Kapan Menstruasi Pertama Setelah Melahirkan?

Kapan Menstruasi Pertama Setelah Melahirkan?

written by : MAKUKU - 30 Agt 2022

Viewed : 309 times  Read duration : Page Views : 2668 times

Selama mengandung 9 bulan, Mom tidak mengalami menstruasi atau haid selama waktu tersebut. Setelah melahirkan siklus yang terjadi setiap bulannya akan kembali datang. Namun, waktu menstruasi pertama pasca melahirkan pada setiap wanita berbeda-beda. Lalu, kapan normalnya Mom akan mengalami menstruasi pertama setelah melahirkan?

Biasanya mom akan mendapatkan menstruasi pertama setelah 40 hari pasca melahirkan atau setelah masa nifas selesai. Menstruasi pertama pada mom pasca melahirkan ini sebenarnya dipengaruhi oleh proses menyusui. Bagi mom yang menyusui si kecil dnegan konsisten maka menstruasi pertama biasanya akan tertunda hingga 8 minggu bahkan seterusnya. Inilah kenapa beberapa mom lainnya membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk menstruasi pertamanya. Menstruasi bisa terjadi kembali setelah mom berhenti menyusui si kecil.

Sedangkan pada ibu yang tidak menyusui bisa mendapatkan menstruasi 1-2 bulan setelah melahirkan. Hal yang harus diperhatikan jika mom sudah mengalami menstruasi  sekali setelah melahirkan tetapi tidak mengalami menstruasi pada bulan selanjutnya, maka kemungkinan hamil kembali sangat besar.

Setelah melahirkan siklus menstruasi pun bisa mengalami perubahan dengan sebelum melahirkan. Mungkin siklus datang bulan bisa lebih panjang atau bahkan lebih pendek. Menstruasi juga bisa berbeda seperti lebih sering mengalami kram, nyeri perut, aliran darah yang deras hingga siklus menstruasi yang tidak teratur. Semua hal tersebut tergantung pada kondisi kesehatan dan tubuh mom yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri kembali. Dan, jangan khawatir karena keluhan tersebut akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Selain itu, mom harus dapat membedakan antara pendarahan dengan menstruasi yang normal terjadi. Mom yang melahirkan secara caesar sangat rentan mengalami pendarahan. Pendarahan ini bisa berlangsung selama 6-8 minggu pasca melahirkan. Hal yang perlu diketahui bahwa pendarahan ini bukan termasuk menstruasi, melainkan lokia.

Lokia adalah darah normal yang keluar setelah melahirkan sebagai cara alami tubuh untuk membersihkan rahim. Darah lokia ini keluar cukup banyak selama masa nifas dan akan berkurang dalam hitungan hari atau minggu. Darah yang keluar berupa gumpalan darah atau aliran darah seperti menstruasi. Serta baunya pun normal seperti bau darah pada umumnya.

Untuk mom yang mendapati beberapa gumpalan darah yang cukup besar dan deras pada 24 jam setelah melahirkan tidak perlu panik. Sebab, tidak semua pendarahan yang keluar berbentuk cair. Darah yang membeku ini biasanya berasal dari jaringan yang di rahim dan saluran lahir. Pembekuan darah ini normal keluar saat rahim berkontraksi dan mengecil untuk kembali keukuran semula.

Nah, mom setelah mengetahui kapan menstruasi kembali terjadi setelah melahirkan dan bagaimana yang normal dan tidak, mom sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan bila meyakini ada yang tidak normal setelah melahirkan. (Aq/MKK)

melahirkan

KEHAMILAN

KESUBURAN

KESUBURANWANITA

MENSTRUASI

HAID

DATANGBULAN

PERIOD

kapanmenstruasisetelahmelahirkan

menstruasisetelahmelahirkan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment