8 Cara Melatih Anak Puasa Ramadhan Untuk Pertama Kali

Inilah Cara Melatih Anak Puasa Ramadhan Untuk Pertama Kali yang Bisa Dicoba Di Rumah

written by : MAKUKU - 5 Mar 2024

Viewed : 12 times  Read duration : Page Views : 124 times

Memperkenalkan si kecil pada praktik berpuasa Ramadhan adalah momen berharga yang membutuhkan pemahaman, kesabaran, dan dukungan. Namun, mungkin beberapa diantara Moms and dads ada yang kebingungan bagaimana cara mengajarkan anak puasa. Dan, kapan waktu yang tepat untuk melatih anak mulai berpuasa. Nah, kita akan membahas tips melatih anak puasa di bulan Ramadhan untuk pertama kalinya.

Kapan anak-anak boleh diajarkan untuk berpuasa?

Waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan anak-anak untuk berpuasa bisa bervariasi tergantung pada pertimbangan individu, kesehatan, dan kematangan anak. Setelah menginjak usia 4 tahun anak boleh saja diajarkan mulai berpuasa dengan berlatih selama 3-4 jam tanpa makan. Puasa anak mulai usia tujuh tahun ini boleh dikerjakan setengah hari atau penuh jika sanggup. Namun, ketika sudah memasuki usia 10 tahun, anak wajib berpuasa penuh sekalipun belum baligh.

Namun, secara umum ada beberapa panduan yang bisa dipertimbangkan. Seperti saat mereka menunjukkan minat dan kesadaran, si kecil mencapai usia yang ditentukan dan dukungan keluarga. Penting untuk memahami bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dan waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan mereka berpuasa bisa bervariasi. Penting juga untuk memastikan bahwa pengajaran puasa dilakukan dengan pengertian, kesabaran, dan dukungan penuh dari orang tua dan keluarga.

Cara Melatih Anak Puasa Ramadhan

Melatih anak untuk berpuasa Ramadhan untuk pertama kalinya adalah suatu proses yang membutuhkan kesabaran, pemahaman, dan dukungan dari orang tua atau wali. Berikut adalah beberapa cara mengajarkan anak puasa:

1. Berikan Pemahaman

Jelaskan kepada anak tentang pentingnya puasa dalam agama Islam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Gunakan bahasa yang sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman anak. Moms juga bisa menjelaskan dengan mudah bahwa puasa itu artinya tidak boleh makan dan minum setelah imsak sampai waktu berbuka saat Maghrib.

2. Mulailah dengan Puasa Sebagian Hari

Untuk anak yang masih kecil atau baru pertama kali berpuasa, mulailah dengan memperkenalkan puasa secara bertahap. Misalnya, biarkan mereka mencoba untuk berpuasa setengah hari atau beberapa jam pada awal bulan Ramadhan. Tujuannya agar si kecil tahu bagaimana cara berpuasa dan perlahan-lahan akan meningkat seiring kebiasaan berpuasa.

3. Suasana Puasa yang Menyenangkan

Agar selama berpuasa si kecil tidak bosan dan mengeluh, moms bisa menciptakan suasana yang menyenangkan selama berpuasa. Misalnya melakukan aktivitas positif, membaca buku, mengaji atau olahraga ringan.

4. Contohkan Sendiri

Biasanya anak akan mengikuti dan meniru apa mereka lihat langsung. Jadi, untuk Moms and Dads bertugas untuk memberikan contoh pada si kecil bagaimana cara berpuasa. Jadilah teladan yang baik dengan berpuasa bersama anak-anak. Ini akan memberikan mereka motivasi dan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan puasa mereka.

5. Berikan Makanan Kesukaannya Saat Sahur

Pastikan si kecil mendapatkan makanan sahur kesukaannya yang bergizi dan mengandung energi yang cukup untuk menjalani puasa sepanjang hari. Hindari makanan yang terlalu berat atau berlemak.

6. Ajarkan Cara Menangani Rasa Lapar dan Haus

Ajarkan si kecil cara-cara untuk mengatasi rasa lapar dan haus selama berpuasa, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan air secara cukup saat berbuka. Hal ini pun berguna untuk memenuhi kebutuhan asupan penting bagi tubuhnya.

7. Beri Pujian dan Dorongan

Beri pujian kepada anak setiap kali mereka berhasil menyelesaikan puasa dengan baik. Berikan dukungan mereka untuk tetap berusaha meskipun ada tantangan yang dihadapi. Meski puasa si kecil baru bisa bertahan beberapa jam saja, berikan mereka pujian atas usahanya.

8. Berikan Istirahat yang Cukup

Pastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan Ramadhan agar mereka tetap bugar dan mampu menjalani aktivitas sehari-hari serta menjalankan ibadah dengan baik. Biasanya, istirahat yang kurang membuat si kecil mudah rewel.

Dengan memberikan dukungan, pemahaman, dan contoh yang baik, Moms and dads dapat membantu si kecil menyelesaikan puasa Ramadhan dengan baik dan meraih manfaat spiritual dari pengalaman tersebut. (Aq/MKK)

Caramengajarkananakpuasa

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment