Lindungi Tali Pusat Bayi, MAKUKU Hadirkan Fitur Belly Button U-Shape Pertama Di Indonesia

Lindungi Tali Pusat Bayi, MAKUKU Hadirkan Fitur Belly Button U-Shape Pertama Di Indonesia

written by : MAKUKU - 4 Des 2023

Viewed : 49 times  Read duration : Page Views : 151 times

Tali pusat adalah jaringan ikat yang menghubungkan plasenta dan janin. Tali pusat ini berfungsi menyalurkan oksigen serta nutrisi untuk kelangsungan hidup janin selama dalam kandungan. Setelah lahir, tali pusat ini tidak lagi dibutuhkan oleh bayi. Jadi, tali pusat akan dipotong dan disisakan sedikit pada pusar bayi. Moms tenang saja, pemotongan tali pusat ini tidak akan menyakiti bayi.

Sisa tali pusat yang masih menempel di pusar bayi akan puput atau lepas dengan sendirinya. Selama menunggu tali pusat copot, moms harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan tali pusat. Sebab, tali pusat yang tidak dirawat dengan baik bisa memicu terjadinya infeksi dan komplikasi kesehatan lainnya.

Bahkan menurut WHO, angka kematian karena infeksi tali pusat sebesar 126.000 dari kelahiran hidup di Asia Tenggara. Infeksi tali pusat ini terjadi sekitar 23%-91% akibat tidak terawat. Pentingnya perawatan tali pusat bayi baru lahir ini membuat MAKUKU menciptakan inovasi terbaru yakni fitur belly button u-shape khusus newborn pertama di Indonesia.

Penghargaan Belly Button U-Shape Pertama di Indonesia

Fitur belly button u-shape yang terdapat di semua varian MAKUKU SAP Diapers ini mendapatkan penghargaan sebagai popok “Pertama di Indonesia dengan Fitur Belly Button U-shape Khusus Newborn” dari TRAS N CO dalam acara Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo (IMBEX 2023) pada tanggal 1-3 Desember 2023 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Selatan. Sebagai inovasi canggih dalam perawatan tali pusat bayi, acara ini juga dihadiri oleh dr. Desi Dewi Saraswati Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari Primaya Evasari Hospital.

Mengenal Fitur Belly Button U-Shape Pada MAKUKU SAP Diapers

Belly button u-shape adalah potongan berbentuk U pada bagian depan popok. Fungsi dari lengkungan berbentuk U ini untuk melindungi tali pusat bayi baru lahir dari gesekan popok. Sementara jika menggunakan popok biasa tanpa fitur ini, moms dan dads harus melipat bagian depan popok atau memotongnya agar tidak menutupi tali pusat dan terbuka terhadap udara.

Menurut dr. Desi, popok yang bersentuhan dengan tali pusat bayi bisa menjadi media berpindahnya bakteri dari urine atau kotoran bayi yang menyebabkan infeksi pada tali pusat. Ia menambahkan, popok dengan fitur belly button u-shape ini dapat menjadi pilihan tepat ibu untuk menjaga tali pusat tetap kering, tidak lembab dan tidak bergesekan langsung dengan popok. Sehingga MAKUKU SAP Diapers yang memiliki fitur belly button u-shape direkomendasikan sebagai salah satu cara merawat tali pusat bayi newborn.

Cara Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Tali pusat bayi akan lepas dengan sendirinya selama 3-14 hari, kondisi ini berbeda pada setiap bayi. Tali pusat bayi perlu dirawat dengan tepat dan benar untuk menurunkan atau mencegah risiko terjadinya infeksi pada tali pusat.

Merawat tali pusat bayi berarti menjaga agar luka tersebut tetap bersih, tidak terpapar oleh cairan urine, kotoran bayi atau kotoran lainnya. Bila terkena kotoran, luka tali pusat bisa dibersihkan dengan air bersih yang mengalir dan segera keringkan dengan kasa kering dan bersih. Selain menjaga kebersihan tali pusat bayi, berikut ini cara merawat tali pusat bayi baru lahir:

Jangan menutup tali pusat dengan apapun

Pihak rumah sakit akan membungkus tali pusat bayi untuk sementara waktu agar tidak menempel dengan kulit. Sesampainya di rumah, moms disarankan untuk membuka kasa tersebut agar terkena udara. Jangan menutup tali pusat bayi dengan apapun, baik popok atau pu kain kasa.

Hindari memberikan sesuatu pada tali pusat

Sebenarnya cara merawat tali pusar bayi yang tepat adalah dengan tidak memberikan apapun. Karena pada dasarnya tali pusat tidak membutuhkan apapun agar cepat kering dan puput. Jadi, hindari menggunakan alkohol, sabun, bedak, obat merah, ramuan herbal ataupun antiseptic.

Mandikan dengan air hangat

Gunakan kain waslap dengan air hangat untuk membersihkan area tali pusat bayi. Basuh tubuh si kecil dengan perlahan dan hati-hati. Hindari merendam tali pusat ke dalam air saat membersihkan bayi.

Menjaga kebersihan tangan

Sebelum membersihkan tali pusat bayi, pastikan tangan moms atau siapapun yang hendak membersihkan sudah cuci tangan hingga bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum memegang bayi atau merawat tali pusarnya.

Kesimpulan

Banyak cara merawat tali pusat bayi baru lahir, salah satunya dengan menggunakan popok berfitur belly button u-shape seperti pada semua varian MAKUKU SAP Diapers. Fitur Belly button u-shape ini dapat membantu mempermudah orang tua dalam merawat tali pusat bayi terhindar dari infeksi dan komplikasi lainnya. (Aq/MKK)

caramerawattalipusatbayi

bellybuttonushape

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
ULASAN PRODUK
Mom dan Dad, Ini Loh Perbedaan MAKUKU Kemasan Putih dan Hijau

Ada yang bertanya apa sih bedanya MAKUKU yang putih dan hijau? Sejak kehadirannya, MAKUKU telah mengeluarkan varian popok dengan kemasan putih dan hijau.

MAKUKU
2022-11-09 14:46:20
0 Comment
ULASAN PRODUK
Rekomendasi Jenis Popok Bayi, Ada Tipe Apa Saja Ya?

Rekomendasi popok bayi MAKUKU SAP Diapers menyediakan berbagai pilihan popok untuk bayi baru lahir hingga balita. Berikut 6 varian popok MAKUKU SAP Diapers!

MAKUKU
2023-05-23 17:31:22
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
ULASAN PRODUK
Daya Tampung MAKUKU Dry Care, Seberapa Besar Sih?

salah satu solusi popok bocor adalah daya tampung popok, Yuk ketahui daya tampung MAKUKU Dry Care disini.

MAKUKU
2023-12-14 14:15:14
0 Comment
ULASAN PRODUK
Lindungi Tali Pusat Bayi, MAKUKU Hadirkan Fitur Belly Button U-Shape Pertama Di Indonesia

Menggunakan popok berifutr belly button u-shape dari MAKUKU menjadi salah satu cara merawat tali pusat bayi dengan baik. Baca selengkapnya disini

MAKUKU
2023-12-04 16:52:51
0 Comment