Peringati World Health Day 2023: Kesehatan Mental Adalah Hak Asasi Manusia Universal

Pentingnya menjaga kesehatan mental pada seseorang, ini kenapa kita memperingati World Mental Health Day pada 10 Oktober setiap tahunnya.

written by : MAKUKU - 10 Okt 2023

Viewed : 8 times  Read duration : Page Views : 188 times

Setiap tanggal 10 Oktober, kita memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023 atau World health Mental Day 2023. Hari Kesehatan Mental ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mental pada setiap orang diseluruh dunia.

Melansir dari WHO, World Mental Health Day 2023 ini mengusung tema “Our minds, our tights” atau “Pikiran kami, hak kami”. Hari kesehatan Mental Sedunia 2023 ini merupakan kesempatan bagi masyarakat dan komunitas untuk Bersatu dalam tema “Kesehatan mental adalah hak asasi manusia universal” untuk meningkatkan pengetahun, meningkatkan kesadaran dan mendorong tindakan yang memberikan perlindungan kesehatan mental setiap orang sebagai hak asasi manusia universal.

Kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang mendasar bagi semua orang. Setiap orang, siapapun dan dimanapun mereka berada, memiliki hak untuk mendapatkan standar kesehatan mental tertinggi yang dapat dicapai. Hal ini termasuk hak untuk dilindungi dari risiko kesehatan mental, hak untuk mendapatkan perawatan yang tersedia, dapat diakses dapat diterima dan berkualitas baik, serta untuk kebebasan, kemandirian dan pendekatan dalam masyarakat.

Kesehatan mental yang baik sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Namun, satu dari delapan orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi kesehatan mental, yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik, kesejahteraan, cara mereka berhubungan dengan orang lain, dan mata pencaharian mereka. Kondisi kesehatan mental juga mempengaruhi semakin banyak remaja dan anak muda. 

Memiliki kondisi kesehatan mental seharusnya tidak pernah menjadi alasan untuk mencabut hak asasi manusia seseorang atau mengecualikan mereka dari pengambilan keputusan tentang kesehatan mereka sendiri. Namun di seluruh dunia, orang dengan kondisi kesehatan mental terus mengalami berbagai pelanggaran hak asasi manusia. Banyak yang dikucilkan dari kehidupan masyarakat dan didiskriminasi, sementara lebih banyak lagi yang tidak dapat mengakses perawatan kesehatan jiwa yang mereka butuhkan atau hanya dapat mengakses perawatan yang melanggar hak asasi mereka.

WHO terus bekerja sama dengan para mitranya untuk memastikan kesehatan mental dihargai, dilindungi, dan melakukan tindakan secepat mungkin agar semua orang dapat menggunakan hak asasi mereka dan mengakses perawatan kesehatan mental berkualitas yang mereka butuhkan. (Aq/MKK)

HariKesehatanMentalSedunia2023

WorldMentalHealthDay2023

Kesehatanmental

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment