Buat Waktu Berkreasi dengan Anak Jadi Menyenangkan: Ini Tips Bonding dengan si Kecil!

Buat Waktu Berkreasi dengan Anak Jadi Menyenangkan: Ini Tips Bonding dengan si Kecil!

written by : MAKUKU - 31 Jul 2023

Viewed : 11 times  Read duration : Page Views : 294 times

Melakukan kegiatan bersama si Kecil untuk membangun ikatan antara orang tua dan anak merupakan hal penting yang dapat membantu tumbuh kembang si Kecil. Momen bonding yang berharga sebaiknya diisi dengan melakukan kegiatan yang tak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat dan penuh makna. 

Ada banyak manfaat bonding time untuk si Kecil dan juga orang tua. Untuk si Kecil, bonding time membantunya membangun hubungan yang baik dengan orang tua, meningkatkan berbagai keterampilannya, hingga meningkatkan perkembangan emosional anak. Sedangkan untuk orang tua, beberapa manfaat bonding time adalah Bunda jadi lebih dekat dan memahami si Kecil, serta membantu perkembangan emosional anak. Menurut Psikolog Pendidikan, Melisa Yunisafina,M.Psi, interaksi antara orang tua dan anak berpengaruh terhadap perkembangan psikologis dan emosional anak. “Jadi ketika orang tua memahami perkembangan emosi anak, orang tua dapat memberikan respon atau reaksi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anak.”, tutur Melisa.

Untuk menciptakan bonding yang kuat dengan si Kecil serta membuat bonding time jadi lebih efektif, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan.

Melakukan Bonding Time Sejak Dini

Semakin dini Bunda melakukan bonding dengan si Kecil, semakin baik. Bahkan sejak di dalam kandungan pun si Kecil sudah bisa diajak bonding time dengan cara mengajaknya ngobrol, menyentuh perut, menyanyikan lagu sampai membacakan cerita.

Meluangkan Waktu dan Tenaga untuk Melakukan Kegiatan Bersama

Kesibukan sehari-hari Bunda dan Ayah yang banyak mungkin menyisakan waktu sedikit untuk beraktivitas dengan si Kecil. Meskipun begitu, sangat penting untuk menyisihkan waktu dan tenaga setiap hari bermain dengan anak. Sebisa mungkin jangan biarkan perangkat elektronik seperti gadget mengganggu bonding time yang berharga ini. Dengan begitu, Bunda dan Ayah dapat benar-benar melakukan bonding time berkualitas bersama si Kecil. 

Berkomunikasi dengan Baik dan Responsif Terhadap Kebutuhan Anak

Saat melakukan kegiatan untuk bonding, penting bagi Bunda dan Ayah berkomunikasi baik dengan si Kecil. Misalnya anak tidak menyukai kegiatan tertentu, orang tua perlu menghargai dan menghormati keinginan mereka. Dengan begitu, anak mengasosiasikan kegiatan bonding dengan pengalaman yang menyenangkan. Selain itu, jika si Kecil mengekspresikan emosinya saat bonding time, maka orang tua perlu menanggapi dengan tepat. Fokuslah pada apa yang disampaikan anak dan bantu mereka mengekspresikan emosinya dengan lebih baik.

Ada banyak aktivitas yang bisa Bunda lakukan bersama si Kecil sebagai bentuk bonding. Apalagi, kegiatan mengisi waktu dengan berkreasi bersama anak tak harus ribet dan mahal. Beberapa permainan berikut ini bisa jadi ide waktu berkreasi bersama anak yang memperkuat bonding antara Bunda dan si Kecil. 

1. Bernyanyi dan Menari

Ajak si Kecil bernyanyi lagu kesukaannya atau perkenalkan lagu anak-anak yang menarik kepada si Kecil. Sambil bernyanyi, Bunda ajak juga si Kecil menari sehingga ia aktif bergerak dengan cara yang menyenangkan.

2. Permainan Sensori

Permainan ini tak hanya bisa jadi ide bonding time yang seru, tapi juga dapat mengasah kemampuan pancaindra, kemampuan motorik, hingga kemampuan kognitif si Kecil. Beberapa permainan sensori yang bisa Bunda coba untuk si Kecil di rumah antara lain: bermain dengan pasir berwarna dari tepung, bermain dengan sensory book, hingga

3. Menangkap Balon Warna Warni

Bunda bisa meniup beberapa balon warna-warni lalu mengajak si Kecil meraih dan melempar balon dengan tangannya. 

4. Melukis dan Menggambar

Biarkan si Kecil mencelupkan jari-jari mereka ke dalam cat air atau gunakan kuas untuk membuat berbagai gambar sesuka hatinya di atas kertas putih. Bunda juga bisa ikut serta membuat gambar dan lukisan bersama si Kecil.

5. Bermain dengan Air

Main air adalah aktivitas sederhana yang disukai banyak anak-anak. Misalnya saja bermain baskom air yang sudah diisi pewarna, bermain di bak mandi yang sudah diisi air, hingga mengajak si Kecil mencuci mainan-mainannya.

Selain beberapa kegiatan seru di atas, Bunda juga bisa bonding bersama si Kecil sambil menghadiri event Playdate Bersama MAKUKU yang digelar di Bandung, pada tanggal 24 july 2023. Di event ini, Bunda dan si Kecil bisa mengikuti berbagai kegiatan seru seperti Fit n Fun, Zumba Time, sampai mengikuti seminar seputar Dampak Ruam Popok, Bisa Hambat Tumbuh Kembang Anak 

Saat meluangkan waktu berkreasi dengan anak penting bagi orang tua memastikan agar kebutuhan dasar anak terpenuhi secara fisik maupun psikologis. Hal ini untuk menghindari munculnya tantrum ketika Bunda melakukan bonding dengan si Kecil. Menurut Melisa Yunisafina,M.Psi, Psikolog “Orang tua perlu lebih peka akan kebutuhan anak-anak sehingga dapat mengantisipasi munculnya tantrum.” Melisa menambahkan, salah satunya cara mengantisipasinya adalah dengan memilih popok bayi yang nyaman buat si kecil, yang tetap kering dan tidak menimbulkan ruam popok pada kulit anak.

Ruam popok memang membuat si Kecil tak nyaman, selain bisa memicu tantrum dan mengganggu aktivitas si Kecil saat sedang bonding bersama Bunda, ruam popok juga bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Seperti yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak, dr. Welli Hamik Sp.A, pemilihan popok bayi yang tepat sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan si Kecil. “Dengan memilih popok bayi yang tepat dan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi, orang tua dapat membantu memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal dan bebas dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan popok bayi.” 

Agar si Kecil bebas dari ruam popok saat bonding bersama orang tua, pilihlah popok bayi yang tipis, daya tampungnya besar, anti gumpal, dan mengunci cairan dengan baik seperti popokMAKUKU SAP Diapers Comfort Fit. Super tipis dengan daya tampung besar hingga 400ml, popok celana MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit nyaman digunakan saat si Kecil beraktivitas. Selain itu, tak perlu khawatir si Kecil mengalami ruam popok karena MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit menggunakan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) dengan fitur anti gumpal yang super tipis super nyerap serta mengunci cairan serta mencegah kebocoran. Takut ruam popok, Pakai MAKUKU, Super Tipis Super Nyerap!

Bunda yang ingin mencoba MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit bisa menemukan berbagai pilihan produk MAKUKU di supermarket atau toko perlengkapan bayi terdekat dan berbagai toko online kesayangan Bunda. Cek daftar tokonya dengan mengakses link ini. Bunda juga bisa menemukan berbagai info dan tips tumbuh kembang si Kecil dengan mengunjungi website makuku.co.id ya! 

Yuk, nikmati waktu berkreasi sambil bonding yang seru bersama si Kecil. Ciptakan momen berharga penuh kebahagiaan dan kenangan untuk si Kecil tercinta tanpa perlu khawatir ruam popok. Selamat berkreasi dan bersenang-senang bersama si Kecil ya, Bunda! (ADV)

BONDINGTIME

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
10 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil Muda

Ketahui daftar makanan yang wajib dihindari ibu hamil muda untuk dukung perkembangan optimal janin dan kesehatan ibu.

MAKUKU
2024-05-10 14:55:00
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Si Kecil Terlambat Jalan? Jangan Panik, Ini Penjelasannya!

Pahami penyebab anak terlambat jalan dan tips stimulasi yang tepat untuk dukung perkembangan motoriknya.

MAKUKU
2024-05-08 15:26:33
0 Comment