5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Menyusui

5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Menyusui

written by : MAKUKU - 19 Jan 2024

Viewed : 18 times  Read duration : Page Views : 137 times

Menyusui merupakan tantangan tersendiri setelah melahirkan. Ada beberapa ibu yang dapat menyusui anaknya. Ada pula ibu yang harus berjuang menyusui karena ASInya yang belum keluar. Salah satu cara untuk memperlancar ASI yakni dengan mengonsumsi buah pepaya. Yuk, kita bahas manfaat buah pepaya untuk ibu menyusui.

Sudah bukan menjadi rahasia jika buah pepaya memiliki berjuta manfaat baik bagi kesehatan, termasuk untuk ibu menyusui. Kandungan yang terdapat pada buah pepaya ternyata dapat membantu memperbanyak produksi ASI.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Menurut Kementerian Pertanian Republik Indonesia, keunggulan buah pepaya memiliki beberapa kandungan unik, gizi yang terkandung pada 100 gram daging buah pepaya yang dikonsumsi itu diantaranya :

  • Vitamin C 60-120 milligram
  • Vitamin A 18,7-74.0 mikrogram
  • Beta karoten rata-rata 276 mikrogram
  • Kalsium 20 milligram
  • Kalium 182 miligram

Setelah melihat kandungan dari buah pepaya, mari simak manfaat buah pepaya untuk ibu menyusui.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Menyusui

Mencegah Kanker

Buah berwarna oranye ini ternyata kaya akan sumber lutein, betakaroten, crypoxamtin. Selain itu, buah pepaya juga memiliki banyak sekali anti oktoden yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi dari stress oksidatif dan mencegah dari penyakit kanker usus. Setelah melahirkan mungkin terjadi perubahan pada sistem kekebalan daya tahan tubuh yang memungkinkan moms rentan terserang penyakit.

Menjadi sumber serat yang baik untuk pencernaan

Daging pepaya yang lunak mengandung serat makanan dalam jumlah banyak. Mengonsumsi buah pepaya secara teratur dapat memberikan dampak yang baik untuk sistem pencernaan moms.  Serta kandungan serat bisa juga dapat meningkatkan kadar prolaktin di dalam tubuh. Prolaktin merupakan hormon dari kelenjar hipofisis di otak yang berfungsi merangsang pengeluaran ASI.

Sebagai Asi Booster

Di beberapa penelitian jurnal, terbukti buah pepaya muda sangat direkomendasikan untuk  ibu menyusui. Hal ini dapat memproduksi hormon oksitosin dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kualitas serta aliran ASI. Bahkan daun buah pepaya juga mengandung zat yang dapat mengaktifkan reseptor hormon menyusui (prolaktin) untuk menambah produksi ASI.

Cocok untuk diet

Memiliki berat badan dan bentuk tubuh kembali ke semula adalah impian sebagian besar ibu pasca melahirkan. Namun, menurunkan berat badan pasca melahirkan bukanlah hal yang mudah. Proses menyusui membantu rahim berkontraksi agar kembali ke ukuran semulanya. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Agar ASI semakin lancar, konsumsilah buah pepaya yang rendah kalori  dan rasakan manfaatnya untuk ibu menyusui.

Memelihara jantung

Setiap potongan buah pepaya 100 gram, memiliki 257 miligram mineral esensial sumber potasium yang baik untuk tubuh moms. Mengatur tekanan darah, meningkatkan energi, serta menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kinerja fungsi otot-otot. 

Apakah buah pepaya bisa dikonsumsi setiap hari?

Buah pepaya sebenarnya aman untuk dikonsumsi ibu menyusui setiap hari. Buah pepaya ini bisa di makan langsung atau pun dijadikan topping pelengkap untuk salad. Jadi, ibu menyusui bisa mengonsumsi buah pepaya tanpa bosan tapi jangan makan berlebihan ya.

Meski pepaya bermanfaat untuk ibu menyusui, namun busui tetap harus mengonsumsi makanan sehat lainnya. Adapun makanan sehat untuk memenuhi nutrisi dan gizi seimbang untuk ibu menyusui dan bayi adalah sayuran, gandum, telur, ikan, daun katuk, kurma, kacang-kacangan hingga ubi jalar.

Kesimpulan

Buah pepaya memiliki kandungan baik untuk mendukung melancarkan ASI agar ibu dapat menyusui dan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil di masa emasnya. Semoga artikel mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu menyusui ini membantu ya. 

Selama menyusui, moms harus memperhatikan kenyamanan si kecil. Mulai dari pakaian hingga popok yang tepat agar dapat menyusu dengan maksimal. MAKUKU SAP Diapers merupakan popok anti gumpal yang dirancang dengan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) dan dilengkapi dengan fitur yang mampu mendukung kenyamanan dan keamanan kulit si kecil. (VIO-Aq/MKK)

menyusui

ibumenyusui

manfaatpepaya

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment