Ganti Popok Bayi Berapa Jam Sekali?

Yuk ketahui idealnya mengganti popok bayi berapa kali dalam sehari

written by : MAKUKU - 7 Nov 2023

Viewed : 57 times  Read duration : Page Views : 436 times

Pergantian popok bayi sekali pakai sebaiknya dilakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan bayi ya moms and dads. Pada beberapa bayi mungkin memerlukan ganti popok lebih sering, terutama jika mereka lebih aktif dan memiliki kulit sensitif yang rentan terkena iritasi.  Lalu, ganti popok bayi berapa jam sekali sih idealnya? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Mengganti popok bayi menurut rekomendasi dokter

Frekuensi buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) pada bayi memang bervariasi atau berbeda pada setiap bayi. Namun, normalnya frekuensi BAK bayi baru lahir adalah 1-3 jam sekali atau 4-6 kali sehari. Frekuensi BAK dan BAB bayi yang sering ini membuat orang tua harus ekstra perhatian pada pergantian popok bayi agar kebersihan kulit bayi tetap terjaga.

Penting untuk selalu memeriksa popok bayi dan segera menggantinya jika popok sudah basah atau kotor. Pergantian popok yang teratur adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit bayi dan mencegah iritasi atau ruam popok. Secara umum, dokter atau ahli merekomendasikan untuk mengganti popok bayi setiap 3-4 jam atau segera setelah bayi buang air kecil atau besar.

Cara mengganti popok bayi dengan mudah

Mengganti popok bayi mungkin terdengar mudah moms, tapi kenyataannya mengganti popok yang salah bisa memicu banyak masalah pada bayi loh. Misalnya menyebabkan iritasi kulit, bayi tidak nyaman dan rewel. Nah, berikut ini cara dan langkah mengganti popok bayi dengan mudah:

  1. Persiapkan kebutuhan untuk mengganti popok, misalnya alas yang bersih, popok baru yang bersih, tisu, air, krim popok dan lainnya.
  2. Sebelum mengganti popok, sebaiknya moms and dads mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih ya.
  3. Kemudian baringkan si kecil, lepas popok kotornya dengan cara melepas perekat popok dan buang popok kotor setelah semua proses selesai.
  4. Bersihkan kulit bayi dengan menyeka dari arah depan ke belakang menggunakan tisu. Bersihkan pula area sekitar popok dan keringkan.
  5. Hindari menggunakan bedak, moms bisa menggunakan krim atau salep popok. setelah mengoleskan ganti popok si kecil dengan popok bersih.
  6. Gulung atau rekatkan popok pada tape pembuang agar kotoran si kecil tidak berantakan. Buang popok dan tisu bekas digunakan dan moms jangan lupa cuci tangan kembali ya.

Pilihlah popok dengan penyerapan baik dan daya tampung besar

Bayi masih belum memiliki kontrol yang baik dalam buang air kecil dan besar. Apalagi jika si kecil masih kurang dari 6 bulan, bayi buang air kecil dan besar sangat sering. Moms mungkin perlu menyiapkan sekitar 10 popok atau bahkan lebih untuk Si Kecil dalam sehari. Kebiasaan ini dapat membuat orang tua kerepotan dalam mengganti popok bayi. Bahkan kondisi ini kerap mendorong orang tua memilih popok bayi sekali pakai yang berkualitas dan fitur yang lengkap.

Jika bayi masih sering buang air kecil dan besar, maka popok dengan penyerapan yang baik dan kapasitas daya tampung yang besar sangat diperlukan. Popok dengan daya serap dan tampung yang tinggi bisa membantu mengurangi frekuensi penggantian popok dan menjaga kenyamanan bayi serta kesehatan kulitnya.

Popok dengan teknologi penyerapan yang tinggi dan kemampuan penampungan yang besar biasanya dapat mengatasi banyak masalah seperti kebocoran, iritasi kulit, dan kenyamanan bayi. Rekomendasi popok yang memiliki penyerapan maksimal dan daya tampung besar adalah MAKUKU Dry Care.

MAKUKU Dry Care merupakan popok bayi lembut dirancang menggunakan teknologi SAP dan Pulp. Teknologi ini membuat popok MAKUKU Dry Care mampu menyerap dengan cepat sepanjang hari baik siang dan malam hari. Dilengkapi dengan daya tampung sebesar 400 ml, moms and dads tidak perlu khawatir popok mudah penuh seperti menggunakan popok lainnya.

Selain itu, MAKUKU Dry Care juga memiliki 3 lapisan sirkulasi udara yang membuat si kecil tidak pengap dan panas saat menggunakan popok. Sehingga bisa mengurangi kelembaban pada kulit dan menekan risiko iritasi kulit pada bayi.

Saat ini, MAKUKU Dry Care memiliki dua jenis popok yaitu popok perekat (NB-S) dan popok celana (M, L, XL, XXL) dengan harga yang terjangkau sekitar 50 ribuan saja. Popok ekstra kering berwarna kuning ini dijual dalam kemasan regular (pack) dan juga kemasan renceng (single pack) yang bisa dibeli di warung-warung terdekat. Yuk, pakai MAKUKU Dry Care sekarang juga ya moms dan dads! (Aq/MKK)

gantipopokbayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment