5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

written by : MAKUKU - 22 Apr 2024

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 55 times

Sudah masuk usia 8 bulan moms tentu sudah mengenal kebiasaan si kecil saat makan. Supaya MPASI tetap berjalan dengan baik, moms perlu menyiapkan resep MPASI 8 bulan yang super praktis dan lezat. Rasa yang enak ini dapat membuat si kecil lahap dalam menyantap MPASI dan mencegah GTM (gerakan tutup mulut). Yuk bikin 5 resep menu MPASI 8 bulan ini dirumah.

Jadwal makan MPASI 8 Bulan

Sebelum membahas resep menu MPASI apa saja yang cocok untuk bayi 8 bulan, pastikan moms memiliki jadwal makan untuk si kecil. Memberikan makan MPASI untuk bayi 8 bulan secara konsisten adalah kunci dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil. Untuk itu, moms bisa membuat jadwal makan MPASI 8 bulan yang bisa diterapkan untuk sehari-hari. Jadwal makan untuk si kecil ini juga dapat melatih si kecil untuk mengenal rasa lapar dan kenyang dalam dirinya.

Berikut ini contoh jadwal makan MPASI 8 bulan yang bisa diikuti:

  • 06.00-07.00: ASI/susu formula
  • 08.00-09.00: Sarapan
  • 10.00-11.00: Makan selingan
  • 12.00: Makan siang
  • 13.00-14.00: ASI/susu formula
  • 16.00-17.00: Makan selingan
  • 18.00-19.00: Makan malam
  • 20.00-21.00: ASI/susu formula

Rekomendasi Menu MPASI 8 Bulan

Berikut adalah 5 rekomendasi menu MPASI untuk bayi usia 8 bulan yang mencakup berbagai jenis nutrisi yang penting:

1. Smoothie Buah dan Yogurt

Smoothie buah dan yogurt merupakan pilihan yang bagus untuk memperkenalkan rasa baru kepada bayi moms serta memberikan nutrisi yang seimbang. Campurkan buah-buahan seperti pisang, mangga, atau stroberi dengan yogurt plain tanpa pemanis tambahan. Yogurt mengandung protein dan kalsium, sementara buah-buahan memberikan vitamin dan serat. Pastikan untuk memilih buah yang sudah matang dan lunak untuk memudahkan pencernaan bayi.

2. Finger Food Bayam Panggang

Finger food bayam panggang adalah camilan sehat yang kaya akan zat besi dan vitamin D. Panggang daun bayam yang dicuci dan dikeringkan di dalam oven hingga renyah. Potong menjadi ukuran yang sesuai untuk bayi agar mudah dipegang dan dijamah. Bayam mengandung zat besi yang penting untuk mencegah anemia, sementara paparan sinar matahari saat proses panggang memberikan sumber vitamin D alami.

3. Bubur Tim Labu Kuning

Bubur tim labu kuning merupakan sumber karbohidrat yang baik dan kaya akan vitamin A. Rebus labu kuning yang sudah dipotong menjadi potongan kecil hingga lunak, lalu haluskan dengan blender atau food processor. Campurkan dengan sedikit susu ASI atau formula untuk memberikan tekstur yang lembut dan mudah dikonsumsi oleh bayi.

4. Salmon Panggang dengan Sisi Brokoli

Salmon panggang adalah sumber protein dan lemak sehat omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi. Panggang salmon dengan sedikit minyak zaitun dan tambahkan rempah-rempah sebagai bumbu. Sajikan dengan sisi brokoli yang direbus atau dipanggang untuk memberikan tambahan vitamin dan serat.

5. Puree Pisang dengan Tepung Sereal Berzat Besi

Puree pisang dengan tambahan tepung sereal berzat besi merupakan cara mudah untuk memberikan zat besi yang penting bagi si kecil. Haluskan pisang matang dengan sedikit susu ASI atau formula, lalu tambahkan tepung sereal berzat besi yang telah dicampur dengan air atau susu. Puree ini memberikan karbohidrat, serat, serta zat besi yang diperlukan untuk energi dan pertumbuhan bayi.

Pastikan untuk memperhatikan konsistensi dan ukuran potongan makanan yang sesuai dengan kemampuan si kecil. Selalu perhatikan reaksi bayi terhadap makanan baru dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika moms memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pola makan bayi. Selamat mencoba menu MPASI 8 bulan ini ya moms! (Aq/MKK)

menumpasi8bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 08:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 11:32:57
0 Comment