Lebih Peka Yuk! Ini Ciri-Ciri Ruam Popok Akan Sembuh

Lebih Peka Yuk! Ini Ciri-Ciri Ruam Popok Akan Sembuh

written by : MAKUKU - 16 Sep 2022

Viewed : 81 times  Read duration : Page Views : 814 times

Meski orang tua sudah menjaga kebersihan area genital dan rutin mengganti popok, terkadang ruam popok bisa juga terjadi. Ruam popok merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada bayi baru lahir hingga balita. Masalah ruam popok pada bayi membutuhkan perawatan khusus agar kondisinya tidak semakin memburuk. Tidak selalu membutuhkan penanganan dokter, bila dirawat dengan benar ruam popok dapat membaik. Untuk itu, mom dan dad harus lebih peka terhadap ciri-ciri ruam popok yang menunjukkan akan sembuh.

Penyebab ruam popok yang jarang disadari oleh orang tua adalah kebiasaan membiarkan si kecil menggunakan popok yang penuh urine terlalu lama. Adanya gesekan antara popok dengan kulit si kecil yang masih tipis. Serta adanya infeksi jamur, bakteri dan reaksi alergi pada popok. Risiko ruam popok juga meningkat pada bayi saat berusia 9 sampai 12 bulan. Semakin bertambahnya usia si kecil makai a akan semakin sering buang air. Si kecil pun rentan terkena ruam popok saat mulai MPASI atau makan makanan padat dan bayi yang masih menyusu.

Sedangkan gejala ruam popok pada umumnya terdapat ruam merah di bokong si kecil. Kulitnya terdapat bintik-bintik merah dan gatal. Pada kasus yang parah, gejalanya demam, kulit melepuh, mengelupas dan ruam dapat meluas. Ruam popok biasanya akan sembuh dalam 3-5 hari setelah pemakaian popok lebih sering diganti dari sebelumnya. Bila ruam popok terjadi lebih dari rentang waktu tersebut tidak kunjung membaik maka kemungkinan besar ruam popok terjadi akibat infeksi jamur atau bakteri.

Dampak Ruam Popok pada Kesehatan Bayi

Ruam popok dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari bayi. Ini dapat menyebabkan bayi lebih sering menangis dan gelisah, mengganggu pola tidurnya, dan bahkan mengurangi frekuensi buang air kecil dan besar.

Tanda-tanda Ruam Popok pada Bayi yang Perlu Dikenali

  1. Kulit Merah di Area Bokong atau yang Terkena Popok
  2. Kemungkinan Bintik-bintik dan Lepuhan Kulit Terlihat
  3. Sensasi Hangat pada Ruam
  4. Kulit Menjadi Kering dan Bersisik
  5. Terjadi Rasa Gatal dan Perih
  6. Bayi Menunjukkan Tanda Gelisah dengan Tangisan Lebih Sering

Ini loh mom dan dad ciri-ciri ruam popok si kecil akan sembuh

Selain mengetahui apa saja penyebab ruam popok dan bagaimana gejalanya, mom dan dad juga perlu mengetahui ciri-ciri ruam popok akan sembuh agar dapat pulih dengan cepat.  Berikut ini ciri-ciri ruam popok akan sembuh:

1. Bintik merah pada kulit si kecil mulai memudar

Gejala yang ditimbulkan dari ruam popok adalah bintik merah pada kulit si kecil. Bintik merah ini muncul di area sekitar bokong dan area kulit yang tertutup oleh popok. ciri ruam popok menuju kesembuhan yakni bintik merah pada kulit mulai memudar. Dimana bila kondisi kulit si kecil tetap kering dan tidak lembab, maka dapat mempercepat proses penyembuhan. Mom dan dad bisa lebih sering mengganti popok si kecil tanpa harus menunggu popok penuh dan lembab.

2. Kemerahan pada ruam perlahan berkurang

Bintik merah yang muncul saat ruam popok disertai dengan kulit yang memerah sekitar ruam. Di awal gejala ruam popok pun biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit si kecil. Jadi, bila kemerahan pada ruam kulit ini perlahan berkurang, itu tandanya ruam popok si kecil akan segera membaik. Namun, bila kemerahan ruam popok terjadi lebih dari 3 hari dibarengi dengan munculnya gejala lain yang membuat si kecil tampak tidak nyaman, sebaiknya mom dan dad memeriksakan kondisi si kecil ke dokter.

3. Kulitnya kembali halus

Bayi memiliki kulit yang tipis, lembut dan halus. Namun, kehalusan kulit si kecil dapat terganggu saat ruam popok melanda. Setelah beberapa hari terkena ruam dan mulai membaik, maka kulit si kecil akan kembali halus. Cara mengetahuinya cukup menyentuh lembut bagian kulit si kecil. Pastikan tangan mom dan dad dalam keadaan bersih saat meraba kulit si kecil. Setelah kulit si kecil kembali normal dan halus seperti semula, jagalah kulit si kecil tetap kering dengan rutin mengganti popok.

4. Si Kecil tidak lagi rewel

Ruam dapat menyebabkan gatal dan rasa kurang nyaman pada si kecil. Tidak heran saat si kecil mengalami ruam ia akan lebih rewel dari biasanya. Tapi, setelah ruam popok membaik dan gejala mulai berkurang, itu dapat membuat si kecil sedikit lebih nyaman. Sehingga si kecil tidak akan rewel lagi. Mom dan dad pun akan merasa lebih tenang melihat si kecil kembali ceria.

Berapa Lama Ruam Popok Biasanya Sembuh?

Biasanya, ruam popok akan sembuh dalam 2-3 hari dengan perawatan yang tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membersihkan area kulit yang terkena popok dengan lembut menggunakan air hangat dan memastikan kulit benar-benar kering sebelum mengganti popok.

Jenis popok yang efektif mengurangi ruam popok

Saat ini banyak orang tua yang lebih memilih menggunakan popok sekali pakai untuk anaknya. Karena dianggap lebih praktis dan mudah dibawa kemana-kemana. Menggunakan popok sekali pakai berarti harus ekstra memerhatikan kondisi popok selama dipakai oleh si kecil. Selain itu, pastikan mom dan dad memilih popok yang terbuat dari bahan berkualitas baik. Serat memiliki fitur yang dapat mendukung kesehatan kulit si kecil.

Salah satu popok yang direkomendasikan oleh expert adalah MAKUKU SAP Diapers Slim. Popok MAKUKU ini adalah pelopor popok dengan teknologi baru struktur inti SAP atau super absorbent polymer dan pertama di Indonesia. Struktur inti SAP ini membuat popok MAKUKU anti gumpal, super tipis dan ekstra kering. Keunggulan popok MAKUKU cukup ideal dalam menjaga kesehatan si kecil karena efektif mengurangi ruam popok. MAKUKU SAP Diapers Slim ini dirancang untuk mencegah kebocoran dengan tambahan fitur lainnya seperti permukaan berongga dan berstruktur 3D, memiliki sirkulasi dua arah, dan indikator urine.

Bahkan untuk bayi baru lahir, MAKUKU SAP Diapers Slim yang berukuran NB memiliki kelebihan bentuk U Shape. U shape pada karet pinggang popok bagian depan berbentuk melengkung yang tidak akan mengenai tali pusar bayi baru lahir yang belum lepas. Jadi, U shape pada MAKUKU SAP Diapers ini dapat membantu orang tua khususnya new parents dalam merawat tali pusar bayi baru lahir.

Setelah mendapatkan sambutan yang positif dengan MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk. Dalam waktu dekat MAKUKU berencana akan mengeluarkan popok yang begitu lembut. Popok MAKUKU yang baru ini nantinya juga akan menghadirkan fitur yang belum pernah dimiliki oleh popok lainnya.

Jadi, takut ruam popok pakai MAKUKU. Buat mom dan dad yang penasaran dengan popok MAKUKU terbaru, jangan lupa follow Instagram @makuku.indonesia.official dan website makuku.co.id ya. (Aq/MKK)

ruampopok

POPOKSAP

STRUKTURINTISAP

CEGAHRUAMPOPOK

PELOPORPOPOKSAP

TakutRuamPopokPakaiMAKUKU

ciriruampopok

ruampopoksembuh

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Imlek 2024, Yuk Cek Shio SI Kecil Disini

Imlek 2024: Cek Shio Si Kecil di Sini! Rayakan Tahun Baru dengan Liburan Keluarga. Temukan Info Terbaru dan Hari Libur Spesial.

MAKUKU
2024-02-07 13:41:25
0 Comment
GAYA HIDUP
10 Ide Kado Valentine 2024 untuk Orang Tercinta

Temukan tren terbaru kado Valentine 2024! pilih hadiah istimewa yang akan memukau hati orang tersayang. Cari inspirasi di sini

MAKUKU
2024-02-05 14:51:50
0 Comment