Inilah 10 Ciri Ciri Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Menanganinya

Inilah 10 Ciri Ciri Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Menanganinya

written by : MAKUKU - 2 Mar 2023

Viewed : 31 times  Read duration : Page Views : 353 times

Tumbuh gigi adalah salah satu milestone penting bagi anak yang menandakan bahwa perkembangannya sesuai. Bayi tumbuh gigi dapat mempermudah saat makan makanan padat. Namun, pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda-beda. Untuk itu, para orang tua wajib mengetahui ciri ciri bayi tumbuh gigi.

Pada umumnya, bayi tumbuh gigi mulai muncul pada tahun pertamanya. Tetapi ada pula bayi baru lahir yang sudah memiliki gigi meski kasusnya jarang terjadi. Menurut American Dental Association, umumnya gigi susu pertama bayi tumbuh pada usia 6-9 bulan. Ada pula gigi susu bayi yang tumbuh lebih cepat di usia 3-4 bulan. Jika pada usia enam bulan bayi belum menunjukkan tanda tanda tumbuh gigi, jangan khawatir karena pertumbuhan gigi pertama terjadi dalam rentang waktu 3-12 bulan.

Setiap bayi memiliki cara dan kecepatan tumbuh kembang masing-masing termasuk pada pertumbuhan giginya dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi tubuhnya dan genetic orang tuanya. Pertumbuhan gigi bayi melewati 3 fase yaitu fase gigi sulung, fase campuran gigi sulung dan gigi tetap dan fase gigi tetap. Bayi membutuhkan waktu sekitar 2 tahun hingga gigi susu bayi lengkap sejak gigi pertamanya tumbuh. Sedangkan untuk tahapan pertumbuhan gigi bayi sesuai usianya sebagai berikut:

  • Usia 5-7 bulan: Gigi seri bawah bagian depan.
  • Usia 6-8 bulan: Gigi seri atas bagian depan.
  • Usia 9-11 bulan: Gigi seri bagian samping.
  • Usia 12-16 bulan: Gigi geraham pertama.
  • Usia 16-20 bulan: Gigi taring.
  • Usia 20-30 bulan: Gigi geraham kedua.

Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui

Gejala bayi tumbuh gigi muncul bisa berbarengan dengan penurunan kekebalan bayi. sehingga di saat bersamaan, bayi rentan terserang penyakit lainnya seperti infeksi ringan. Nah, daripada mom dan dad bingung berikut ini ciri ciri bayi tumbuh gigi yang wajib diketahui:

Berliur lebih banyak

Tanda tanda bayi tumbuh gigi  biasanya akan tampak  sering ngeces atau ngiler. Tapi tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang wajar. Mom dan dad harus menjaga kebersihan sekitar mulut si kecil karena bayi tumbuh gigi yang mengeluarkan air liur berlebih bisa menyebabkan ruam di sekitar mulut hingga leher akibat bakteri.

Batuk dan muntah

Air liur yang berlebihan bisa membuat si kecil muda tersedak ketika dirinya hendak menelan. Inilah yang menyebabkan si kecil sering kali mengalami batuk atau bahkan muntah saat proses teething.

Menangis

Bila si kecil akhir-akhir ini sering menangis, coba deh di cek apakah si kecil sedang tumbuh gigi atau tidak. Bisa jadi si kecil menjadi lebih rewel dari biasanya karena proses pertumbuhan gigi dan menangis menjadi cara untuk si kecil berkomunikasi atas rasa sakit dan tidak nyaman.

Susah tidur nyenyak di malam hari

Rewel selama tumbuh gigi dapat menyebabkan si kecil menjadi susah tidur nyenyak di malam hari. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan gigi pada anak terjadi lebih aktif saat malam hari.

Suka menarik telinga atau menggaruk pipi

Salah satu ciri ciri bayi mau tumbuh gigi adalah suka menarik telinga atau menggaruk pipi. Hal ini dikarenakan proses tumbuh gigi pada bayi menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri dan gatal.

Senang menggigit

Saat akan tumbuh gigi pertamanya, si kecil akan memiliki kebiasaan baru seperti senang menggigit benda apapun. Kebiasaan ini muncul karena tekanan dari gusi yang membuat bayi tidak nyaman. Jadi, bayi yang sering menggigit benda-benda menjadi tanda bayi tumbuh gigi untuk meredakan rasa nyeri.

Memasukkan tangan ke mulut

Selain senang menggigit benda disekitarnya, bayi yang tumbuh gigi memiliki tanda seperti sering memasukkan tangan ke mulutnya. Kebiasaan ini hampir sama dengan kebiasaan senang menggigit. Dengan memasukkan tangan ke mulut dapat membantu meredakan rasa sakit dari proses tumbuh gigi.

Gusi membengkak

Proses yang menyakitkan bagi bayi saat proses tumbuh gigi adalah gusi yang membengkak dan kemerahan. Dari gusi yang membengkak ini bisa juga terlihat putih-putih tanda dari gigi tumbuh.

Tidak mau makan atau menyusu

Saat tumbuh gigi, anak akan merasakan tidak nyaman akibat gusi yang membengkak karena gigi berusaha keluar menembus gusi. Tidak heran jika rasa sakit ini membuat nafsu makan si kecil berkurang dan menolak menyusu. Jadi, mom dan dad yang sabar ya menghadapi si kecil susah makan saat proses tumbuh gigi.

Demam

Terkadang saat si kecil tumbuh gigi juga bisa disertai dengan gejala demam. Namun, bukan berarti semua bayi yang tumbuh gigi mengalami demam. Demam yang terjadi saat tumbuh gigi ini biasanya suhu tubuhnya tidak tinggi atau tidak lebih dari 39 derajat celcius.

Cara menghadapi bayi tumbuh gigi

Selama bayi tumbuh gigi yang dibutuhkan oleh para orang tua dalam menghadapi si kecil adalah kesabaran. Memberikan ekstra perhatian dan kasih sayang pada si kecil dapat membantu mengalihkan pikiran si kecil dari rasa sakit. Sementara itu, ada pula hal yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan rasa sakit dan tidak nyaman akibat tumbuh gigi, diantaranya:

  • Memastikan kebutuhan cairan si kecil tetap terjaga dna tubuhnya terhidrasi. Mengingat bayi yang tumbuh gigi memproduksi banyak air liur untuk menggantikan cairan yang hilang.
  • Memberikan si kecil teether sebagai media untuk menggigit.
  • Memberikan gosokan lembut pada gusi bayi dengan kondisi tangan yang bersih.
  • Bagi anak yang sudah menerima makanan padat, bisa diberikan makanan seperti buah dingin untuk memberikan sensasi nyaman saat gusi bengkak.

Nah, untuk menjaga suasana hati si kecil tetap terjaga dan membuatnya selalu nyaman. Mom and dad juga perlu memberikan si kecil popok yang nyaman, anti gumpal, super tipis super nyerap dan mampu mengurangi risiko ruam popok. Semua kelebihan tersebut bisa didapatkan dari MAKUKU SAP Diapers Slim Care yang menggunakan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Keunggulan popok MAKUKU dengan inti SAP tersebut dapat mengunci cairan secara maksimal, menjaga permukaan popok tetap kering, popok tidak menggumpal dan daya serapnya tinggi dengan ketebalan popok hanya 1.6 mm saja. 

MAKUKU SAP Diapers Slim Care kini hadir dalam tipe celana (ukuran M, L, XL, XXL) dengan harga Rp. 89.200,00. MAKUKU SAP Diapers Slim Care tersedia di Superindo, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON, Transmart, dan Diamond Supermarket atau bagi yang lebih nyaman berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. (Aq/MKK)

gigi

bayitumbuhgigi

ciriciritumbuhgigi

tandaanaktumbuhgigi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment