Cara Menghitung Masa Subur Setelah Menstruasi Agar Cepat Hamil

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Menstruasi Agar Cepat Hamil

written by : MAKUKU - 24 Agt 2022

Viewed : 45 times  Read duration : Page Views : 669 times

Menghitung masa subur penting bagi wanita. Selain dapat menjadi tolak ukur kesehatan reproduksi, masa subur menjadi waktu yang tepat untuk berhubungan intim bagi suami istri. Berhubungan intim di masa subur dapat meningkatkan peluang kehamilan. Untuk menghitung masa subur pun gampang banget, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Menstruasi merupakan keluarnya darah dari vagina sebagai siklus bulanan pada wanita. Siklus ini terjadi pada wanita secara alami. Normalnya siklus menstruasi atau biasa dikenal dengan datang bulan ini berlangsung selama 21-35 hari. Namun tidak semua wanita mengalami hal tersebut, terkadang menstruasi bisa terjadi tidak teratur.

Pada siklus menstruasi atau haid akan ada fase ovulasi atau masa subur. Masa subur wanita sekitar 2-5 hari sebelum ovulasi. Oleh karena itu, sel telur akan dilepaskan dari ovarium dan harus segera dibuahi dalam waktu 12-24 jam. Sedangkan masa ovulasi setiap wanita berbeda-beda, tergantung pada lamanya siklus haid setiap bulannya. Rumus untuk menghitung masa subur wanita:

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Pada siklus menstruasi yang pendek misalnya 27 hari. Kurangi angka tersebut dengan 18 dan hasilnya adalah 9 hari. Angka inilah yang menjadi hari pertama masa subur.
 Sedangkan pada siklus menstruasi yang panjang misalnya 30 hari. Kurangi angka tersebut dengan 11 dan hasilnya 19 hari. Angka inilah yang menjadi hari terakhir masa subur.
Contohnya, bila mom mengalami siklus haid 28 hari maka ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 12-14 hari setelah haid hari pertama. Artinya, jika siklus haid mom rata-rata sekitar 27-30 hari maka masa suburnya adalah hari ke 9-19. Perlu dicatat, umumnya masa subur wanita dihitung dengan mengandalkan catatan atau analisis siklus menstruasi selama setidaknya 8 bulan terakhir.

Nah, tantangannya adalah durasi masa menstruasi wanita bisa berubah dari waktu ke waktu. Normalnya waktu haid wanita berlangsung selama 2-7 hari. Jadi, masa ovulasi mom bisa berbeda seminggu lebih cepat atau lebih lambat. Jika mom masih kesulitan menghitung masa subur, mom dan dad bisa mencoba berhubungan intim setiap 2-3 hari sekali.

Tanda-Tanda Wanita sedang dalam masa subur

Mom juga dapat mengetahui masa subur melalui tanda-tanda yang muncul saat masa subur setelah menstruasi. Masa subur wanita dapat diketahui dengan ciri-ciri:

  • Meningkatnya suhu basal tubuh
  • Nyeri akibat ovulasi
  • Perubahan pada air liur
  • Muncul lendir serviks
  • Merasa bergairah
  • Sensitivitas payudara

Tips Menjaga Kesuburan untuk Wanita

Mengetahui periode subur setelah menstruasi merupakan langkah penting bagi pasangan yang sedang berusaha untuk hamil. Untuk meningkatkan peluang keberhasilan, penting bagi Anda untuk aktif dalam menjaga kesehatan dan kesuburan Anda.

Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan memelihara gaya hidup sehat. Gaya hidup berperan besar dalam memengaruhi kondisi kesuburan dan bisa mempercepat proses kehamilan Anda.

1. Konsumsi Makanan Kaya Lemak Sehat

Produk olahan susu yang tinggi lemak sehat dapat memberikan dukungan signifikan pada kesuburan wanita. Berdasarkan penelitian, konsumsi susu dengan kandungan lemak yang cukup dapat mengurangi risiko infertilitas. Pastikan untuk memasukkan makanan seperti yoghurt atau keju rendah lemak dalam diet Anda.

2. Hindari Lemak Trans

Makanan yang mengandung lemak trans adalah musuh utama kesehatan dan kesuburan Anda. Jenis makanan ini, seperti makanan cepat saji, telah terkait dengan risiko gangguan ovulasi yang dapat menyebabkan resistensi insulin. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat dan hindari makanan yang mengandung lemak trans.

3. Pertahankan Pola Makan Seimbang

Asupan makanan dengan gizi seimbang adalah kunci untuk menjaga kesuburan. Pastikan diet Anda mengandung vitamin, serat, protein, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kualitas kesuburan Anda sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda konsumsi.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur selama satu jam setiap hari dapat membantu mengurangi risiko infertilitas. Namun, pastikan untuk menjaga intensitasnya agar tidak berlebihan, karena olahraga berlebihan dapat mengganggu kesuburan.

5. Kelola Stres

Mengelola stres adalah langkah lain yang sangat penting untuk menjaga kesuburan Anda. Stres dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh Anda, yang pada gilirannya dapat menghambat ovulasi. Stres yang berlebihan, kecemasan, atau depresi dapat berdampak negatif pada kualitas kesuburan Anda dan dapat mengurangi peluang hamil.

Begitulah cara mengetahui masa subur pada wanita, mom. Selain dengan metode-metode tersebut, mom bisa membeli alat tes masa subur untuk lebih memudahkan menentukan kapan masa subur dan masa ovulasi. Bila menstruasi tidak teratur dna disertai dengan beberapa keluhan akan lebih baik untuk melakukan konsultasi dengan dokter. (Aq/MKK)

KEHAMILAN

KESUBURAN

KESUBURANWANITA

programhamil

MASASUBUR

MENSTRUASI

HAID

CEPATHAMIL

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment