Bahasa Cinta Anak untuk Orang Tua, Si Kecil yang Mana?

Bahasa Cinta Anak untuk Orang Tua, Si Kecil yang Mana?

written by : MAKUKU - 16 Feb 2022

Viewed : 46 times  Read duration : Page Views : 462 times

Kasih sayang yang diberikan orang tua untuk anak-anak mungkin tidak terhitung. Begitu juga pada anak-anak yang ingin mengungkapkan rasa sayangnya pada orang tua. Namun sayangnya kerap kali para orang tua tidak menyadari hal ini karena para orang tua kurang memahami Bahasa cinta anak-anak.

Setiap anak memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Kualitas hubungan yang baik antara orang tua dan anak dapat membangun komunikasi yang lancar, kedekatan dan rasa saling percaya. Menurut Dr. Gary Chapman, konselor relationship sekaligus penulis seri buku Love Languages, setidaknya ada 5 bahasa cinta, yakni sentuhan fisik, kata-kata, waktu berkualitas, hadiah, dan tindakan. Yuk, simak penjelasannya.

Sentuhan fisik

Physical touch atau sentuhan fisik merupakan salah satu bahasa cinta anak. Si kecil akan merasa lebih nyaman saat mereka disentuh seperti mencium, memeluk, memangku, membelai atau mengusap kepalanya. Kesalahan yang sering kali dilakukan oleh orang tua adalah seiring bertambahnya usia anak, kebanyakan orang tua semakin jarang menunjukkan bahasa cinta dengan cara ini.

Kata-kata

Bahasa cinta satu ini bisa mommy dan daddy tunjukkan dengan memberikan pujian dan dukungan yang positif pada anak. Perlu diketahui bagi para orang tua bahwa anak-anak akan merasa mendapatkan kasih sayang jika orang tuanya sering memberikan afirmasi dengan kalimat positif. Anak-anak sangat sensitif dengan kata-kata, maka sebaiknya para orang tua harus dapat mengontrol kalimat yang diucapkan. Sebab, kalimat negative yang disampaikan pada si kecil dapat membekas dan memicu trauma.

Waktu berkualitas

Wajar jika orang tua sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan anak. Namun, setiap anak tentu senang jika orang tuanya dapat meluangkan waktu khusus untuknya walau hanya sebentar untuk bermain. Kebersamaan dengan si kecil ini bisa Anda lakukan dengan menemani mengerjakan PR atau sekadar bermain di halaman rumah. Ciptakan waktu yang berkualitas dengan si kecil, dengarkan dengan penuh perhatian saat si kecil bercerita karena mereka tidak hanya membutuhkan kehadiran fisik orang tuanya saja.

Hadiah

Memberikan sesekali si kecil hadiah tidaklah masalah. Hadiah yang bisa diberikan pada si kecil pun tidak harus berupa barang  yang mahal. Memberikan hal yang sederhana seperti snack kesukaannya pun dapat membuatnya merasa diperhatikan dan disayang oleh orang tuanya. Mommy dan daddy pasti ikut senang kan kalau mereka loncat kegirangan?

Tindakan

Tindakan adalah bukti nyata bahwa orang tua menyayangi si kecil dengan penuh cinta. Tindakan ini bisa berupa menawarkan bantuan saat si kecil kesulitan melakukan sesuatu, mendukung hobinya, membuatkan makanan kesukaannya, hingga menemani si kecil sampai tertidur lelap.

Sebagai orang tua tidak boleh mengabaikan pentingnya bahasa cinta untuk anak-anak. Setiap bahasa cinta yang ditunjukkan oleh orang tua sekecil apapun bentuknya dapat memberikan pengaruh yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Apalagi orang tua merupakan role model yang dapat ditiru oleh anak-anaknya. (Aq/MKK)

keluarga

orangtua

anakdanorangtua

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment