Peringati Hari Pahlawan: Pahlawanku Adalah Ibu

Peringati Hari Pahlawan: Pahlawanku Adalah Ibu

written by : MAKUKU - 10 Nov 2023

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 166 times

Hari Pahlawan merupakan momen penting untuk mengenang dan menghormati mereka yang telah berjuang dan berkorban demi kemerdekaan dan kebebasan tanah air. Namun, pahlawan bukan hanya untuk pejuang saja. Dalam momen ini tidak ada yang lebih berharga dan menjadi pahlawan sejati dalam hidup kita selain ibu. 

Ibu adalah sosok yang tidak hanya membimbing dan melindungi kita sejak lahir, tetapi juga pahlawan yang tanpa henti berjuang untuk kebahagiaan dan kesuksesan anak-anaknya. MAKUKU bersama dr. Rudy dari Klinik Kehamilan Sehat mengadakan Instagram Live dengan tema Pahlawan Itu Bernama Mommy “Kupas Tuntas Masalah Tumbuh Kembang Anak Bersama Dokter Kehamilan Sehat” tepat di Hari Pahlawan 10 November ini. Yuk simak kenapa sih ibu kita disebut sebagai pahalawan.

Pahlawan Keluarga adalah Ibu

Peran seorang ibu khususnya dalam tumbuh kembang si kecil?

Peran ibu itu penting banget untuk anak dan keluarga. Karena peran ibu sangat krusial dan berpengaruh pada perkembangan si kecil bila dibandingkan dengan ayah atau kelaurga lainnya. Ibu juga memiliki ikatan emosional yang lebih pada si kecil karena mengandung selama 9 bulan. Ikatan emosional ini terbentuk sejak masa kehamilan. Bahkan beberapa jurnal menyebutkan bahwa anak yang kekurangan kasih sayangibu akan merasa tidak nyaman, tidak percaya diri hingga bisa memicu penyakit mental. Ada 3 hal yang paling penting dalam merawat si kecil adalah asih, asuh dan asah.

Apa saja yang harus dilakukan seorang ibu untuk memastikan anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik?

Seorang ibu harus memberikan stimulasi yang tepat dan memberikan kasih sayang pada anaknya. Dengan hal tersebut, anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang tangguh. Memberikan perhatian dan kasih sayang pada si kecil juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Apakah ada dampak pada si kecil saat dirinya tidak mendapatkan kasih sayang sejak kecil dari ibu?

Jika anak tidak mendapatkan kasih sayang dari seorang ibu, sosok pahlawan di keluarga dan untuk anak-anaknya, maka dampaknya pada psikolog anak. Anak tidak merasa mendapatkan kasih sayang dan tidak dicintai, tidak percaya diri, dan cemas. Kaish sayang ibu ibarat kertas kosong dan ibu dapat mengisinya dengan hal baik dan berkualitas untuk membentuk karakter dan menentukan masa depan. 

Apakah speech delay pada anak menjadi salah satu dampak dari kurangnya kasih sayang? jika itu terjadi apa yang harus dilakukan oleh ibu?

Benar sekali. Speech delay pada anak adalah salah satu bentuk kurangnya kasih sayang ibu pada anak-anaknya. Pendidikan pertama anak adalah rumah dan orang tuanya. Peran orang tua sangat vital bagi anak dan menjadi role model dengan menunjukkan sosok yang menginspirasi utnuk anak. Dengan memberikan screen time yang berlebihan membuat anak tidak mendapatkan stimulasi dan tidak mendapatkan feedback dari apa yang mereka tonton. Sedangkan di usia emas anak-anak butuh komunikasi dua arah.

Cara menangani speech delay pada anak yang pertama adalah intropeksi diri dan mulai memikirkan apa yang menyebabkan anak speech delay. Jika penyebabnya akibat screen time maka kegiatan tersebut harus dihentikan. Lalu, perbanyak stimulasi anak dengan cara membaca buku, mengajaknya berbicara, bernyanyi dna mengajarkan kosa kata. Sebab, tantrum pada anak bisa disebabkan oleh komunikasi yang tidak bisa diutarakan si kecil.

Selain peran mom, apa saja yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil?

Banyak faktor yang mempengaruhhi  tumbuh kembang si kecil. Peran ibu sebagai pahlawan anak sangat krusial mulai dari usia 0-7 tahun Karena di rentang usia tersebut, anak sangat membutuhkan sosok ibu dan kasih sayangnya. Sementara peran ayah mulai mendominasi dari 7 tahun keatas untuk membentuk kepribadian dan karakter anak. Sedangkan anggota keluarga lainnya untuk meningkatkan komunikasi sosial mereka. Selain interaksi keluarga, tumbuh kembang juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi di 1000 hari pertama atau hingga 2 tahun.

Bagaimana cara menstimulasi anak untuk bisa berkembang dengan baik?

Stimuasi anak bisa dimulai dari newborn. Stimulasi anak merupakan fondasi yang meliputi sensorik dan motorik. Salah satu stimulasi terbaik adalah tummy time atau tengkurap. Menurut sebuah penelitian dari tummy time anak bisa meningkatkan kemampuan otot tubuh dan menjadi gymnastik awal. Berikan stimulasi sesuai perkembangan anak dengan warna dan objek. 

haripahlawan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment