Berikut Tips Memilih Popok untuk Bayi Aktif

Berikut Tips Memilih Popok untuk Bayi Aktif

written by : MAKUKU - 24 Feb 2022

Viewed : 56 times  Read duration : Page Views : 623 times

Bayi yang aktif tentunya membawa kebahagiaan bagi moms and dad. Hal ini menandakan bahwa si kecil adalah anak yang sehat dan perkembangannya dalam kondisi yang prima. Sejalan dengan aktifnya si kecil, maka dibutuhkan pula popok yang memahami tumbuh kembang buah hati tercinta supaya si kecil selalu merasa nyaman dalam kondisi apapun.

Tips Memilih Popok Bayi yang Tepat untuk Bayi Aktif Bergerak

Lalu, popok seperti apa yang paling cocok bagi buah hati yang sedang aktif-aktifnya? Nah, berikut ini adalah tips untuk memilih popok untuk bayi aktif supaya moms and dad tidak salah pilih. Simak sama-sama, yuk!

1. Pilih Popok dengan Bentuk Celana

Saat ini, di pasaran terdapat dua jenis popok yang bisa moms and dad pilih untuk kenyamanan si kecil. Jenis yang pertama adalah popok dengan sistem perekat, sedangkan jenis kedua adalah popok dengan tipe celana. Bayi yang aktif bergerak sangat disarankan untuk memakai popok dengan tipe celana. Terlebih apabila bayi moms and dad sudah bisa menggulingkan tubuhnya kesana dan kemari.

Popok dengan sistem perekat memiliki risiko bocor karena popok sangat mudah bergeser apabila bayi moms and dad aktif bergerak. Beda halnya apabila si kecil menggunakan popok celana. Popok jenis ini memiliki karet yang elastis di bagian pinggang sehingga membuat popok celana tidak mudah bergeser walaupun si kecil sangat aktif bergerak.

2. Sesuaikan Ukuran Popok dengan Bobot Buah Hati

Selain jenis popok, hal lain yang harus jadi perhatian moms and dad adalah ukuran popok. Pastikan memilih popok yang sesuai dengan berat badan buah hati Anda. Bagi bayi yang baru lahir biasanya akan ada kode NB atau new born yang disematkan di bungkus popok. Popok ukuran NB ini cocok bagi bayi yang memiliki bobot kurang dari 5 kilogram.

Apabila si kecil mulai bertambah berat badan, ada baiknya moms and dad segera mengganti popok yang dipakai ke ukuran yang lebih besar. Setelah ukuran NB, maka Anda bisa menggunakan popok bayi ukuran S yang biasanya diperuntukkan bagi bayi dengan bobot badan 4-8 kilogram. Bobot bayi ini menjadi patokan untuk menghindari kebocoran pada popok akibat terlalu longgar terutama di bagian paha.

Selanjutnya berangsur-angsur moms and dad dapat mengganti ukuran popok sesuai dengan pertumbuhan si kecil. Di pasaran saat ini tersedia juga popok dengan ukuran M atau medium, L atau large, dan XL yang setingkat di atas ukuran L.

3. Pilih Popok yang Memiliki Karet Elastis di Bagian Samping

Buah hati yang aktif kadang membuat popok yang dipakai sering bergeser, terutama produk-produk yang tidak memiliki karet elastis di bagian samping kiri dan kanan. Popok yang sering bergeser ini pastinya rentan dengan kebocoran dan si kecil pun merasa tidak nyaman. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memilih popok yang memiliki karet elastis di bagian samping popok.

Karet elastis ini berfungsi sebagai pelindung samping yang mencegah kebocoran dari sela-sela kaki bayi. Selain karet elastis, biasanya produsen popok bayi yang aktif jugamenambahkan aneka teknologi supaya permukaan popok dapat cepat menyerap cairan sehingga tidak lembab dan mencegah terjadinya kebocoran.

4. Pastikan Bahannya Lembut dan Tidak Membuat Iritasi

Tantangan utama dalam menentukan popok bayi yang sesuai bagi si kecil adalah bahan pembuatnya yang lembut dan tentunya tidak membuat iritasi di kulit, terutama di area pantat. Kulit bayi yang sensitif rentan terjadi ruam-ruam apabila bahan pembuat popok tidak cocok dengan kulitnya. Ruam-ruam ini juga bisa terjadi apabila area kulit kurang mendapat aliran udara sehingga kulit bayi menjadi terlalu lembab. Tak ada salahnya Anda membeli popok kering terbaik seperti MAKUKU yang membuat kulit bayi tetap sehat.

MAKUKU SAP Diapers menggunakan bahan penyerap inti SAP atau Super Absorbent Polymer yang memiliki daya serap yang tinggi sehingga permukaan popok ekstra kering walaupun si kecil pipis dengan volume yang banyak. Bahan SAP ini tentunya akan membuat kulit bayi moms and dad senantiasa sehat dan terhindar dari iritasi kulit. Area kulit bayi yang tertutup popok juga bisa mendapat aliran udara yang baik dengan bahan SAP ini untuk mencegah timbulnya ruam-ruam.

Pilih Popok Tipis Sehingga Nyaman Dipakai

Tips selanjutnya dalam memilih popok untuk bayi aktif adalah sesuaikan desain popok dengan tubuh si kecil. Biasanya popok yang yang memiliki desain super tipis menjadi idola buah hati Anda. Popok dengan desain tipis biasanya mengikuti lekuk tubuh bayi dan tidak menggembung, sehingga nyaman untuk dipakai bergerak seaktif apapun.

MAKUKU SAP Diapers sangat mengerti kebutuhan buah hati Anda, oleh karena itu MAKUKU mendesain popok sekali pakai ini dengan ketebalan hanya 1,6 milimeter saja. Popok super tipis ini tidak akan terlihat tebal walaupun si kecil pipis dengan volume yang banyak, karena popo ini memiliki daya tampung maksimal. Bahan SAP yang digunakan memiliki stabilitas yang baik dan anti gumpal, sehingga memiliki daya serap stabilitas yang baik, sangat nyaman digunakan bagi bayi yang aktif bergerak. Bisa dibilang MAKUKU SAP Diapers ini lebih tipis dibandingan popok lainnya yang ada di pasaran saat ini.

Pilih Popok yang Memiliki Garis Indikator

Garis indikator yang terdapat di popok bayi menunjukkan tingkat kebasahan popok, moms and dad. Walaupun popok yang dipergunakan memiliki daya serap yang tinggi dan memiliki sistem anti bocor, bukan berarti Anda bisa membiarkan si kecil menggunakan popok yang sama dalam waktu lebih dari tiga jam. Anda wajib mengganti popok si kecil setiap dua sampai tiga jam.

Namun, kadang kala moms and dad lupa nih kapan terakhir memakaikan popok pada si kecil sehingga batas waktu tiga jam pun terlampaui. Nah, garis indikator ini memudahkan moms and dad untuk memantau apakah si kecil sudah waktunya ganti popok. Garis ini sangat mudah dilihat karena biasanya ada di bagian depan popok dan berubah warna saat popok si kecil sudah penuh air dan harus diganti.

Moms and dad sudah tahu kan popok seperti apa yang bisa moms and dad pilih untuk menunjang tumbuh kembang si kecil yang sedang aktif. Semua kriteria popok bagi bayi yang aktif itu bisa moms and dad temukan di MAKUKU SAP Diapers. Selain kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, MAKUKU SAP Diapers dengan struktur 3D ini dapat memberikan kelegaan sirkulasi udara baik bagi bokong bayi, serta tidak ada osmosis baik sehingga dapat menambah kenyamanan bagi si kecil. MAKUKU SAP Diapers bisa moms and dad temukan di MAKUKU Store Official yang tersedia di marketplace terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Orami, dan JD.ID. Jangan sampai salah pilih ya!

 

 

popokbayi

bayisehat

tips

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment