Pekan ASI Sedunia 2022, Langkah Menyusui: Mendidik dan Mendukung

Pekan ASI Sedunia 2022, Langkah Menyusui: Mendidik dan Mendukung

written by : Makuku Family - 1 Agt 2022

Viewed : 18 times  Read duration : Page Views : 91 times

Pekan ASI Sedunia diperingati setiap tahun dari tanggal 1-7 Agustus. Pekan ASI Sedunia ini bertujuan untuk mendorong pemberian ASI dan meningkat kesehatan bayi di seluruh dunia. Tema Pekan ASI Sedunia tahun ini adalah Langkah Menyusui: Mendidik dan Mendukung.

Dalam kesempatan ini, mengutip dari The Print, dr Neharika Malhotra sebagai Konsultan Ginekologi menjelaskan pentingnya menyusui bagi ibu. Menurutnya, menyusui bukan hanya kegiatan yang dapat berdampak baik pada bayi tetapi juga bermanfaat bagi ibu sendiri. Salah satunya manfaat menyusui bagi ibu adalah mengurangi depresi pasca melahirkan.

“Menyusui adalah salah satu cara terbaik bagi seorang ibu untuk pulih dari depresi pasca persalinan,” ujarnya.

Bahkan beberapa penelitian menemukan fakta bahwa menyusui dapat mengurangi risiko diabetes tipe II, rheumatoid arthritis, penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi dan kolesterol pada ibu. Tidak hanya itu, kegiatan menyusui yang dilakukan secara rutin dan teratur mengurangi risiko ibu terkena kanker payudara dan kanker ovarium.

Sementara menurut WHO, menyusui dapat mencegah 20 ribu kematian ibu setiap tahun karena kanker payudara. Oleh karena itu, Pekan ASI Sedunia dijadikan sebagai momentum untuk mengedukasi pentingnya kebijakan yang lebih ramah keluarga untuk melindungi dan mendukung menyusui. Agar lebih banyak calon ibu yang menjalani konseling sehingga praktik menyusui harus ditanamkan sejak awal.

Menyusui sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Selain itu, menyusui adalah pengalaman yang luar biasa bagi seorang ibu. Menurut laporan WHO, 2 dari 3 anak tidak disusui. Karena itu, ibu dianjurkan untuk menyusui anaknya memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan setelah melahirkan.

“WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Saat Pekan ASI Sedunia diperingati sangat penting untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan dukungan untuk menyusui. Ini bukan stigma sosial tetapi persyaratan yang membentuk kesejahteraan fisik dan mental anak.,” tutupnya. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

ibumenyusui

AYAHASI

LAKTASI

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
MAKUKU Memulai Era SAP Hadir dengan Inovasi Terbaru

Banyak merk popok yang dijual di pasaran, namun pilihan terbaik adalah popok yang peduli dengan kebutuhan orang tua terutama si kecil. MAKUKU Air Diapers yang selalu berinovasi mengikuti kebutuhan si kecil berdasarkan riset dan pengembangan bertaraf internasional, kembali akan meluncurkan produk inovatif.

Makuku Family
2022-02-25 18:41:25
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Takut Ruam Popok? Pakai Popok Anti Gumpal Yuk!

Ruam popok masih menjadi masalah kulit yang meresahkan bagi orang tua. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) prevalensi iritasi kulit (ruam popok) pada bayi cukup tinggi 25% bayi yang lahir di dunia kebanyakan menderita iritasi kulit (ruam popok) akibat penggunaan popok. Sedangkan angka terbanyak ditemukan pada bayi usia 6-12 bulan. Melihat begitu rentannya si kecil terhadap risiko ruam popok, orang tua harus ekstra dalam menjaga kesehatan kulit si kecil. Bagi orang tua yang takut dengan ruam popok dapat menggunakan popok anti gumpal sebagai langkah preventif.

Makuku Family
2022-09-27 11:05:21
7 comments
Gaya Hidup
Cerdas Memilih Alat Kontrasepsi, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Alat kontrasepsi merupakan metode atau alat yang digunakan untuk mencegah dan menunda kehamilan. Biasanya pasangan suami istri menggunakan alat kontrasepsi untuk pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan. Misalnya kondisi tubuh wanita tidak memungkinkan untuk hamil atau belum ingin menambah momongan. Alat kontrasepsi ini sangat banyak jenisnya, mom dan dad bisa memilih alat kontrasepsi mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhan dan kondisi tubuh. Yuk, kenali apa saja jenis alat kontrasepsi dan ketahui kelebihan atau kekurangannya.

Makuku Family
2022-09-26 17:56:23
7 comments