Manfaat Sleep Training Dengan MAKUKU SAP Diapers Slim Care

Manfaat Sleep Training Dengan MAKUKU SAP Diapers Slim Care

written by : MAKUKU - 2 Jun 2023

Viewed : 20 times  Read duration : Page Views : 239 times

Sleep training merupakan proses mengajari bayi atau anak kecil untuk tidur sendiri dan tertidur tanpa bantuan orang tua. Metode sleep training dapat melibatkan berbagai pendekatan dan teknik, tetapi tujuannya adalah membantu anak belajar tidur dengan mandiri dan tidur dalam waktu yang lebih teratur.

Metode sleep training yang umum digunakan para orang tua

Ferber Method

Dalam metode ini, orang tua meninggalkan anak di tempat tidur saat ia masih terjaga dan memberikan kenyamanan dengan mengelus atau berbicara padanya. Kemudian, orang tua pergi dan memberikan jeda waktu sebelum kembali memeriksa anak. Jeda waktu antara setiap pemeriksaan bertambah lebih lama setiap kali, memberikan kesempatan pada anak untuk belajar tidur sendiri.

Extinction Method

Metode ini juga dikenal sebagai metode "tidur mati", metode ini melibatkan meninggalkan anak sendirian di tempat tidur dan tidak memberikan perhatian atau interaksi ketika ia menangis. Tujuan dari metode ini adalah mengajari anak untuk tidur sendiri tanpa ketergantungan pada orang tua.

Pick-Up-Put-Down Method

Dalam metode ini, orang tua mengangkat anak saat ia menangis atau terjaga, dan kemudian meletakkannya kembali ke tempat tidur ketika ia mulai tenang. Proses ini diulang-ulang sampai anak tertidur.

Metode sleep training yang dipilih dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kondisi keluarga. Penting untuk dicatat bahwa sleep training tidak sesuai untuk semua keluarga atau situasi. Beberapa ahli tidur anak juga menekankan pentingnya memberikan dukungan emosional dan memastikan kebutuhan dasar anak terpenuhi selama proses sleep training. Konsultasikan dengan dokter anak atau ahli tidur anak sebelum memulai metode sleep training untuk mendapatkan  panduan yang tepat sesuai dengan situasi dan kebutuhan anak moms and dads.

Manfaat Sleep Training dengan MAKUKU SAP Diapers Slim Care

Sleep training memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh anak dan orang tua. Diantaranya memperbaiki kualitas tidur anak, sleep training membantu anak belajar tidur dengan mandiri dan mengembangkan kebiasaan tidur yang lebih teratur. Dengan konsistensi dalam rutinitas tidur, anak cenderung memiliki tidur yang lebih baik dan lebih nyenyak. Selain itu manfaat sleep training sebagai berikut:

Meningkatkan kualitas tidur orang tua

Dengan mengajari anak tidur sendiri, orang tua juga dapat memiliki waktu tidur yang lebih baik. Mereka tidak perlu bangun berkali-kali di malam hari untuk menenangkan atau menghibur anak yang terbangun.

Memperbaiki rutinitas tidur

Sleep training membantu mengatur dan memperbaiki rutinitas tidur anak. Dengan rutinitas tidur yang konsisten, anak dapat membangun kebiasaan tidur yang baik dan tertidur pada waktu yang diinginkan, sehingga memudahkan proses tidur pada malam hari.

 Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak

Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan sleep training, anak cenderung mendapatkan waktu tidur yang mencukupi, yang berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental mereka.

Meningkatkan kualitas hubungan keluarga

Ketika anak memiliki pola tidur yang teratur dan mandiri, ini dapat mengurangi stres dan kelelahan pada orang tua. Orang tua juga dapat memiliki waktu sendiri di malam hari untuk bersantai atau melakukan aktivitas lainnya. Hal ini dapat menciptakan suasana yang lebih harmonis dan meningkatkan kualitas hubungan keluarga secara keseluruhan.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak dan keluarga unik, dan tidak semua metode sleep training cocok untuk semua situasi. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak atau ahli tidur anak sebelum memulai sleep training untuk mendapatkan panduan yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak moms and dads.

Saat mengajarkan si kecil melakukan sleep training pastikan si kecil menggunakan popok yang nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Slim Care. Popok MAKUKU series ini menggunakan teknologi canggih inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Dengan bahan penyerap SAP, MAKUKU SAP Diapers Slim Care cairan yang terserap tidak akan kembali rembes kepermukaan meski dalam posisi tidur sekalipun. Sehingga permukaan popok kering lebih lama, tidak lembab dan mengurangi kebocoran selama si kecil tidur.

Anak menjadi lebih nyenyak saat tidur dan tidak terganggu dengan popok yang basah atau bocor. Sehingga moms dan dads akan lebih mudah mengajarkan si kecil untuk sleep training. MAKUKU SAP Diapers Slim Care dapat dibeli di offline store toko bayi kesayangan moms atau di MAKUKU official online store. Takut Ruam Popok, Pakai MAKUKU! (Aq/MKK)

MAKUKUSAPDiapersSlimCare

sleeptraining

manfaatsleeptraining

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment