3 Cara Mendapatkan Vitamin a Selain Di Posyandu

Temukan cara mendapatkan Vitamin A tanpa harus ke Posyandu. Tips kesehatan untuk asupan gizi optimal di luar fasilitas kesehatan resmi.

written by : MAKUKU - 23 Nov 2023

Viewed : 16 times  Read duration : Page Views : 86 times

Halo Moms and Dads! Kesehatan si Kecil tentu menjadi prioritas utama kita. Salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan anak adalah memastikan mereka mendapatkan cukup vitamin A. Meski Posyandu menjadi tempat umum untuk mendapatkan suplemen ini, ternyata ada beberapa cara lain yang tak kalah efektif. Mari kita bahas bersama-sama!

Manfaat Vitamin A

Sebelum masuk ke cara mendapatkan vitamin A, yuk kita bahas dulu pentingnya nutrisi ini untuk si Kecil. Vitamin A memiliki peran krusial dalam perkembangan mata, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan tulang. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk memastikan anak-anak mendapatkan asupan vitamin A yang cukup.

Referensi dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh mengungkapkan bahwa bulan Februari dan Agustus adalah bulan pemberian suplemen vitamin A dengan dosis yang disesuaikan dengan usia anak. 

Ada dua jenis suplemen yang disediakan, yakni suplemen kapsul berwarna biru dengan dosis 100.000 IU vitamin A untuk bayi berumur 6-11 tahun dan kapsul berwarna merah untuk anak berumur 12-59 bulan dengan posisi 200.000 IU vitamin A.

Cara Mendapatkan Vitamin A Selain di Posyandu

1. Fasilitas Kesehatan Terdekat

Jika jarak atau situasi tidak memungkinkan untuk pergi ke Posyandu, jangan khawatir! Moms and Dads masih bisa mendapatkan vitamin A untuk si Kecil di fasilitas kesehatan terdekat seperti rumah sakit, puskesmas, poskesdes/polindes, atau balai pengobatan. Biasanya, pemberian suplemen ini juga dilakukan secara gratis.

2. Klinik Praktik Dokter atau Bidan

Alternatif lain adalah mengunjungi klinik praktik dokter atau bidan. Dokter atau bidan akan memberikan dosis yang sesuai dengan usia si Kecil. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu agar dosis yang diberikan tepat dan aman.

3. Tempat Pendidikan

Sekolah, TK, dan PAUD juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan vitamin A. Beberapa institusi pendidikan mungkin memiliki program kesehatan yang mencakup pemberian suplemen ini. Tanyakan kepada pihak sekolah untuk informasi lebih lanjut.

Cara pemberian vitamin A

Mengutip dinkes.acehprov.go.id berikut cara pemberian kapsul pada bayi dan anak balita :

  1. Berikan kapsul biru (100.000 SI) untuk bayi dan kapsul merah (200.000 SI) untuk balita
  2. Potong ujung kapsul dengan menggunakan gunting yang bersih
  3. Pencet kapsul dan pastikan anak menelan semua isi kapsul dan tidak membuang sedikitpun isi kapsul.
  4. Untuk anak yang sudah bisa menelan dapat diberikan langsung 1 kapsul untuk diminum

Cara pemberian kapsul Vit A dosis tinggi pada ibu nifas :

  1. Diberikan segera setelah melahirkan dengan cara meminum langsung 1 (satu) kapsul
  2. Kemudian minum 1(satu) kapsul lagi 24 jam setelah pemberian kapsul pertama

Jadi, Moms and Dads, meskipun Posyandu menjadi tempat yang umum untuk mendapatkan vitamin A, masih banyak opsi lain yang dapat diakses dengan mudah. Pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya yang optimal. 

Dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan terdekat, klinik dokter, atau bahkan lewat pendidikan, kita dapat menjaga kesehatan si Kecil dengan baik. Ayo, jaga nutrisi anak-anak kita bersama-sama!

Posyandu

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
300 Nama Bayi Laki-laki Modern dan Artinya Penuh Makna

Temukan nama bayi laki-laki modern yang unik dan bermakna di sini. Pilihlah nama terbaik untuk si kecil dengan rangkaian nama modern kami.

MAKUKU
2023-11-06 15:34:01
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment