Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

written by : MAKUKU - 27 Jul 2023

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 342 times

Kaki bengkak merupakan hal yang umum terjadi selama kehamilan, terutama pada pergelangan dan jari-jari kaki. Kaki bengkak saat hamil bisa terjadi karena terjadinya penumpukan cairan lebih banyak dari keadaan normal. Meski tidak berbahaya, pembengkakan pada kaki membuat sebagian ibu hamil merasa tidak nyaman dan terganggu aktivitasnya. Pembengkakan bisa muncul kapan saja, tetapi keluhan ini biasanya lebih sering terjadi saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Tubuh memproduksi sekitar 50 persen tambahan darah serta cairan selama masa kehamilan. Hal ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang berkembang dalam kandungan. Fenomena ini memang wajar, penyebab kaki bengkak saat hamil secara alamiah tubuh ibu hamil memproduksi lebih banyak darah dan cairan. Namun, perlu diperhatikan bahwa kaki bengkak saat hamil bisa menjadi salah satu pertanda preeklamsia.

Selain itu, ada beberapa faktor yang penyebab kaki bengkak pada ibu hamil diantaranya akibat perubahan hormone, kebiasaan berdiri terlalu lama, aktivitas atau olahraga berlebihan, cuaca panas, pola makan rendah kalium, mengkonsumsi tinggi garam atau natrium hingga terlalu banyak mengonsumsi kafein yang tinggi.

Cara Mengatasi kaki bengkak saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil memang tidak menyakitkan ibu hamil. Namun tidak dapat dipungkiri kaki bengkak ini membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas. Berikut ini cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang wajib dicoba dirumah:

1. Kurangi Asupan Natrium (Garam)

Mengonsumsi makanan yang tinggi garam bisa menyebabkan tubuh menahan air lebih banyak. Untuk mengatasi kaki bengkak maka sebaiknya ibu hamil mengurangi asupan natrium atau garam dengan menghindari makanan kaleng atau olahan.

2. Kurangi Asupan Kafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi memang menggiurkan dan ibu hamil boleh diperbolehkan sesekali mengkonsumsi kafein. Namun, jika mengonsumsi kafein berlebihan maka dapat menyebabkan kaki semakin bengkak.

3. Perbanyak Minum Air

Mengalami kaki bengkak akibat penumpukan cairan bukan berarti ibu hamil harus mengurangi minum air putih. Bahkan ketika tubuh mendeteksi dehidrasi, tubuh akan menahan lebih banyak cairan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk memenuhi cairan tubuh minimal 10 gelas setiap hari.

4. Tingkatkan Konsumsi Potasium atau Kalium

Kalium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh. Kekurangan kalium pada tubuh bisa membuat pembengkakan semakin parah.

5. Rutin Berjalan Kaki

Berjalan kaki sekitar 5-10 menit beberapa kali dalam sehari bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga pembengkakan kaki dapat berkurang dan bisa dilakukan secara rutin selama masa kehamilan.

6. Kenakan Sepatu yang Nyaman

Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan hal yang nyaman termasuk pada alas kaki. Pilihlah sepatu yang nyaman, hindari menggunakan sepatu yang kecil atau mengikat kaki dengan keras yang dapat menghambat peredaran darah ibu.

7. Melakukan Pijat pada Kaki

Salah satu cara mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah melakukan pijat pada kaki. Memijat kaki bisa mendorong sirkulasi cairan yang menumpuk pada kaki sehingga mampu mengurangi pembengkakan. Dengan kata lain, pijatan bisa membantu peredaran cairan  lebih lancar.

8. Hindari Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama saat hamil bisa menyebabkan kaki ibu hamil membengkak. Ibu hamil bisa mengusahakan duduk dengan kaki terangkat atau posisi kaki lebih tinggi dari jantung saat duduk. Posisi tersebut bisa membantu memperlancar sirkulasi darah agar tidak menumpuk.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Jika cara tersebut sudah dilakukan namun kaki bengkak saat hamil belum juga membaik dan disertai dengan gejala lainnya maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. (Aq/MKK)

caramengatasikakibengkaksaathamil

penyebabkakibengkaksaathamil

kakibengkaksaathamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kenali Ciri-Ciri Anak Hiperaktif yang Perlu Diperhatikan

Pelajari ciri-ciri anak hiperaktif untuk membantu orang tua dan orang terdekat memberikan dukungan yang tepat

MAKUKU
2024-05-17 14:05:47
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
5 Cara Mengembalikan Warna Kulit Bayi Setelah Fototerapi

Tenang, kulit bayi yang menggelap setelah fototerapi akan kembali normal. Pelajari cara mengembalikan warna kulit bayi dan kapan perlu ke dokter.

MAKUKU
2024-05-16 08:48:25
0 Comment