Tips Menjaga Kesehatan Mental Seorang Ibu yang Bekerja

Yuk Temukan Tips Menjaga Kesehatan Mental Seorang Ibu yang Bekerja di Artikel Ini

written by : MAKUKU - 18 Okt 2023

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 69 times

Menjaga kesehatan mental seorang ibu yang bekerja adalah hal yang sangat penting, karena peran ganda sebagai ibu dan pekerja bisa menimbulkan stres dan tekanan tambahan. Melihat persoalan ini, MAKUKU bersama Tanti Kusmiati, Amd.TW., S.Psi., M.Psi. yang juga merupakan Psikolog dari RS Sari Asih mengadakan Instagram Live dnegan tema Tetap waras Menjadi Ibu Siaga Sambil Bekerja pada 18 Oktober 2023.  Sekaligus memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia, berikut ini ulasannya:

Apakah setelah bekerja, seorang ibu bisa berubah menjadi “tidak waras”?

Kesehatan mental merupakan tanggung jawab semua, baik pasangan, keluarga hingga pemerintah. Menjaga kesehatan tetap sehat agar dapat bisa bekerja dan berfungsi secara sosial. Bahkan gangguan kesehatan mental kemungkinan bisa dialami oleh siapapun, baik ibu pekerja atau tidak karena masing-masing memiliki beban dan tanggung jawab yang sama.

Seberapa penting menjaga kesehatan mental pada ibu bekerja?

Sangat penting menjaga ksehatan mental ibu bekerja. Karena saat kesehatan mental ibu pekerja terjaga dnegan baik maka dapat melakukan segala sesuatu dengan baik juga. Sedangkan jika kesehatan mental seseorang terganggu, maka mereka akan cenderung lebih mudha marah, interkais sosia menjadi kurang baik dan semua pekerjaan kantor ataupun rumah menjadi terbengkalai. Disamping itu, kesehatan fisik juga perlu dijaga untuk menyeimbangkan kesehatan mental pada seseorang.

Gangguan kesehatan mental apa saja yang sering dihadapi ibu pekerja?

Biasanya hal yang sering terjadi pada ibu pekerja adalah stres dan depresi. Akibatnya, banyak  permasalahan yang dihadapi baik dirumah atau kantor belum terselesaikan dan akhirnya membuat tertekan. Stres atau depresi yang tidak teratasi dengan baik ini dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan mental pada seseorang.

Faktor apa saja yang menyebabkan ibu pekerja rentan mengalami gangguan kesehatan mental?

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental. Salah satunya adalah bagaimana ibu pekerja menyelesaikan permasalahannya dan kurangnya pengakuan terhadap dirinya sendiri. Serta kurangnyarasa empati dari orang sekitarnya, misalnya suami yang kurang memahami kondisi istrinya. Ditambah lagi, kurangnya komunikasi dan kurangnya perhatian yang membuat mereka merasa sendiri dan berujung ke masalah psikologi.

Adakah ciri tertentu ibu pekerja yang mengalami gangguan kesehatan mental?

Bisa diamati dari perubahan perilaku yang cenderung diam atau sebaliknya. Mudah merasa gelisah saat menghadapi masalah yang sebenarnya jika dalam kondisi normal bisa diselesaikan dengan mudah. Selain itu, ciri lainnya adalah sulit tidur atau banyak tidur. Sedangkan terkait pola makan ada yang cenderung banyak makan, frekuensi dan kuantitinya bertambah. Namun, ada pula yang kurang sehingga berat badannya menruun dan tidak merawat diri. 

Tips membagi waktu antara pekerjaan dan tugas rumah tangga?

Idealnya, pekerjaan kantor sebaiknya diselesaikan dikantor dna tidka dibawa pulang. Sehingga waktu dirumah bisa dimanfaatkan hanya untuk anak dan keluarga. Lakukanlah dengan cara membuat daftar aktivitas untuk seharian agar lebih mudah mengatur waktu. Lalu, ibu bekerja juga bisa melakukan me time agar membuat diri sendiri berharga. Ketika diri mendapatkan penghargaan tersebut, maka ibu bekerja bisa merasa harga dirinya terangkat dan melakukan aktivitas rumah lebih rileks dan lebih baik lagi dalam berinteraksi dengan keluarga.

Kapan waktu yang tepat bagi ibu pekerja untuk konseling ke psikolog?

ketika seseorang sudah mulai tidak nyaman dengan dirinya sendiri, maka akan berpengaruh saat berinteraksi dengan orang lain. Jika gejala psikologis lainnya mulai muncul seperti merasa tidak mampu mengelola emosi dengan baik, terjadi gangguan tidur, pola makan yang berubah dan segala sesuatu yang diluar kebiasaan sering dilakukan.

Bagaimana bentuk support yang dibutuhkan oleh ibu pekerja?

Banyak yang bisa dilakukan untuk ibu bekerja. MIsalnya menanyakan kondisi istri yang sudah seharian beraktivitas hingga support psikologis lainnya seperti membantu pekerjaan rumah agar istri tidak merasa memikul beban sendirian. Banyak aktivitas untuk mendukung ibu pekerja, mulai dari teman bicara dan membantu meringankan pekerjaan.

 Tips dan trik agar kesehatan mental ibu pekerja tetap terjaga?

Awali setiap bangun tidur dengan meditasi dan relaksasi untuk memberikan sugesti yang positif diri sendiri. Bersikap asertif untuk berani berkata tidak pada apa yang tidak ingin kita lakukan. Karena kita tidak punya kewajiban untuk menyenangkan semua orang. Kita juga bisa menyorytir teman dan lingkungan yang toxic harus dihindari. Kita tidak perlu berteman dengan orang yang membuat kita merasa tidka nyaman. Serta meluangkan waktu dengan bertemu dengan kerabat dan teman karena ini adalah support system yang baik serta tidak membandingkan kondisi kita dengan orang lain.

HariKesehatanMentalSedunia2023

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Kenapa Popok Bayi Harus Bersirkulasi Udara? Ini Penjelasan Dokter

Popok bersirkulasi udara dapat mengurangi risiko ruam popok. Disini dokter menjelaskan mengapa popok si kecil harus bersirkulasi udara yang baik.

MAKUKU
2024-01-30 11:40:52
0 Comment
AHLI
Hari Gizi Nasional: Trik Jitu Mengenalkan Makanan Pada Si Kecil

Berikan makanan bergizi pada MPASI Si Kecil. Dapatkan panduan pemberian MPASI yang tepat dari ahlinya agar tumbuh kembang si kecil optimal. Baca disini.

MAKUKU
2024-01-25 16:50:29
0 Comment