6 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Janin

Ketahui 6 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Janin

written by : MAKUKU - 31 Jul 2023

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 295 times

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan perkembangan janin dengan baik, ibu hamil perlu memastikan kebutuhan nutrisi mereka tercukupi dengan baik. Asam folat untuk ibu hamil harus dipenuhi dengan baik dan sangat penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan karena membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi.

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang berguna untuk menjaga kesehatan janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat menyebabkan gejala seperti tubuh terasa lemas, diare dan lidah perih

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Kebutuhan asam folat pada setiap orang jumlahnya berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh. Seperti pada ibu hamil yang membutuhkan asam folat lebih banyak dari orang normal sebanyak 600 mikrogram (mcg) per hari. normalnya, setiap orang hanya membutuhkan asam folat sekitar 400 mcg per hari. . Berikut ini manfaat asam folat untuk ibu hamil yang wajib diketahui:

1.  Mencegah cacat tabung saraf pada janin

Langkah untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik dan mencegah bayi dari cacat tabung saraf adalah dengan memenuhi kebutuhan asam folat. Jenis cacat tabung saraf yang biasa menimpa bayi dalam kandungan ad;aah anensefali dan spina bifida. Selain itu, manfaat asam folat untuk ibu hamil dapat mencegah terjadinya penyakit jantung bawaan dan bibir sumbing pada bayi.

2. Mencegah keguguran

Keguguran sangat rentan terjadi pada kehamilan yang masih tergolong muda yaitu usia 20 minggu. Mencegah keguguran selama masa kehamilan dapat dilakukan dengan mencukupi asupan asam folat harian. Bahkan sebelum  atau selama mempersiapkan kehamilan sudah dapat mengonsumsi asam folat. Asam folat pada ibu hamil juga dapat menurunkan risiko gangguan kehamilan seperti prematur dan gangguan pertumbuhan janin.

3. Mencegah anemia

Salah satu kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah anemia atau kurang darah. Anemia pada ibu hamil yang tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang mengancam nyawa ibu maupun bayi. Itulah kenapa ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan asam folat dan zat besi selama masa kehamilan.

4. Membentuk plasenta

Manfaat asam folat untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu pembentukan plasenta yang optimal. Plasenta memiliki peran penting dalam kehamilan yaitu membuat aliran darah, oksigen dan nutrisi dari ibu ke janin menjadi lancar. Jika plasenta mengalami gangguan maka asupan penting bagi janin tidak tersampaikan dengan baik dan dapat menghambat tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

5. Menurunkan risiko preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi komplikasi saat hamil yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, bengkak di bagian tubuh ibu hamil seperti kaki, kandungan protein dalam urine yang ikut meningkat. Preeklamsia sangat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga bayi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil maka dapat menurunkan risiko preeklamsia.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung bawaan pada janin

Seperti yang disebutkan di awal, mengonsumsi asam folat untuk ibu hamil dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung bawaan pada janin. Mengonsumsi asam folat untuk ibu hamil trimester 1 atau diawal kehamilan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung bawaan.

Memenuhi Asupan Asam Folat

Asupan asam folat bisa didapatkan dari mana saja, baik makanan hingga suplemen. Asam folat untuk ibu hamil disarankan berasal dari makanan bergizi. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, ibu hamil dapat membuat menu makanan harian yang mengandung asam folat tinggi. berikut ini rekomendasi makanan yang tinggi asam folat untuk memenuhi asupan folat untuk ibu hamil:

  • Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, dan seledri.
  • Kacang-kacangan, seperti lentil, kacang polong, dan kacang tanah.
  • Buah-buahan, seperti pepaya, anggur, jeruk, dan alpukat.
  • Hati sapi.
  • Telur.Asparagus.

Selain dari makanan bergizi, ibu hamil juga dapat memenuhi asupan asam folat dengan mengonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Dokter akan memberikan jenis dan dosis sesuai dengan kondisi kehamilan agar aman dikonsumsi. Itulah manfaat asam folat untuk ibu hamil dan untuk memastikan asupan asam folat terpenuhi atau tidak selama masa kehamilan wajib memeriksakan kehamilan. (Aq/MKK)

asamfolatuntukibuhamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 17:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 11:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir Agar Tumbuh Optimal

Jadwal menyusui bayi baru lahir penting untuk kamu atur agar kebutuhannya terpenuhi dengan ASI yang cukup. Temukan penjelasannya di sini.

MAKUKU
2024-07-12 13:58:05
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Baik Dan Benar

Cara mandi bayi baru lahir yang aman dan lembut, kamu bisa memahaminya di sini. Lakukan dengan penuh kehati-hatian untuk kesehatannya.

MAKUKU
2024-07-04 09:53:08
0 Comment