Tips Mencari Popok untuk Kulit Sensitif, Jauh dari Ruam Buah Hati Senang

Tips Mencari Popok untuk Kulit Sensitif, Jauh dari Ruam Buah Hati Senang

written by : MAKUKU - 24 Feb 2022

Viewed : 44 times  Read duration : Page Views : 441 times

Sebagai orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Hal itu juga termasuk memberikan popok terbaik untuk bayi, khususnya bagi yang memiliki kulit sensitif. Jika tidak selektif, popok bisa menimbulkan ruam dan gejala iritasi lainnya. Tentunya, jika timbul ruam atau kemerahan, bayi akan rewel dan membuat orangtua jadi resah.

Tapi tenang saja, sekarang ini sudah banyak sekali berbagai produk popok berkualitas yang ditawarkan di pasaran. Baik itu produk lama atau baru yang penuh dengan inovasi. Mari cek di sini berbagai tips yang bisa dilakukan untuk mencari popok untuk kulit sensitif bagi buah hati kesayangan.

7 Tips Mencari Popok yang Tepat Untuk Kulit Sensitif Pada Bayi

1. Pilih Ukuran yang Pas

Saat hendak mencari popok hal utama yang perlu diperhatikan adalah ukuran. Sesuaikan ukuran bayi dengan bobotnya, supaya bisa mendapatkan popok yang pas. Jangan sampai kebesaran atau malah kekecilan. Jika popok kebesaran akan gampang lepas. Selain itu, juga sangat berpotensi bocor.

Pun juga jika kekecilan, bayi juga akan tidak nyaman. Rekatan bisa saja terlalu ketat selain itu bisa saja timbul ruam atau kemerahan. Maka dari itu selalu update informasi terbaru berat badan bayi. Karena perkembangan bayi biasanya cukup cepat.

2. Pilih Popok yang Tidak Mengandung Parfum

Popok dengan parfum memang memanjakan hidung, namun pertanyaanya, apakah itu aman untuk buah hati? Karena, memang ada jenis kulit sensitif yang tidak tahan dengan kandungan kimia pada parfum. Jika sensitivitas kulit bayi sangat tinggi, lebih baik memilih popok yang bebas dari parfum dan berbagai bahan kimia lainnya.

Lebih amannya lagi, juga bisa memilih popok yang bebas dari berbagai kandungan kimia dan lebih mengambil popok organik seperti yang terbuat dari rami atau bahan lainnya. Sekarang sudah semakin banyak popok sekali pakai dengan bahan organik, jadi tinggal pilih sesuai kebutuhan buah hati.

3. Perhatikan Label Popok dengan Baik

Sebagai konsumen sekaligus ibu yang cerdas, penting sekali membaca label yang sudah tersedia di kemasan popok. Dengan begitu akan diketahui dengan jelas berbagai bahan kimia yang ada di dalamnya, ukuran, sampai dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Jangan sampai karena termakan iklan, membeli popok tanpa mempertimbangkannya.

Penting juga untuk diketahui di label, tanggal kadaluwarsa popok. Seperti halnya makanan kadaluarsa yang berbahaya dikonsumsi, popok yang kadaluarsa juga bisa menyebabkan efek negatif ke bayi. Contohnya saja menyebabkan rasa gatal, kemerahan, sampai dengan iritasi berlebihan. Satu hal lagi, jangan mudah tergiur dengan berbagai produk yang sedang promo, baca semuanya dengan teliti. 

4. Pilih Popok Berdaya Serap yang Tinggi

Salah satu penyebab utama iritasi pada kulit bayi adalah kondisi lembab yang terlalu lama. Tidak hanya menyebabkan iritasi, kondisi lembab ini akan mengundang jamur, akibatnya bisa berkepanjangan. Oleh sebab itulah, bagi pemilik bayi berkulit sensitif memilih popok dengan daya serap yang tinggi sangat disarankan.

Salah satu fitur yang sekarang banyak sekali dipilih adalah gel yang memiliki kandungan Super Absorbent Polymers (SAP) yang ampuh untuk menyerap banyak cairan. Hal itu membuat popok jadi nyaman dan membuat permukaanya cepat kering.

5. Pilih Popok Khusus Kulit Sensitif

Semakin ke sini, banyak produsen popok yang mengutamakan kenyamanan konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan berbagai produk yang sesuai dengan kulit bayi. Maka dari itu pilihlah produk yang khusus untuk bayi dengan kulit sensitif.

Misalnya saja, memilih popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga membuat kulit tetap kering, kulit akan jauh-jauh dari ruam atau iritasi. Supaya makin yakin lagi, bisa memilih produk yang sudah diuji secara klinis.

Tentunya, selain mencari produk yang khusus untuk kulit sensitif, pastikan untuk menjaga kebersihan dari bayi. Jangan biarkan kotoran menumpuk lama di popok. Selalu pastikan kulit kering dan bebas lembab. Usahakan untuk mengganti popok setiap 2-3 jam sekali, tergantung dengan kondisi diapers yang dipakai.

6. Pahami Berbagai Fitur yang Ditawarkan

Setiap popok menawarkan berbagai fitur unggulan. Maka dari itu, pilih fitur yang membuat buah hati nyaman. Seperti halnya popok dari MAKUKU SAP Diapers memiliki berbagai fitur yang membuat ibu jadi lebih tenang. Ada tiga fitur utama yang ditawarkan, mulai dari anti gumpal, super tipis, dan extra kering.

Fitur pertama ada anti gumpal yang membuat resapan jadi lebih merata, jadi tidak ada lagi bayi merasa berat dan susah bergerak. Selain itu popok MAKUKU sendiri memiliki stabilitas yang baik sehingga membuat bayi semakin nyenyak saat beraktivitas dan lelap saat tidur.

Kedua ada fitur super tipis yang juga membuat si kecil senang seharian. Ukuran dari popok MAKUKU hanya 1.6 mm, meski tipis namun bisa menampung secara maksimal sampai 600 ml. Tidak hanya itu saja, karena lapisannya yang super tipis, si kecil tidak akan merasa berat sama sekali, bahkan seperti hanya mengenakan celana saja. Lapisannya juga sangat lembut, tidak menyebabkan kulit iritasi sama sekali.

Ketiga ada namanya fitur Extra Kering yang akan mengunci kelembaban tanpa terjadi osmosis. Dengan begitu, meski bergerak bebas kulit akan tetap aman dan terlindungi dengan berbagai fitur yang ditawarkan MAKUKU SAP Diapers.

7. Belajar dari Pengalaman

Satu hal lagi tips yang bisa dilakukan untuk memilih popok yang pas untuk buah hati berkulit sensitif, yakni belajar dari pengalaman. Misalnya saja jika sudah tidak cocok dengan satu merek atau ukuran tertentu, segera diganti. Tidak perlu menunggu nanti-nanti. Karena bisa jadi, keputusan yang terlambat bisa jadi penyebab terjadinya iritasi parah pada buah hati.

Itulah deretan tips mencari popok yang tepat untuk buah hati pemilik kulit sensitif. Bagi yang tertarik membeli MAKUKU SAP Diapers, produk ini sudah tersedia di berbagai marketplace Tanah Air. Jadi, moms tidak akan kesusahan mendapatkan produknya. Selalu lindungi buah hati dengan memilih popok yang berkualitas ya. 

kulitbayi

popokbayi

kulitsensitif

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment