Buang air kecil adalah tanda-tanda hamil yang tidak disadari. Perubahan hormon seperti hCG dapat memengaruhi ginjal sehingga meningkatkan aliran darah ke panggul dan menyebabkan sering buang air kecil. Ditambah lagi ketika rahim mulai membesar seiring dengan perkembangan janin, rahim juga akan menekan kandung kemih dan membuat ibu hamil sering buang air kecil.

5. Mudah Lelah

Wanita hamil bisa merasakan kelelahan yang lebih dari biasanya akibat perubahan hormon. Dimana hormon progesteron diproduksi dalam jumlah besar selama masa kehamilan bisa menyebabkan rasa lelah dan kantuk yang lebih sering. Selain itu, rasa lelah menjadi tanda kehamilan karena tubuh wanita hamil membutuhkan energi yang banyak untuk mendukung tumbuh kembang janin. Inilah yang membuat bumil sering merasa capek.

6. Payudara nyeri dan tampak membesar

Tanda tanda hamil juga bisa dilihat dari perubahan payudara. Pada wanita hamil, payudara akan terasa nyeri dan terjadi pembengkakan karena perubahan hormon yang signifikan. Adanya peningkatan aliran darah dan volume cairan dalam tubuh juga bisa membuat payudara tampak membesar. Tanda lainnya seperti pembuluh darah lebih terlihat, timbul vena kecil di permukaan payudara hingga areola yang besar dan lebih gelap.

7.  Muncul Bercak Darah

Kehamilan bisa ditandai dengan munculnya bercak darah. Bercak darah akibat kehamilan ini disebut dengan bercak implantasi yang terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Biasanya bercak darah ini terjadi sekitar 6-12 hari setelah ovulasi dan bisa juga terjadi pada waktu yang sama saat datang bulan atau menstruasi.

8. Perubahan Suasana Hati atau mood

Wanita hamil mengalami perubahan hormon yang memengaruhi suasana hati atau moodnya. Sehingga jangan heran kalau ibu hamil menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah tersinggung, cemas dan mudah menangis. Perubahan mood ini sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi ketika tubuh mulai beradaptasi dengan perubahan hormonal yang drastis.

9. Kram Perut

Kram perut di awal kehamilan memang sering terjadi. Hal ini normal dan sering dialami oleh wanita hamil. Kontraksi otot-otot rahim karena sel telur yang dibuahi dan menempel pada dinding rahim merupakan penyebab terjadinya kram perut. Jika kram perut terjadi terus menerus dan disertai gejala lain seperti pendarahan segera periksakan ke dokter.

 10.  Sembelit

Siapa sangka jika sembelit juga menjadi tanda tanda hamil yang tidak disadari. Biasanya tanda tanda hamil muda adalah terjadi masalah pencernaan. Perlu diketahui bahwa kehamilan bisa memperlambat pencernaan dan membuat tubuh sulit untuk memproses makanan dan membuang kotoran dalam tubuh. Sembelit sebagai tanda tanda hamil ini juga dikarenakan adanya peningkatan tekanan pada usus oleh rahim yang membesar selama kehamilan yang memperlambat pergerakan usus.

Tanda tanda hamil ini memang sering kali diabaikan karena gejalanya yang mirip dengan beberapa penyakit. Namun, jika Anda merasakan beberapa tanda tersebut jangan ragu untuk melakukan tes kehamilan.

Bagi ibu hamil yang sedang menunggu waktu persalinan, jangan lupa untuk menyiapkan popok terbaik untuk bayi baru lahir. Salah satunya adalah popok yang super tipis super neyrap dan anti gumpal seperti MAKUKU SAP Diapers Slim Care. (Aq/MKK)

 

tandatandahamil

tandatandahamilmuda

tandapastihamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment