Ketahui Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Agar Nyaman

Ketahui Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Agar Nyaman

written by : MAKUKU - 6 Des 2022

Viewed : 36 times  Read duration : Page Views : 273 times

Sulit menemukan posisi tidur yang nyaman merupakan salah satu tantangan bagi para ibu yang sedang hamil. Berbeda dengan wanita lainnya yang bisa tidur dengan posisi apapun, wanita hamil perlu mempertimbangkan kondisi janin saat memilih posisi tidur. Selain itu, posisi tidur tertentu terkadang juga membuat mereka merasa kurang nyaman. Mengetahui posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dapat membantu menyehatkan Anda maupun janin. Pasalnya istirahat yang cukup menjadi salah satu hal terpenting di masa kehamilan. Lalu bagaimana posisi yang tepat? Berikut pembahasannya:

1. Posisi Tengkurap

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana bisa posisi tengkurap menjadi posisi yang nyaman untuk ibu hamil. Perlu Anda pahami bahwa cara tidur ibu hamil yang benar ini hanya berlaku pada saat kehamilan bulan pertama saja. Di bulan pertama, Anda masih bisa tidur dengan posisi tengkurap tanpa perlu khawatir. Pasalnya dinding rahim dan cairan ketuban akan memberikan perlindungan terhadap janin dari risiko terjepit.

2. Posisi Terlentang

Anda yang baru memasuki usia kehamilan trimester pertama juga masih bisa tidur dengan cara telentang. Paling tidak Anda bisa melakukannya sampai kehamilan berusia sekitar 2 bulan. Akan tetapi, jangan terlalu sering tidur terlentang. Pasalnya posisi tidur ini meningkatkan risiko masalah kehamilan serta kelahiran. Selain itu ketika tidur Anda wajib menaruh bantal sebagai sandaran punggung.

3.Posisi Miring Ke Kiri

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ini bisa dilakukan ketika usia kehamilan memasuki trimester dua. Pada usia tersebut, perut Anda mungkin sudah mulai membesar. Jadi posisi terlentang dan tengkurap tidak boleh dilakukan. Miring ke kiri lebih disarankan karena membantu nutrisi dan oksigen mengalir lebih optimal ke janin. 

Tidak hanya bermanfaat untuk janin saja, posisi miring ke kiri juga bermanfaat untuk ibu. Posisi ini membuat organ hati tidak terlalu banyak mendapatkan tekanan, membuat ginjal lebih sehat, serta mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki. 

4. Posisi Setengah Bersandar

Posisi setengah bersandar menjadi cara tidur ibu hamil yang benar selanjutnya. Posisi tidur ini disarankan untuk ibu yang perutnya semakin besar atau memasuki trimester ketiga. Pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu akan menjadi semakin tidak nyaman karena posisi bayi mulai turun dan menekan area selangkangan.

Agar bisa menghindari hal tersebut, cobalah tidur dengan cara setengah bersandar. Letakkan bantal untuk menopang bagian perut dan punggung. Selain itu, kaki juga harus ditopang dengan bantal agar tidak terjadi edema atau penumpukan cairan.

5. Posisi Tiga Perempat

Cara tidur ibu hamil yang benar terakhir adalah posisi tiga perempat. Posisi ini termasuk salah satu posisi tidur paling nyaman sehingga istirahat Anda menjadi berkualitas. Untuk tidur dengan cara ini, Anda harus menggunakan bantal hamil.

Posisikan satu kaki di bawah bantal, sementara kaki lainnya di atas bantal. Posisi tiga perempat memberikan manfaat seperti membantu mengurangi sendi menegang, otot menegang, dan melancarkan sirkulasi darah.

Itulah informasi mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Selain menjaga di masa kehamilan, Anda juga perlu mempersiapkan kelahiran Buah Hati. Pastikan memilih popok yang tidak menyebabkan ruam popok karena kulit bayi sangat sensitif. MAKUKU SAP Diapers Pro Care merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi kulit Si Kecil.

Salah satu popok generasi terbaru dari MAKUKU ini menawarkan ukuran NB (newborn) yang didesain untuk bayi baru lahir. Permukaannya yang lembut membuat Si Kecil merasa nyaman dan aman. Ukuran NB juga menawarkan desain bentuk U untuk melindungi tali pusar bayi. Selain itu, MAKUKU SAP Diapers Pro Care memiliki 3 keunggulan utama yaitu luxurious soft atau permukaan yang lembut, 4 lapisan inti mencegah kebocoran dan bubble belt pertama di Indonesia berupa pinggang empuk yang tidak meninggalkan bebas kemerahan. (M2M)

KEHAMILAN

ibuhamil

posisitiduribuhamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment