Tips Mempersiapkan Persalinan Sehat dan Lancar

Tips Mempersiapkan Persalinan Sehat dan Lancar

written by : MAKUKU - 25 Okt 2022

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 79 times

Setiap ibu hamil tentu menginginkan kehamilannya sehat dan persalinan yang lancar. Untuk mewujudkan persalinan yang sehat dan lancar, ibu hamil harus mempersiapkan diri selama kehamilan. Dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi serta hal lainnya yang dapat mendukung persalinan yang sehat, lancar dan tidak sakit. Nah, karena biasanya ibu hamil menjelang persalinan sering banget dilanda rasa khawatir, takut dan bingung apa saja yang perlu disiapkan. MAKUKU akan memberikan tips mempersiapkan persalinan yang sehat, lancar dan minim rasa sakit.

Konsultan dokter spesialis kandungan MAKUKU Indonesia, dr Yusuf menjelaskan seperti apa persalinan sehat yang didambakan oleh para ibu hamil. Persalinan sehat adalah kondisi dimana ibu yang melahirkan dalam keadaan sehat tanpa komplikasi dan bagaimana melahirkan bayi yang bugar. Dr. yusuf mengibaratkan kehamilan dengan membangun rumah. Saat membangun rumah tentu mom dan dad berkonsultasi lebih dahulu untuk membangun fondasi yang baik.

“Kalau kita mau membangun rumah tentu kita akan konsultasi dulu dengan insinyur. Begitu juga dengan kehamilan, kita harus mempersiapkan rumah yang nyaman bagi janin selama kandungan agar perkembangan dan pertumbuhannya baik,” jelas dr. Yusuf dalam talkshow di MB Fair Jakarta 2022 pada 14 Oktober 2022.

Apa saja yang harus dipersiapkan ibu hamil menuju persalinan yang sehat?

Perencanaan kelahiran ini biasanya mencakup apa saja kebutuhan menjelang persalinan, selama persalinan dan sesudah persalinan. Persiapan yang tepat menuju persalinan sehat ini bertujuan untuk mencegah ibu hamil mengalami kecemasan dan stres saat mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL). Berikut ini hal yang perlu dipersiapkan oleh ibu hamil menuju persalinan sehat seperti yang dijelaskan oleh dr. Yusuf:

1. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi merupakan langkah tepat dalam menjaga kesehatan kehamilan. Nutrisi untuk ibu hamil ini berguna untuk menjaga agar kehamilan berjalan lancar. Serta memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil dan janin untuk tumbuh kembang dalam kandungan. Adapun nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil adalah protein, asam folat, zat besi, kalsium, lemak, serat, vitamin A, B6, C, D, seng, dan yodium.

2. Olahraga

Tanpa persiapan yang memadai maka proses persalinan akan menyulitkan. Salah satu jenis persiapan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan berolahraga. Karena beberapa gerakan olahraga dapat membantu proses persalinan lebih lancar, menjaga tubuh ibu hamil tetap bugar dan teknik pernapasan yang sangat dibutuhkan terutama bagi ibu hamil yang berencana melahirkan secara normal.

Namun, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kondisi kehamilan apakah memungkinkan untuk berolahraga atau tidak. Serta pastikan olahraga tersebut aman dilakukan oleh ibu hamil.

3. Mencari informasi yang aman

Wajib bagi ibu hamil untuk belajar mengenali tubuh sendiri untuk mempersiapkan kehamilan minim rasa sakit. Pada dasarnya melahirkan memang menyakitkan, namun ibu hamil tidak perlu khawatir karena setiap tubuh wanita sudah dirancang untuk dapat melahirkan. Ibu hamil juga dapat mencari informasi bagaimana proses persalinan berlangsung untuk dapat menentukan metode apa yang paling tepat untuk melahirkan. Hal ini juga harus dikonsultasikan oleh dokter kandungan agar ibu hamil mendapatkan proses persalinan yang diinginkan dan aman.

4. Dukungan orang sekitar

Kehamilan bukan hanya soal tubuh ibu hamil dan janin. Tetapi juga tentang dukungan orang-orang sekitar terdekat seperti suami dan keluarga. Dukungan orang sekitar sangat penting dalam persiapan kelahiran. Dukungan orang sekitar ini dapat menjadi pengingat atau alarm agar ibu hamil memiliki kesadaran untuk tetap melakukan aktivitas fisik yang aman alias tidak mager atau males gerak selama kehamilan. Dukungan orang sekitar pada ibu hamil juga sangat berarti untuk mencegah depresi serta stres pada ibu hamil.

5. Rutin melakukan konsultasi

Selama kehamilan ibu hamil disarankan untuk rutin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Apakah janin mengalami gangguan kesehatan. Biasanya pemeriksaan ini berupa USG atau ultrasonografi yang dapat mendeteksi jenis kelainan pada janin. Ibu hamil disarankan melakukan USG sebanyak minimal 3 kali selama masa kehamilan.

Pentingnya Mempersiapkan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Selain mempersiapkan diri menjelang melahirkan, ibu hamil juga dapat mencicil persiapan bayi jika sudah memasuki usia kandungan 32 minggu. mulai dari kebutuhan pakaian, perlengkapan mandi hingga kebutuhan yang tidak kalah penting yaitu popok yang akan dipakai oleh si buah hati.

Kebutuhan popok ini sangat penting dipersiapkan dengan baik karena pastinya setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik dan yang pertama untuk si kecil. Jangan sampai orang tua salah memilih dan mengancam kesehatan bayi baru lahir yang masih rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk itu, pastikan orang tua memilih popok yang cocok untuk bayi baru lahir seperti MAKUKU SAP Diapers Pro Care.

MAKUKU SAP Diapers Pro Care merupakan pelopor popok dengan inti struktur SAP atau Super Absorbent Polymer yang dapat menyerap cairan si kecil dengan cepat dan merata. MAKUKU SAP Diapers Pro Care ini dirancang khusus untuk dapat memenuhi kebutuhan bayi terutama dalam mengurangi risiko ruam popok yang acap kali dialami oleh bayi baru lahir.

MAKUKU SAP Diapers Pro Care juga memiliki tiga keunggulan utama yaitu luxurious soft yakni permukaan lembut seperti sutra. Popok terbaru dari MAKUKU ini pun terbuat dari 4 lapisan inti SAP serta dilengkapi oleh bubble belt. Bubble belt ini merupakan fitur lembut menyerupai bubble di bagian karet pinggang untuk mencegah kemerahan pada pinggang bayi dna memberikan rasa nyaman ketika bayi menggunakan popok.

Di Kesempatan yang sama, Novita Utomo selaku Product Manager dari MAKUKU menjelaskan bahwa MAKUKU SAP Diapers Pro Care ini adalah popok yang cocok untuk bayi baru lahir. Selain keunggulan yang disebutkan sebelumnya, MAKUKU SAP Diapers Pro Care ini memiliki desain U Shape. Fitur U Shape ini adalah lengkungan berbentuk U pada bagian depan popok yang berfungsi untuk melindungi tali pusar bayi baru lahir agar tidak terkena oleh popok. Mengingat pentingnya menjaga tali pusar bayi yang belum puput agar terhindar dari infeksi.

“Jadi para orang tua tidak perlu khawatir lagi saat si kecil yang baru lahir menggunakan popok. Dengan fitur U Shape pada popok MAKUKU SAP Diapers Pro Care ini, tali pusar bayi tidak tergesek-gesek dan moms tidak perlu repot melipat bagian depan popok,” tutup Novita. (Aq/MKK)

popokbayi

bayibarulahir

melahirkannormal

popokbayibarulahir

persiapanmelahirkan

TandaMelahirkan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment