Makuku X V Radio Berbagi Tips Memilih Popok Nyaman Untuk Cegah Ruam

Makuku X V Radio Berbagi Tips Memilih Popok Nyaman Untuk Cegah Ruam

written by : MAKUKU - 7 Des 2021

Viewed : 8 times  Read duration : Page Views : 16 times

Makuku Family sebagai konsultan ibu dan anak terus mengedukasi orang tua Indonesia tentang parenting. Kali ini, Makuku bekerjasama dengan V Radio lewat talkshow edukatif bertema "Yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Popok Terbaik" Senin, 6 Desember 2021.

Memilih popok yang tepat untuk anak bukanlah perkara yang mudah. Sebagai orang tua, Mommy tentunya menginginkan yang terbaik untuk anaknya, bukan? Termasuk dalam pemilihan popok, ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan Mommy sebelum menentukan satu yang terbaik.

Seperti Moms ketahui, popok merupakan salah satu pakaian pertama yang dikenakan bayi sejak kelahirannya. Popok juga tak lepas dari proses tumbuh kembang anak karena selalu dikenakan setiap hari. Salah satu masalah yang umum dihadapi oleh Moms akibat penggunaan popok adalah ruam popok.

Bagi Moms yang belum paham, ruam popok atau biasa disebut diaper rash merupakan iritasi dan peradangan kulit bayi di area penggunaan popok. Faktor penyebab munculnya gejala ini adalah akibat penggunaan popok yang kurang tepat seperti ukuran yang terlalu sempit atau kemampuan menyerap rendah.

"Ruam popok sudah menjadi masalah sehari-hari yang dihadapi pasien saya. Ruam popok jika dibiarkan bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan anak," ujar Konsultan Dokter Spesialis Anak Makuku dr. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A dalam acara Jalan Sore V Radio bersama Makuku di Jakarta, Senin 6 Desember 2021

dr. Andreas menuturkan, ada empat hal yang harus diperhatikan Mommy sebelum memilih popok yang tepat untuk sang buah hati. - Pertama, ukurannya harus pas, sesuai dengan berat badan bukan dari usia. Menurut dr. Andreas, perkembangan anak berbeda-beda sehingga usia bukanlah acuan bagi parents dalam memilih popok tertentu.

Poin kedua, popok harus memiliki daya serap tinggi saat menampung cairan si Kecil. Kemampuan menyerap popok dibutuhkan untuk menjaga kulit bayi tetap kering sekaligus mencegah infeksi. Kulit bayi harus kering tidak boleh basah akibat penggunaan popok.

"Prinsipnya bagaimana menjaga si anak kulitnya sensitif dimana nantinya kulitnya tidak bermasalah. Pastikan popok sesuai dengan berat badannya bukan dari usianya. Jangan sampai beli popok hanya karena tergiur harga lebih murah jadi pilih size yang tidak sesuai," jelas dr. Andreas.

Poin ketiga, lanjut dr. Andreas, popok juga harus ergonomis yang mendukung aktivitas anak bergerak. Ergonomis pada popok dapat dilihat dari tekstur popok yang tipis, nyaman dan terdapat jarak antara popok dengan kulit sehingga mencegah gesekan.

Jika popok tidak ergonomis, Anak akan rewel dan merasa tak nyaman. Dalam jangka panjang akan menghambat tumbuh kembang anak. Poin terakhir yang tak kalah penting menurut dr. Andreas, waktu penggantian popok harus diperhatikan oleh parents.

"Mengganti popok 3-4 jam sekali. Meskipun masih kosong harus tetap diganti. Bisa ditambahkan cream untuk mencegah infeksi-infeksi akibat penggunaan popok," ujar dr. Andreas.

Ruam popok tidak boleh dianggap sepele oleh orang tua. Dalam jangka panjang, ruam popok dapat mengganggu tumbuh kembang anak secara umum. Jika tidak segera mengganti popok, ruam kemerahan menjadi infeksi jamur yang menyebabkan anak semakin gatal.

"Anak akan suka menggaruk-garuk, otomatis kuku panjang, kulit berdarah. Efek paling buruk adalah seperti kemunculan abses seperti bisul," tambah dr. Andreas

Popok Generasi Terbaru Makuku Air Diapers

Brand Representative Makuku Chairunnisa mengatakan, pemilihan popok yang tepat diperlukan untuk mencegah terjadinya ruam popok. Untuk itulah, Makuku Air Diapers hadir untuk menjawab keluhan Mommy akan popok yang nyaman. Popok Makuku diciptakan untuk semua anak termasuk yang memiliki kulit sensitif.

Chairunnisa mengatakan Makuku Air Diapers  merupakan popok generasi terbaru dengan material  SAP (Super Absorbent Polymer) sehingga tidak memunculkan osmosis balik, mampu menyerap secara merata sehingga tidak menggumpal di satu sisi saja.

"Sudah teruji dimana popok Makuku memiliki kadar fluorescent atau bahan kimia pemutih 0% sehingga aman digunakan anak termasuk yang memiliki kulit sensitif. Tetapi dengan catatan pemakaian harus diganti selama 3-4 jam sekali secara rutin," ujar Chairunnisa dalam kesempatan yang sama.

Chairunnisa menambahkan, Makuku Air Diapers membawa tiga keunggulan untuk menghadirkan popok nyaman untuk buah hati tercinta. Ketiga poin plus tersebut antara lain :

ANTI GUMPAL

MAKUKU Air Diapers New Generations Structure merupakan popok anti-gumpal. Popok ini adalah popok Air Diapers dengan struktur berbeda untuk kenyamanan bayi dan anak-anak. Struktur  SAP yang stabil membuat popok Makuku tidak mudah menggumpal dan jatuh, serta membuat bayi tidak merasa berat saat bergerak.

SUPER TIPIS

MAKUKU Air Diapers New Generations Structure sangat tipis. Bahan inti SAP memiliki partikel yang padat sehingga popok terasa sangat tipis hanya sekitar 1,6mm. Struktur yang pas, sangat mirip dengan pakaian dalam bayi sehingga dapat membuat kaki bayi lebih nyaman.

EKSTRA KERING

Inti SAP pada Makuku Air Diapers dapat mengikat air  ketika berubah bentuk dengan paksa, mengunci semua kelembaban tanpa terjadi osmosis balik sehingga air tidak bocor ke permukaan. Popok ini juga memiliki kapasitas penyerapan maksimal 600 ml dan 3x lebih cepat menyerap dari popok biasa.

"Harus jeli sebagai orang tua apakah popok yg kita pilih ini cocok untuk anak. Pertama pastikan sizenya tepat, Makuku AIr Diapers punya size S-XL untuk celana dan perekat. Untuk bahan, pastikan yang nyaman seperti Makuku Air Diapers yang dibuat dari bahan SAP," tutup Wanita yang kerap disapa Icha.

Yuk Moms, Jangan sampai kesalahan pemilihan popok justru menyebabkan masalah kesehatan untuk si Kecil. Pilih popok terbaik untuk si Kecil yang anti gumpal, ekstra kering dan super tipis.

Dapatkan Makuku Air Diapers di store Makuku Family terdekat di kotamu atau bisa juga mengunjungi Official Store Makuku Family di Shopee, Lazada, Tokopedia, Orami, Jd.id dan lainnya. (RR/MKK)

MAKUKUIndonesia

READ ANOTHER POPULAR NEWS

Lihat semua >
SEMUA
MAKUKU Akan Bangun Pabrik di Indonesia Tahun 2023

MAKUKU akan membangun pabrik di Indonesia pada tahun 2023. Selain memiliki pasar yang besar, pengadaan pabrik juga mendukung MAKUKU menjadi brand andalan

MAKUKU
2022-06-21 09:56:14
7 comments
SEMUA
Berhasil Perkenalkan SAP Core Structure Technology, 37,5% Ibu Memilih Gunakan MAKUKU SAP Diapers

MAKUKU berhasil memperkenalkan teknologi SAP dan sekitar 37,5% ibu memilih menggunakan MAKUKU SAP Diapers melalui survey yang dilakukan selama 6 bulan.

MAKUKU
2023-06-20 11:22:04
7 comments

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
SEMUA
MAKUKU Bantu Ribuan Ibu dan Balita Indonesia Hadapi Ruam Popok Lewat Teknologi SAP dan Inovasi Produk Sepanjang Tahun 2023

MAKUKU telah mengedukasi ribuan ibu di Indonesia mengenai ruam popok sepanjang tahun 2023 dan pelopor teknologi inti struktur SAP.

MAKUKU
2023-12-31 18:36:25
7 comments
SEMUA
Sebarkan Manfaat Teknologi SAP, MAKUKU Luncurkan Kemasan Renceng Buktikan Komitmen Kurangi Risiko Ruam Popok Pada Anak Indonesia

MAKUKU SAP Single Pack kini tersedia di warung dan toko terdekat, semua Ibu dapat merasakan manfaat teknologi SAP untuk kurangi risiko ruam popok

MAKUKU
2023-08-15 10:19:58
7 comments