8 Tips Mudik Membawa Bayi Menggunakan Mobil

Ketahui tips mudik membawa bayi menggunakan mobil dengan aman dan nyaman disini

written by : MAKUKU - 14 Mar 2024

Viewed : 8 times  Read duration : Page Views : 66 times

Mudik atau pulang kampung bisa dibilang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap lebaran Idul Fitri. Momen mudik selalu menyenangkan dengan keluarga apalagi bersama si kecil. Namun, mudik membawa bayi menggunakan mobil tentu membutuhkan perhatian lebih terutama dalam perjalanan jauh.

Si kecil bisa saja bosan dan menjadi rewel saat perjalanan. Kalau sudah begini, pasti Moms and Dads kewalahan dan mudah emosi. Daripada perjalanan menjadi kurang mengenakan, penting persiapan dengan matang dan memahami kebutuhan bayi selama perjalanan mudik. MAKUKU akan memberikan beberapa tips persiapan mudik membawa bayi agar lancar dan nyaman.

Batas Usia Aman bagi Bayi untuk Dibawa Bepergian

Batas usia yang aman bagi bayi untuk dibawa bepergian tergantung pada beberapa faktor, termasuk kondisi kesehatan bayi, jenis perjalanan yang akan dilakukan, serta kenyamanan dan kebutuhan bayi itu sendiri.

Secara umum, bayi bisa mulai dibawa bepergian sejak mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat dan kemampuan untuk mengatasi perubahan lingkungan yang sedikit lebih baik. Ini biasanya terjadi sekitar usia 2-3 bulan, namun bisa berbeda-beda untuk setiap bayi.

Moms and Dads perlu memeprtimbangkan kesehatan Si Kecil sebelum membawa mereka bepergian apalagi mudik biasanya memakan waktu yang cukup lama. Pastikan bayi dalam kondisi sehat dan tidak sedang mengalami penyakit atau infeksi yang mungkin memperburuk kondisinya selama perjalanan.

Selain itu, perlu diketahui juga jika bepergian atau perjalanan jauh juga menjadi pengalaman yang menantang untuk bayi. Karena bayi Moms harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, suhu hingga rutinitas mereka. Itulah kenapa, para orang tua harus memastikan bahwa Si Kecil sudah cukup matang untuk menghadapi perubahan tersebut dengan baik.

Tips Mudik Membawa Bayi

Siapa sih yang nggak mau perjalanan mudiknya berkesan bersama si kecil? Semua orang tua pasti ingin si kecil merasa senang dan nyaman selama dalam perjalanan mudik. Momen tersebut bisa menjadi kenangan tersendiri bagi keluarga Moms and Dads. 

Nah, untuk mewujudkannya, Moms and Dads dapat mencoba 8 tips persiapan mudik membawa bayi berikut ini:

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Sebelum memulai perjalanan, buatlah rencana perjalanan yang matang. Tentukan rute perjalanan yang akan diambil, jarak tempuhnya, serta lokasi-lokasi berhenti yang strategis untuk istirahat dan mengisi bahan bakar.

2. Persiapkan Perlengkapan Bayi dengan Cermat

Pastikan Moms membawa semua perlengkapan bayi yang dibutuhkan selama perjalanan seperti popok anti gumpal dari MAKUKU, selimut, pakaian ganti, susu, makanan bayi, botol minum, mainan, tisu basah, hand sanitizer dan obat-obatan P3K jika diperlukan.

3. Tetapkan Waktu Perjalanan yang Tepat

Cobalah untuk memulai perjalanan pada waktu yang tepat, idealnya saat bayi sedang tidur atau dalam keadaan santai. Hindari perjalanan pada jam-jam sibuk atau saat cuaca buruk agar tidak terjebak macet dan mencegah bayi bosan di mobil.

4. Pastikan Kondisi Mobil dalam Keadaan Baik

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi mobil Dads dalam keadaan baik. Periksa ban, cairan mesin, dan pastikan juga membawa perlengkapan darurat seperti ban cadangan, dongkrak, dan segitiga pengaman.

5. Gunakan Kursi Bayi yang Aman

Pastikan Si Kecil menggunakan kursi mobil (Car Seat) yang sesuai dengan usia, berat, dan tinggi badannya. Pasang kursi bayi dengan benar dan pastikan sabuk pengaman terkunci dengan baik.

6. Siapkan Hiburan Untuk Bayi

Si Kecil mudah bosan, untuk itu Moms perlu membawa mainan atau perangkat hiburan yang disukai bayi untuk menghibur mereka selama perjalanan. Musik, buku cerita, atau mainan gantung di kursi mobil dapat membantu mengalihkan perhatian bayi.

7. Jadwalkan Berhenti Secara Rutin

Rencanakan berhenti secara rutin untuk istirahat, memberi makan bayi, dan mengganti popoknya. Berhenti setiap 2-3 jam atau sesuai kebutuhan bayi untuk memberikan kesempatan pada mereka untuk bergerak dan istirahat.

8. Perhatikan Kenyamanan Bayi

Selama perjalanan, perhatikan kesejahteraan bayi secara terus-menerus. Jika mereka rewel atau menangis, berhenti sejenak untuk menenangkan mereka dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.

Yang terpenting adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan memprioritaskan keselamatan serta kenyamanan bayi selama perjalanan. Semoga tips persiapan mudik membawa bayi menggunakan mobil membantu Moms and Dads di perjalanan. (Aq/MKK)

TIPSMUDIK

PUASA

lebaran

persiapanmudikmembawabayi

mudik

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment