Bolehkah Ibu Menyusui Puasa Di Bulan Ramadhan?

Bolehkah Ibu Menyusui Puasa Di Bulan Ramadhan?

written by : MAKUKU - 7 Mar 2024

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 134 times

Bolehkah ibu menyusui puasa Ramadhan? Mungkin pertanyaan ini selalu muncul pada ibu yang masih menyusui menjelang bulan ramadhan. Banyak ibu menyusui yang memilih tetap berpuasa, namun ada pula yang memilih untuk tidak menjalankan ibadah tersebut.

Sebenarnya ibu menyusui diperbolehkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Namun demikian, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti kesehatan ibu dan bayi.

Syarat Berpuasa bagi Ibu Menyusui

Berpuasa bagi ibu menyusui memang menjadi perhatian tersendiri karena mereka harus memastikan bahwa kesehatan mereka dan bayi yang disusui tetap terjaga dengan baik. Pada dasarnya puasa amat dilakukan oleh ibu menyusui dan tidak akan mempengaruhi kualitas dan produksi ASI selama puasa. Namun, ibu menyusui harus memastikan bahwa asupan yang masuk ke tubuh cukup dan tepat. Sehingga dapat tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa.

Sebuah penelitian menyebutkan nutrisi yang terkandung dalam ASI ibu yang berpuasa tidak mengalami perubahan pada komposisi lemak atau nutrisi sebelum, selama atau setelah puasa. Bila ibu khawatir bahwa berpuasa dapat membahayakan kesehatan atau menyebabkan penurunan kualitas ASI yang signifikan, maka disarankan untuk tidak berpuasa.

Manfaat Puasa bagi Ibu Menyusui

Puasa memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu menyusui, meskipun dalam konteks ini harus diingat bahwa kesehatan ibu dan bayi harus selalu menjadi prioritas utama. Nah, bagi ibu menyusui wajib tahu nih manfaat puasa sebagai berikut:

Menjaga kesehatan jantung

Perlu diketahui bahwa puasa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah secara signifikan. Apabila kolesterol turun, maka dapat menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah. Dengan begitu, ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI selama puasa.

Menyehatkan sistem pencernaan

Ternyata sistem pencernaan akan berfungsi lebih baik lagi karena asupan makanan berhenti masuk ke tubuh selama kurang lebih 10 jam. Dengan puasa, ibu menyusui dapat memberikan waktu istirahat pada sistem pencernaan mereka dan mencegah masalah pencernaan.

Membantu menetralkan racun

Manfaat berpuasa bagi ibu menyusui adalah membantu menetralkan racun dalam tubuh. Karena saat berpuasa, ibu menyusui akan mengurangi asupan makanan yang tidak sehat. Dengan begitu, ibu menyusui membatasi asupan kalori kosong dan lemak jenuh. Artinya, tubuh Moms bisa menghasilkan enzim antioksidan untuk membersihkan racun yang berbahaya pada tubuh.

Mencegah penyakit diabetes

Tidak bisa dipungkiri jika menyusui dapat mendorong Moms untuk makan lebih banyak. Sehingga dapat memicu pola makan yang berlebihan serta memperbesar peluang terserang penyakit diabetes. Inilah kenapa, manfaat puasa bagi ibu menyusui dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

Menstabilkan emosi

Saat menyusui, perbahan hormone dalam tubuh bisa membuat Moms mudah marah dan gampang emosi. Nah, menjalankan ibadah puasa bisa membuat Moms lebih sabar dalam menahan amarah. Jadi, manfaat puasa bagi ibu menyusui yakni menstabilkan emosi.

Jadi, boleh tidak puasa ibu menyusui tergantung pada beberapa faktor yang telah disebutkan diatas. Pada dasarnya, ibu menyusui aman untuk berpuasa dan tidak akan mempengaruhi produksi ASI selama Ramadhan.

Agar ibadah puasa Moms tidak terganggu oleh si kecil yang rewel akibat ruam popok atau tidak nyaman dengan popok, pastikan Moms memberikan popok anti gumpal pertama di Indonesia yaitu MAKUKU SAP Diapers. MAKUKU SAP Diapers memiliki banyak varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan si kecil ya Moms. (Aq/MKK)

ibumenyusui

PUASA

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment