Panduan Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Perlu Ibu Ketahui!

Panduan Perkembangan Bayi 4 Bulan Yang Perlu Ibu Ketahui!

written by : MAKUKU - 25 Okt 2022

Viewed : 23 times  Read duration : Page Views : 232 times

4 bulan merupakan usia bayi yang terlihat lucu-lucunya. Moms pasti bisa melihat ada banyak sekali hal yang terjadi pada perkembangan bayi 4 bulan. Pasalnya, di usia ini kemampuan motorik si kecil berkembang sangat pesat. 

Penasaran ingin tahu apa saja perkembangan yang terjadi? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini: 

1. Perkembangan Kemampuan Motorik 

Pertama, kami akan membahas perkembangan motoriknya terlebih dahulu. Salah satu contohnya seperti kemampuan mengangkat kepala si kecil secara sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangan sebagai penopangnya. 

Tangan dan kaki bayi akan semakin bebas bergerak. Selain itu, mereka juga sudah mulai bisa mengekspresikan diri mereka dengan cara menggerak-gerakan tubuh, contohnya seperti mengangangkat dan juga menghisap jempol kakinya. 

Ketika moms berusaha untuk mengangkat si kecil untuk berdiri, mereka sudah bisa menjejakkan kaki meskipun belum bisa berdiri sendiri. Mereka juga bahkan sudah bisa menunduk karena tulang belakangnya yang kuat. 

Penglihatan si kecil juga semakin baik di usianya yang ke-4 bulan ini. Mata mereka juga sudah bisa mengikuti benda yang bergerak dari satu tempat ke tempat yang lainnya. 

2. Perkembangan Kemampuan Bicara 

Pada usia 4 bulan, si kecil sudah berusaha untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Bahkan sesekali mereka akan terlihat seperti mengajak kedua orangtuanya untuk mengobrol. 

Di usia ini si kecil sudah mampu memerhatikan pergerakan bibir ibu atau orang yang mengajaknya berbicara, kemudian si kecil juga akan berusaha menirunya. 

Bayi yang sudah berusia 4 bulan juga sering berceloteh memanggil “mama” atau “papa” meskipun masih terbata-bata. 

Tugas orangtua di sini yaitu mengembangkan kemampuan si kecil dalam berbicara sesering mungkin. Salah satu caranya bisa dengan mengajak mereka berbicara dan meminta mereka untuk mengucapkan kata-kata sederhana seperti “mama” maupun “papa”. 

3. Perkembangan dari Segi Fisik si Kecil 

Selain perkembangan motoriknya, di usia 4 bulan si kecil juga mengalami perkembangan fisik yang cukup signifikan. Berat badan mereka akan mengalami peningkatan setidaknya 0,5 kg dari berat badannya pada usia 3 bulan. 

Berikut ini rata-rata ukuran berat badan bayi yang sudah memasuki usia 4 bulan: 

Berat badan bayi laki-laki: 5,6 hingga 8,6 kilogram. 
Berat badan bayi perempuan: 5,1 hingga 8,1 kilogram. 
Jika berat badan si kecil kurang dari berat ideal yang sudah kami cantumkan di atas, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Tujuannya agar moms bisa mendapatkan saran yang tepat agar tumbuh kembang si kecil berjalan optimal. 

4. Kepekaan Anak di Usia 4 Bulan 

Di usia 4 bulan, umumnya si kecil masih mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) karena masih dalam usia wajib ASI eksklusif hingga usianya 6 bulan. Setelah usia 6 bulan, si kecil baru bisa diberi MPASI (Makanan Pelengkap ASI) sambil terus melanjutkan menyusui si kecil hingga usianya masuk 7 bulan. 

Pada saat menyusu, si kecil yang sudah berusia 4 bulan umumnya memiliki tingkat kepekaan yang tinggi. Si kecil akan peka terhadap gangguan, contohnya gangguan suara kakaknya, ayah, TV dan lain-lain. Sehingga proses menyusui terkadang menjadi terganggu. 

Untuk meminimalisir gangguan tersebut, moms bisa mengajak si kecil untuk menyusui di tempat yang sepi dan redup. Dengan begitu, si kecil tidak mengalami gangguan di sekitar. 

Itulah perkembangan bayi 4 bulan yang terjadi. Moms juga bisa merangsangnya dengan stimulasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuannya. Jangan lupa juga untuk memilih popok yang nyaman dan anti gumpal yaitu MAKUKU SAP Diapers Pro Care dengan fitur sebagai berikut:  

  • Luxurioust soft permukaan lembut
  • 4 inti lapisan SAP atau Super Absorbent Polymer
  • Anti gumpal dan bisa mengurangi terjadinya kebocoran.  
  • Permukaan rongga udara telah memiliki sirkulasi 2 arah sehingga membuat si kecil nyaman.  
  • Terdapat lapisan untuk mengunci cairan.  
  • Efektif mengurangi ruam popok.  

MAKUKU SAP Diapers Pro Care kini sudah tersedia untuk bayi berusia 4 bulan dengan ukuran yang cocok mulai dari L hingga XL. Yuk, pesan sekarang juga! Takut Ruam Popok, Pakai MAKUKU! (M2M)

PERKEMBANGANBAYI

perkembanganbayi4bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment