Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Berdasarkan Panduan Dokter

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Berdasarkan Panduan Dokter

written by : MAKUKU - 16 Des 2022

Viewed : 20 times  Read duration : Page Views : 128 times

Semua orang tua akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya termasuk dalam menjaga kesehatan kulitnya. Terutama pada bayi yang kondisi kulitnya berbeda dengan orang dewasa. Dimana kondisi kulit bayi masih lembut, sensitif dan tipis. Inilah yang membuat kulit bayi sangat rentan mengalami masalah kulit seperti ruam atau iritasi. Tapi, mom dan dad tidak perlu khawatir, MAKUKU memiliki tips bagaimana menjaga kesehatan kulit bayi yang aman berdasarkan panduan dokter.

Saat kesehatan kulit bayi terganggu, respon yang diberikan biasanya berupa tangisan atau rewel karena tidak nyaman. Merawat kulit bayi harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Bila asal, maka dapat memicu masalah kulit. Berikut ini cara mudah menjaga kesehatan kulit bayi berdasarkan panduan dokter yang dilansir dari berbagai sumber:

Penuhi kebutuhan nutrisinya

Merawat kulit si kecil tidak hanya dari permukaan luarnya saja tetapi juga harus dilakukan dari dalam. Caranya, para orang tua harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Misalnya memberikan asupan yang bernutrisi dari susu atau makanannya seperti sayur dan buah-buahan.

Menjaga kebersihan

Sebenarnya mom dan dad tidak perlu terlalu sering memandikan bayi. cukup memandikan si kecil setiap hari minimal dua kali sehari atau tiga kali dalam seminggu selama 10-15 menit saja. Jangkau semua bagian tubuh yang sulit dibersihkan seperti bagian leher dan ketiak.

Kurangi menggunakan air hangat saat mandi

Tidak sedikit orang tua yang memilih menggunakan air hangat saat memandikan si kecil. Karena air hangat dianggap lebih cocok untuk si kecil agar tidak kedinginan saat mandi. Padahal nyatanya, penggunaan air hangat saat mandi sebaiknya dikurangi. Karena terlalu sering menggunakan air hangat dalam membersihkan kulit si kecil dapat membuat kulit kehilangan minyak alami sehingga kulit menjadi kering.

Bayi terhidrasi dengan cukup

Kesehatan kulit si kecil dapat terganggu jika kulitnya kering. Kulit kering ini bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah kekurangan cairan. untuk itu, kesehatan kulit bayi dapat terjaga dengan baik dengan memberikan asupan ASI atau susu formula sesuai dengan kebutuhan.

Rutin mengganti popok bayi

Bayi yang menggunakan popok yang berisikan cairan atau kotoran terlalu lama dapat menimbulkan iritasi hingga ruam popok. Mom dan dad sangat dianjurkan untuk mengganti popok selama 4-5 jam sekali meski popoknya belum terlalu penuh. Untuk melindungi kulit bayi dari ruam popok, pilihlah popok yang memiliki daya serap tinggi sehingga permukaan popok tidak basah dan membuat kulit bayi tetap lembab.

MAKUKU SAP Diapers Slim dengan Teknologi Baru Sangat Efektif dalam Mengurangi Ruam Popok

Si kecil berhak mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Begitu juga dengan popok yang digunakan sehari-hari. Popok merupakan pakaian penting yang dapat memengaruhi kesehatan kulitnya. Sehingga para orang tua wajib memerhatikan komponen apa saja yang terdapat pada popok si kecil.

MAKUKU SAP Diapers Slim dirancang menggunakan teknologi baru struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang mampu mengunci cairan dengan baik. Inti struktur SAP ini berupa bubuk yang akan berubah menjadi butiran gel saat menyerap cairan. Sehingga cairan tidak akan rembes kembali ke permukaan popok dan menjaga kelembaban kulit si kecil. Si kecil bebas bergerak dan mengeksplorasi sekitar tanpa harus terbebani dengan popok yang berat. Karena popok MAKUKU juga penyerapannya merata, jadi anti gumpal.

Kebayang kan mom, bagaimana tidak nyamannya menggunakan pembalut yang penuh saat menstruasi? Nah, si kecil juga akan merasa tidak nyaman saat popoknya penuh apalagi jika permukaan popoknya basah. Hal ini juga dapat menyebabkan kebocoran pada popok bayi serta berkembangnya bakteri pemicu ruam popok.

Selain itu, popok MAKUKU dilengkapi dengan permukaan 3D berbentuk heksagonal yang dapat mengurangi kontak antara permukaan popok dan kulit si kecil. Rongga udara dua arah pada popok MAKUKU juga telah terbukti membuat sirkulasi udara pada popok sangat baik. Dengan sirkulasi udara yang baik, si kecil tidak akan kegerahan dan merasa pengap saat memakai popok. Rasa gerah saat pakai popok bisa membuat si kecil berkeringat. Pada akhirnya, keringat yang bercampur dengan kotoran pada popok pun bisa berujung menjadi ruam popok.

Mom dan dad juga akan merasa tenang saat menggunakan popok MAKUKU. Karena MAKUKU SAP Diapers Slim terdapat indikator urin sebagai pengingat dan tanda jika popok si kecil penuh. Jadi, mom dan dad bisa langsung ganti deh popoknya tanpa harus repot-repot mengintip popok si kecil. MAKUKU sebagai #RuamPopokExpert hadir sebagai popok ideal bagi bayi dan memahami kebutuhan orang tua juga. Jadi, jangan ragu untuk pakai MAKUKU. Takut Ruam Popok, Pakai MAKUKU. (Aq/MKK)

kulitbayi

ruampopok

popokbayi

POPOKMAKUKU

KESEHATANKULITBAYI

RuamPopokExpert

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment