5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Aman

5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi yang Aman

written by : MAKUKU - 13 Des 2022

Viewed : 11 times  Read duration : Page Views : 158 times

Cegukan adalah hal yang sangat umum terjadi pada bayi. Umumnya cegukan adalah kondisi umum yang tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, jika kondisi tersebut berlangsung lama, tentu akan menyebabkan bayi menjadi merasa tidak nyaman.Untuk itulah kenapa bunda harus bisa mengetahui cara menghilangkan cegukan pada bayi yang aman.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan atau mengatasi cegukan pada bayi. Berikut sudah kami rangkum 5 cara termudah dan juga paling aman yang bisa Anda lakukan.

1. Mengganti Posisi Menyusui si Kecil

Posisi saat bunda menyusui juga bisa berpengaruh pada si kecil. Agar si kecil tidak cegukan dan untuk mengatasinya, pastikan bunda menyusuinya dengan posisi yang tepat. Pasalnya, saat menyusui udara sering kali masuk ke dalam mulut bayi, inilah yang juga menjadi penyebab dari cegukan.

Setelah Anda memperbaiki posisi menyusui, maka kemungkinan udara masuk ke dalam tubuh si kecil semakin kecil. Jika masih cegukan, hentikanlah proses menyusui sementara waktu agar si kecil tidak tersedak.

Salah satu posisi menyusui yang tepat yaitu putin beserta areola masuk ke dalam mulut bayi agar angin tidak masuk.

2. Memeluk Bayi Saat Cegukan          

Cara selanjutnya yang juga tidak kalah mudah yaitu mengatasinya dengan cara memeluk bayi. Cara ini bisa memberikan ketenangan pada si kecil yang tengah mengalami cegukan. Selain itu juga bisa membuat si kecil merasa hangat.

Dengan cara ini si kecil akan berhenti cegukan dan kembali dalam keadaan normal. Cara ini juga cukup simple untuk Anda lakukan.

Jangan lupa juga untuk memeluk si kecil sambil menepuk punggungnya. Selain itu, juga bisa dengan cara memeluk sambil menggendongnya, seperti berdiri.

3. Memberi Makan Sedikit demi Sedikit

Pemberian makan yang tepat juga bisa membantu si kecil untuk mengatasi cegukan. Khususnya bagi bayi yang sudah mulai mengkonsumsi MPASI (Makanan Pelengkap Air Susu Ibu).

Untuk mencegah cegukan, beri makan si kecil sedikit demi sedikit dan lakukan secara perlahan. Cara ini juga akan membantu si kecil agar mereka memakan makanan tidak terburu-buru.

4. Gunakan Dot pada Bayi

Tidak semua bayi selalu mengalami cegukan pada saat menyusu. Namun ketika tiba-tiba si kecil cegukan, bunda bisa memberi mereka dot. Pada saat si kecil mengisap dot, maka akan mengendurkan diafragma mereka.

Dot bisa membantu mencegah dan mengatasi cegukan. Jadi pastikan bunda selalu menyediakannya, ya.

5. Bantu si Kecil Agar Bersendawa

Saat menyusu, cobalah untuk menghentikannya sejenak saja. Tujuan dari hal ini yaitu untuk membantu si kecil bersendawa. Selain itu, cara ini juga bisa membantu si kecil untuk menghilangkan kelebihan gas yang disebabkan oleh cegukan.

Kapan Harus ke Dokter Akibat Cegukan?

Cegukan merupakan sebuah kondisi umum. Setiap bayi pasti pernah mengalaminya. Namun, jika cegukan tersebut disertai dengan muntah, maka sebaiknya Anda kunjungi dokter. Hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah dalam pencernaan.

Cegukan pada bayi biasanya akan berhenti dengan sendirinya saat bayi tidur. Bahkan, seiring dengan bertambahnya usia si kecil, cegukan pun tidak akan muncul lagi.

Jika permasalahan cegukan tersebut akibat hal yang sederhana atau umum, bunda bisa mengatasinya dengan cara yang sudah kami jelaskan di atas.

Itulah beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa bunda aplikasikan. Selain cegukan, ada juga masalah lain yang umum terjadi yaitu seperti ruam akibat popok. Untuk mengatasi ruam popok, bunda bisa menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim. Popok ini mampu mempercepat interaksi cairan dengan kulit dengan teknologi baru inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) yang mengoptimalkan penguncian cairan sehingga bisa mencegah ruam. (M2M)

cegukan

cegukanbayi

caramenghilangkancegukanpadabayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment