Berikut Tanda Melahirkan Pembukaan 1 yang Perlu Ibu Hamil Ketahui

Tanda Melahirkan Pembukaan 1 yang Perlu Ibu Hamil Ketahui

written by : MAKUKU - 22 Okt 2022

Viewed : 1038 times  Read duration : Page Views : 2655 times

Momen kelahiran adalah salah satu peristiwa yang sangat dinantikan oleh calon ibu. Dalam waktu yang tidak lama lagi, mereka akan segera bertemu dengan bayi yang sudah lama dinanti-nantikan. Bagi sebagian ibu hamil yang mengandung anak pertama, proses menuju kelahiran bisa menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan karena mereka belum pernah mengalaminya sebelumnya.

Banyak dari mereka yang mungkin belum familiar dengan tanda-tanda pembukaan 1 yang sering kali tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Tanda-tanda ini mencakup mengukur pembukaan, seperti berapa sentimeter lebar leher rahim saat proses pembukaan berlangsung. Selain itu, ibu hamil juga mungkin mengalami rasa sakit yang berbeda-beda selama kontraksi, serta melihat keluarnya lendir sebagai salah satu ciri-ciri pembukaan. Semua proses ini adalah bagian penting dari pengalaman melahirkan, terutama ketika mencapai pembukaan 1 cm yang pertama kali dialami.

5 Tanda Melahirkan Pembukaan 1 Yang Wajib Ibu Tahu

Selain mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyambut si buah hati, Anda perlu mengetahui beberapa tanda melahirkan pembukaan 1. Bagi yang belum mengetahui, Anda tidak perlu khawatir berikut ini beberapa tanda melahirkan pembukaan 1 yang perlu Anda ketahui.

1. Lebih Mudah Bernafas 

Pada masa kehamilan usia 4 bulan hingga 7 bulan, biasanya ibu hamil akan terasa sulit untuk bernafas. Hal tersebut dikarenakan janin yang masih berada di bagian atas akan menekan jalan pernafasan sehingga Anda akan kesulitan dalam bernafas. 

Namun, ketika kelahiran tiba Anda akan merasakan tanda dimana Anda akan lebih mudah dalam bernafas. Hal tersebut disebabkan bayi sudah mulai turun kebawah dan tidak lagi menekan bagian paru-paru maupun sistem pernafasan. Ketika Anda sudah bisa bernafas lega dan berbeda dari sebelumnya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan untuk melakukan pengecekan karena waktu melahirkan sudah semakin dekat. 

2. Intensitas Keputihan Semakin Banyak 

Selama masa kehamilan khususnya pada usia 6 bulan keatas, Anda akan merasakan keputihan yang cukup deras keluar. Keputihan tersebut normal terjadi untuk mempersiapkan jalan lahir agar persalinan nanti lebih mudah dan lancar. 

Ketika Anda sudah mendekati waktu melahirkan, Anda akan mengalami tanda keputihan yang keluar semakin banyak. Keputihan yang semakin banyak tersebut berguna untuk membersihkan vagina Anda dan mempersiapkan jalan lahir bayi. 

3. Flek Coklat Dan Bercak Darah 

Tanda-tanda melahirkan pembukaan 1 yang lainnya yaitu keluarnya flek coklat atau bercak darah berwarna merah muda. Saat flek tersebut muncul pada usia kehamilan 9 bulan, Anda tidak perlu khawatir dan takut sebab hal tersebut bisa saja menjadi tanda-tanda waktu melahirkan semakin dekat. 

Pada pembukaan 1, rahim yang merupakan jalan lahir akan melunak, melebar, dan juga semakin tipis. Ketika jalan lahir tersebut semakin terbuka maka flek atau bercak darah akan keluar. 

4. Kenaikan Berat Badan Mulai Melambat 

Saat hamil, Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis pada tiap bulannya. Hal tersebut akibat adanya perkembangan janin dan juga air ketuban. Maka tak heran jika ketika hamil Anda akan bertambah berat badannya. 

Tanda yang dapat Anda rasakan ketika waktu melahirkan telah dekat yaitu berat badan Anda yang sudah tidak bertambah lagi. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan bayi sudah maksimal dan bayi sudah terbentuk dengan sempurna sehingga berat badan Anda semakin stabil. Ketika berat badan sudah tidak mengalami kenaikan, hal tersebut dapat menjadi salah satu tanda Anda hendak melahirkan dan sudah pembukaan 1. 

5. Kram Dan Kontraksi 

Tanda melahirkan pembukaan 1 yang dapat Anda rasakan yaitu terjadinya kram dan kontraksi ringan. Kram dan kontraksi terjadi dan terasa seperti halnya perut yang mengencang seperti ada tekanan di daerah panggul. Ketika usia kehamilan Anda memasuki 9 bulan, kram dan kontraksi tersebut bisa jadi menjadi tanda melahirkan pembukaan 1. 

Itulah tanda melahirkan pembukaan 1 yang dapat Anda rasakan. Tentunya ketika sudah mendekati waktu melahirkan tiba seperti tanda-tanda tersebut pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Untuk popok terbaik, terlebih untuk bayi Anda yang baru lahir pastikan Anda menggunakan MAKUKU SAP Diapers Pro Care NB. Memiliki fitur “U” shape pada bagian tengah yang berfungsi untuk melindungi tali pusar bayi Anda. 

TandaMelahirkanPembukaan1

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 11:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 11:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 09:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 12:32:57
0 Comment