Ketahui 5 Obat Ruam Popok pada Bayi yang Aman dan Ampuh

Ketahui 5 Obat Ruam Popok pada Bayi yang Aman dan Ampuh

written by : MAKUKU - 20 Sep 2023

Viewed : 37 times  Read duration : Page Views : 312 times

Ruam popok merupakan iritasi dan peradangan kulit bayi akibat penggunaan popok. ruam popok muncul ditandai dengan kemerahan pada kulit bayi di area bokong, lipatan paha dan alat kelamin. Ruam popok menjadi salah satu penyakit kulit bayi yang sering terjadi pada kondisi tertentu. Namun, ruam popok bisa disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Yuk, ketahui lima obat ruam popok pada bayi yang aman dan ampuh.

Ruam popok bisa membuat bayi menjadi sering rewel karena menimbulkan rasa yang perih seperti ditusuk-tusuk jarum. Ada banyak cara mengobati ruam popok yakni salah satunya dengan mengoleskan obat berupa salep. Ada beberapa macam obat salep yang ampuh meredakan dan mengatasi ruam popok pada bayi.

Obat Salep Untuk Mengobati Ruam Popok

banyak faktor yang dapat menyebabkan ruam popok. salah satunya adalah frekuensi mengganti popok bayi yang jarang diganti. Bahkan ruam popok juga terjadi karena kondisi kulit yang sensitif dan mengalami gesekan antara popok dan kulit.

Selama bayi mengalami ruam popok, pada orang tua wajib untuk menjaga area kulit bayi tetap kering dan bersih. Lalu, moms and dads bisa memberikan salep atau krim yang dapat membantu mengobati ruam popok. Berikut ini beberapa obat ruam popok untuk bayi:

1. Petroleum jelly

Salep ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Petroleum jelly bisa memberikan perlindungan pada skin barrier, menenangkan luka, mencegah risiko lainnya dan meredakan kemerahan pada kulit. Caranya, cukup oleskan petroleum jelly setelah membersihkan kulit bayi.

Selain itu, oleskan setelah menggunakan krim atau salep dari dokter guna menambah kelembaban kulit. Sebenarnya manfaat petroleum jelly ini bukan hanya untuk ruam popok saja tetapi juga untuk meredakan dermatitis.

2. Krim anti jamur

Pertumbuhan jamur yang berlebihan pada kulit juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti ruam popok, iritasi dan alergi kulit. Jika ruam popok yang diakibatkan oleh infeksi jamur maka pengobatan yang tepat adalah menggunakan krim anti jamur.

Biasanya, salep ruam nati jamur ini dapat membantu mengurangi rasa gatal hingga menghilangkan ruam pada kulit. Untuk penggunaan krim anti jamur ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu oleh dokter untuk memastikan apakah penyebab ruam adalah infeksi jamur atau bukan.

3. Salep antibiotik

Selain infeksi jamur, infeksi bakteri pun juga dapat menyebabkan ruam popok bayi. Kondisi ruam popok akibat infeksi bakteri biasanya menimbulkan gejala diantaranya munculnya benjolan di kulit, gatal dan juga lecet.

Untuk kondisi ini, moms dan dads dihimbau untuk berhati-hati, karena ruam popok akibat infeksi bakteri ini dapat menular. Jadi, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat ruam berupa antibiotik. Jangan lupa perhatikan batas waktu pemakaian salep antibiotic ini untuk bayi.

4. Salep hidrokortison

Jenis salep ini merupakan steroid topikal yang berfungsi untuk mengobati kulit yang mengalami peradangan ringan. Salep hidrokortison bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan, kemerahan kulit serta rasa gatal.

Penggunaan salep hidrokortison ini harus sesuai dengan resep dan petunjuk dokter ya. Cara menggunakannya, oles tipis pada kulit yang ruam lalu pijat dengan lembut kulit si kecil. Jika setelah menggunakan salep ini dalam beberapa waktu namun ruam tidak kunjung hilang sebaiknya konsultasikan kembali pada dokter.

5. Salep dengan kandungan zinc oxide

Obat salep dengan kandungan zinc oxide bisa berfungsi untuk menenangkan dan melindungi kulit. Caranya, sebelum mengoleskan salep sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kulit si kecil dan keringkan. Lalu, oleskan tipis setiap mengganti popok.

Obat ruam popok alami yang mudah dibuat

Selain obat-obatan, ada pula obat alami yang bisa dicoba untuk mengobati ruam popok. Obat alami ini cukup untuk membuat si kecil nyaman dan mempercepat proses penyembuhan ruam popok. Berikut ini obat ruam popok alami yang dapat dibuat sendiri dirumah:

1. Cuka

Perlu diketahui bahwa cairan urin yang mengendap pada popok bersifat alkali dan bisa membuat kulit si kecil iritasi layaknya asam. Untuk menyeimbangkan pH kulit maka moms dan dad bisa menggunakan cuka. Untuk mencegah ruam popok, gunakan 1 sendok teh cuka putih ke dalam satu cangkir air. Lalu, gunakan cairan ini untuk menyeka bokong si kecil saat mengganti popok.

2. Baking Soda

Baking soda bisa digunakan untuk mengobati ruam popok secara alami. Karena baking soda mengandung agen penyembuh yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati ruam popok. caranya, campurkan 2 sdm baking soda ke dalam 4 cangkir air untuk membersihkan bokong si kecil. Atau tambahkan 2 sdm baking soda ke bak mandi yang berisi air hangat dan digunakan untuk mandi selama 10 menit setiap 3 kali sehari.

3. Tepung Jagung

Kelembaban yang berlebihan pada area kulit yang tertutup oleh popok dengan tepung jagung. Sehingga kulit si kecil tetap kering, tidak mudah iritasi dan mencegah ruam popok. caranya, bersihkan bokong si kecil dengan air hangat, keringkan lalu taburkan sedikit tepung jagung sebelum menggunakan popok.

4. Minyak kelapa

Kandungan antijamur dan anti kuman pada minyak kelapa bisa dipakai sebagai obat alami ruam popok. Bahkan kegunaan minyak kelapa dapat membuat kulit si kecil lebih lembut dan lembab. Cukup oleskan minyak kelapa ke area kulit yang tertutupi popok dalam beberapa kali sehari.

5. ASI

Air Susu Ibu (ASI) mengandung banyak manfaat baik termasuk menangkal infeksi dan menghaluskan kulit bayi. Berikan ASI sesering mungkin untuk meningkatkan imunitas tubuh atau kekebalan daya tahan tubuh.

Kesimpulan

Ruam popok yang tidak segera diobati dapat berubah menjadi infeksi. Obat ruam popok pada bayi sendiri bisa dilakukan dengan salep atau krim anti ruam hingga cara alami dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.(Aq/MKK)

obatruampopokpadabayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
10 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil Muda

Ketahui daftar makanan yang wajib dihindari ibu hamil muda untuk dukung perkembangan optimal janin dan kesehatan ibu.

MAKUKU
2024-05-10 14:55:00
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Si Kecil Terlambat Jalan? Jangan Panik, Ini Penjelasannya!

Pahami penyebab anak terlambat jalan dan tips stimulasi yang tepat untuk dukung perkembangan motoriknya.

MAKUKU
2024-05-08 15:26:33
0 Comment