Perkembangan Bayi 3 Bulan: Ini Cara Stimulasi yang Tepat

Perkembangan Bayi 3 Bulan: Ini Cara Stimulasi yang Tepat

written by : MAKUKU - 14 Des 2022

Viewed : 26 times  Read duration : Page Views : 280 times

Perkembangan bayi 3 bulan sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Bayi akan memasuki tahap perkembangan baru setelah memasuki usia 3 bulan. Pada usianya ini, bayi juga banyak mengalami perkembangan yang pesat. Inilah alasan kenapa bayi harus diberikan stimulasi yang tepat sejak dini. Berikut ini MAKUKU akan membahas apa saja perkembangan bayi 3 bulan dan bagaimana cara stimulasi yang tepat.

Perkembangan bayi 3 bulan ditandai dengan meningkatnya kemampuan motorik. Seperti mulai mengenali wajah orang-orang sekitarnya, berguling, mengangkat kepala dan membedakan warna. Bayi 3 bulan juga sudah dapat merentangkan kaki dan menendang. Bahkan beberapa reflek bawaan bayi seperti reflek moro akan mulai menghilang.

Menginjak usia 3 bulan juga bayi akan mengalami perubahan pada jam tidurnya. Perubahan jam tidur ini memungkina bayi tidur lebih lama dari sebelumnya yaitu 6-7 jam. Hal ini dikarenakan bayi usia 3 bulan sudah memiliki sistem saraf yang lebih matang dan perutnya dapat menampung susu lebih banyak. Kabar gembiranya, perubahan jam tidur pada bayi ini bisa membuat mom tidur lebih nyenyak.

Perkembangan bayi 3 bulan lainnya adalah peningkatan pada komunikasi bayi. Dimana indera pendengaran dan penglihatannya semakin baik. Bayi usia 3 bulan sudah dapat mengenali suara ibunya, tersenyum, memalingkan kepalanya dan mendengarkan semua jenis musik. Saat ini, cara bayi berkomunikasi tidak hanya melalui tangisan.Mom juga dapat mengajak bayi sering berkomunikasi sebagai stimulasi yang tepat untuk bayi 3 bulan dan bonding menjalin kedekatan dengan bayi.

Sementara pertumbuhan fisik bayi 3 bulan bukan dilihat dari penampakan bayi yang gemuk atau kurus. Pertumbuhan fisik paling akurat dinilai dari tinggi dan berat badan bayi yang naik sesuai dengan kurva pertumbuhan. Normalnya, berat badan pada anak laki-laki usia 3 bulan adalah 5.1-7.9 kg dan berat badan bayi perempuan pada usia 2 bulan adalah 4.6-7.4 kg. Sedangkan untuk tinggi bayi usia 3 bulan sekitar 57,6-65,3 cm dan bayi perempuan berkisar 55,8-63,8 cm. Jadi, mom dan dad wajib banget memantau pertumbuhan bayi setiap bulannya.

Bagaimana Stimulasi yang Tepat Untuk Bayi Usia 3 Bulan?

Usia 3 bulan merupakan waktu yang tepat untuk mendukung perkembangan bayi melalui berbagai stimulasi. Salah satunya stimulasi yang menyenangkan adalah bermain dengan si kecil. Selain itu, untuk menunjang perkembangan bayi usia 3 bulan semakin optimal, mom dan dad bisa melakukan beberapa stimulasi yang sesuai dengan usia bayi 3 bulan sebagai berikut:

  • Tummy time merupakan salah satu stimulasi yang penting bagi bayi usia 3 bulan. Tujuan tummy time untuk mengembangkan tubuh bayi agar kuat bergerak dan mengontrol kepala serta badannya.
  • Memijat lembut dapat menenangkan bayi yang rewel. Melalui pijatan ini, dapat membantu bayi untuk mengenal tubuhnya dan pergerakan tubuh melalui sentuhan.
  • Menggunakan suara atau lagu-lagu untuk menstimulasi indera pendengarannya. Pastikan atau suara yang digunakan tidak terlalu kencang atau mengagetkan si kecil.
  • Memberikan si kecil mainan yang berbahan lembut untuk membantu mengkoordinasikan Gerakan tangan dan mata.
  • Mengajak bayi berkeliling untuk mengenalkan lingkungan sekitarnya melalui sentuhan.

Nah, setelah mengetahui  apa saja perkembangan bayi 3 bulan dan cara tepat menstimulasinya, mom dan dad juga wajib mendukung stimulasi tersebut dengan memberikan popok yang nyaman. Sebab, popok yang tidak tepat dapat menyebabkan ruam popok. Serta menggunakan popok yang nyaman bertujuan agar stimulasi yang dilakukan pada si kecil lebih maksimal.

Untuk bayi usia 3 bulan, mom dan dad bisa memberikan si kecil popok MAKUKU SAP Diapers Slim. MAKUKU SAP Diapers Slim dirancang khusus menggunakan teknologi baru inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). MAKUKU SAP Diapers Slim juga memiliki ketipisan 1.6 mm namun berdaya tampung besar yakni 500 ml. Inilah yang membuat diapers MAKUKU efektif dalam mengurangi ruam popok. Takut Ruam Popok, Pakai MAKUKU! (Aq/MKK)

PERKEMBANGANBAYI

perkembanganbayi3bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment