Lagi Program Hamil? Ini 6 Langkah Mempersiapkan Kehamilan

Lagi Program Hamil? Ini 6 Langkah Mempersiapkan Kehamilan

written by : MAKUKU - 12 Jul 2022

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 467 times

Sebagian besar pasangan suami istri mendambakan kehadiran momongan di tengah keluarga kecil. Tidak heran jika pasangan suami istri melakukan promil agar sang istri cepat hamil. Supaya persiapan kehamilan berjalan lancar dan janin dalam rahim sehat, ada beberapa langkah mempersiapkan kehamilan.

Mempersiapkan kehamilan, baik kehamilan pertama atau kedua menjadi momen yang spesial dan paling ditunggu. Sehingga mom dan dad perlu mempersiapkan diri untuk kelancaran di masa kehamilan. Mempersiapkan kehamilan bisa dimulai dari menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Persiapan kehamilan penting dilakukan agar tubuh mom siap untuk hamil dan tetap sehat selama 9 bulan mengandung. Selain itu, persiapan ini juga bertujuan untuk menurunkan risiko yang membahayakan kesehatan mom dan mencegah bayi lahir cacat. Berikut ini enam langkah mempersiapkan kehamilan:

Konsultasi dokter

Persiapan pertama yang dapat mom lakukan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan. Melakukan konsultasi ke dokter kandungan sangat penting dilakukan apalagi jika mom berusia 30 tahun ke atas atau memiliki Riwayat medis tertentu. Dokter kandungan akan memeriksa secara keseluruhan mulai dari kesehatan organ reproduksi dan hal lainnya.

Menjaga berat badan ideal

Berat badan menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kehamilan. Wanita dengan berat badan terlalu kurus atau gemuk dapat kesulitan untuk hamil. Untuk itu, penting bagi mom yang ingin hamil menjaga berat badan ideal. Dengan kata lain, hamil dengan berat badan ideal bisa memperbesar peluang kehamilan. Serta dapat mencegah komplikasi seperti diabetes atau hipertensi di masa kehamilan nantinya.

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Mempersiapkan kehamilan harus diimbangi dengan tubuh yang bugar dan sehat. Mulailah memperhatikan jenis asupan yang masuk tubuh. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gizi dan nutrisi seperti protein, serat, asam folat, kalsium, zat besi dan lainnya. Beragam nutrisi tersebut dapat mom peroleh dari sayuran, daging, buah, biji-bijian dan makanan rendah lemak. Hindari pula makanan yang berkalori tinggi namun tanpa nutrisi, mengandung pemanis buatan dan kafein. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat mengurangi risiko  bayi lahir cacat.

Mengonsumsi asam folat

Asam folat sangat membantu program hamil. Mom bisa mengkonsumsi asam folat dengan dosis 400 mg per hari. Mengonsumsi asam folat setidaknya 6 bulan sebelum hamil sangat dianjurkan dokter. Asam folat ini dapat membantu mencegah bayi lahir cacat. Asam folat bisa mom dapatkan dengan mengonsumsi suplemen asam folat.

Menerapkan pola hidup sehat

Susah hamil dan banyak komplikasi kehamilan yang disebabkan oleh buruknya pola hidup seperti kebiasan merokok, mengonsumsi alkohol dan kafein. Pola hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi cacat lahir. MOm dan dad juga bisa rutin mengonsumsi buah dan sayuran serta olahraga.

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi juga harus dipersiapkan sejak dini. Karena memilih kebutuhan dan perlengkapan yang terbaik untuk si kecil bukanlah perkara mudah. Salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah popok. Jangan sampai mom bingung memilih popok yang tepat untuk newborn. Popok khusus newborn yang paling direkomendasikan adalah MAKUKU Air Diapers Slim. Karena selain anti gumpal, popok MAKUKU ini juga memiliki bentuk U Shape yang dapat melindungi pusar bayi baru lahir. (Aq/MKK)

POPOKSAP

melahirkan

#persalinan

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

POPOKANTIGUMPAL

KEHAMILAN

KEHAMILANSEHAT

ibuhamil

SENAMHAMIL

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

MEMULAIERASAP

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

programhamil

promil

persiapankehamilan

kandungan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment