Cara Menjaga Kulit Bayi Tetap Sehat Menurut Kemenkes

Cari Tahu Cara Menjaga Kulit Bayi Tetap Sehat Menurut Kemenkes Di Artikel ini ya Moms and Dads.

written by : MAKUKU - 23 Okt 2023

Viewed : 18 times  Read duration : Page Views : 77 times

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang berperan penting sebagai bagian pertahanan. Kulit berfungsi sebagai pelindug tubuh yang melindungi tubuh bagian dalam seperti tulang, organ, otot, sendi, saraf, pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh. Kulit juga berperan sebagai pelindung alami tubuh dari paparan radiasi, zat beracun, serta beragam virus, bakteri, jamur dan parasite penyebab inferksi. Untuk itu, sebaiknya kita menjaga kulit bayi yang masih lembut dan sensitif agar tetap sehat.

Kulit yang sehat dapat mendukung pertumbuhanh dan perkembangan balita. Karena kulit yang sehat membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan. Perlu diketahui juga bahwa kulit adalah tempat sintesis vitamin D, yang penting untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang yang sehat. ulit yang sehat juga berkontribusi pada kesehatan psikologis anak. Bayi yang merasa nyaman dalam kulit mereka akan lebih senang dan bahagia, yang juga mendukung perkembangan emosi dan sosial mereka. Jadi, itulah kenapa pentingnya memberikan perawatan kulit yang tepat sejak bayi.

Cara Menjaga Kulit Balita Tetap Sehat

Menurut dr. Ario Baskoro, MSc(IHM) sebagai Direktorat Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan pada acara MAKUKU di Posyandu terkait program Edukasi kesehatan dengan tema "Lembutnya MAKUKU, Buat Nyaman Anakku" mengatakan, menjaga kesehatan kulit pada balita adalah langkah awal dalam mengoptimalisasi tumbuh kembang anak. Dengan perawatan yang tepat maka si kecil dapat terhindari dari segala penyakit kulit.

“Menjaga Kesehatan Kulit Balita merupakan langkah awal dalam optimalisasi tumbuh kembang anak karena mereka akan terhindar dari penyakit kulit yang dapat menghalangi gerakan, mengurangi mood dalam pemberian makan, dapat mengganggu proses stimulasi dini perkembangan, serta dapat mengganggu waktu tidurnya” jelasnya dalam acara di Posyandu Puskesmas Pisangan Jakarta Timur pada 23 Oktober 2023.

Dalam rangka mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita, perawatan kulit yang baik dan kesadaran tentang perlindungan kulit sangat penting. Berikut ini cara menjaga kulit balita tetap sehat yang menurut dr Ario dari Kemenkes:

  1. Menggunakan produk perawatan kulit bayi yang berkualitas dan teruji klinis
  2. Mengurangi penggunaan air hangat saat mandi
  3. Mengeringkan badan bayi dengan benar
  4. Perhatikan kebersihan kain atau baju yang digunakan
  5. Rutin mengganti popok bayi
  6. Gunakan krim pelembab untuk bayi sebelum menggunakan popok, pada area pantat
  7. Pastikan bayi terhidrasi cukup Berikan ASI atau susu formula sesuai kebutuhan cairan si kecil.
  8. Perhatikan suhu ruangan Pastikan bayi dalam suhu yang optimal, tidak terlalu panas ataupun dingin, asalkan bayi merasa nyaman.
  9. Cuci tangan yang benar dengan Sabun sebelummenyentuh Kulit Bayi dan balita untuk mencegah infeksi yang ditularkan melalui tangan

MAKUKU Dry Care hadir di 3 Posyandu di Jabodetabek

MAKUKU mengadakan kolaborasi dengan posyandu lokal bukan tanpa alasan. MAKUKU ingin terus memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu mengenai kesehatan dan kebahagiaan bayinya, terutama terkait kesehatan kulit. Karena tidak semua orang tua mungkin sepenuhnya memahami pentingnya kesehatan kulit, terutama saat merawat anak-anak mereka. Namun, pemahaman tentang kesehatan kulit adalah bagian penting dari perawatan anak-anak yang menyeluruh.

Pada kesempatan ini, MAKUKU juga sekaligus memperkenalkan lebih dekat produk terbarunya MAKUKU Dry Care kepada ibu-ibu posyandu. Dimana nantinya, MAKUKU Dry Care ini akan dijual dalam kemasan regular dan kemasan renceng atau satuandi warung-warung terdekat. Sehingga bagi ibu-ibu posyandu yang ingin menggunakan MAKUKU Dry Care dapat dengan mudah mendapatkannya. MAKUKU Dry Care merupakan popok pilihan keluarga yang berkualitas namun harganya terjangkau.

MAKUKU Dry Care memiliki keunggulan diantaranya popok yang lembut, permukaan popoknya kering sepanjang hari siang dan malam karena memiliki popok memiliki daya serap yang tinggi, memiliki 3 sirkulasi udara, dan desain pinggang elastis yang mengikuti bentuk tubuh bayi. MAKUKU Dry Care tersedia dalam dua tipe yakni popok perekat (NB-S) dan popok celana (M, L, XL, XXL).

Selain edukasi bagaimana cara merawatan kesehatan kulit, MAKUKU juga mengadakan edukasi mengenai pijat bayi dengan penuh cinta yang dipandu oleh Bidan Dewi Aprilia. Para ibu di posyandu saat acara terlihat sangat antusias, mulai dari sesi tanya jawab hingga melakukan dance MAKUKU dengan jingle terbaru.

Setelah sukses mengadakan edukasi di Posyandung Puskesmas Pisangan Jakarta Timur. Selanjutnya, MAKUKU bersama Kemenkes dan tenaga professional lainnya akan mengadakan edukasi kesehatan kulit di Posyandu Cimanggis, Depok pada 31 Oktober 2023 dan Posyandu Botanica, Bekasi pada 9 November 2023. Sampai jumpa di posyandu berikutnya moms and dads! (Aq/MKK)

KESEHATANKULITBAYI

MAKUKUDryCare

Posyandu

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Kenapa Popok Bayi Harus Bersirkulasi Udara? Ini Penjelasan Dokter

Popok bersirkulasi udara dapat mengurangi risiko ruam popok. Disini dokter menjelaskan mengapa popok si kecil harus bersirkulasi udara yang baik.

MAKUKU
2024-01-30 11:40:52
0 Comment
AHLI
Hari Gizi Nasional: Trik Jitu Mengenalkan Makanan Pada Si Kecil

Berikan makanan bergizi pada MPASI Si Kecil. Dapatkan panduan pemberian MPASI yang tepat dari ahlinya agar tumbuh kembang si kecil optimal. Baca disini.

MAKUKU
2024-01-25 16:50:29
0 Comment