10 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

10 Rekomendasi Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

written by : MAKUKU - 28 Jul 2023

Viewed : 26 times  Read duration : Page Views : 375 times

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan penambah darah untuk mencegah anemia selama kehamilan. Selama masa kehamilan, ibu hamil memerlukan lebih banyak sel darah merah untuk mendukung kesehatan tubuhnya dan pertumbuhan janin. Sel darah merah memiliki peran penting dalam menyalurkan oksigen ke janin. Untuk menghasilkan sel darah merah, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan penambah darah untuk mencukupi asupan  zat besi, folat, vitamin B12, maupun vitamin C.

Semua nutrisi untuk ibu hamil tersebut pada dasarnya bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan bergizi. Bahkan apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat meningkatkan sekitar 40-60% volume darah dan oksigen untuk janin melalui plasenta. Akibatnya, jika ibu hamil tidak dapat memenuhi asupan penting tersebut maka rentan mengalami anemia. Itulah kenapa, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah darah untuk mencegah anemia.

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil rentan mengalami beberapa penyakit diantaranya anemia atau kekurangan darah. Namun, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena dapat membahayakan janin. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi makanan penambah darah. Berikut ini makanan untuk penambah Hb:

1. Bayam

Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil hingga dua kali lipat daripada wanita normal. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg per hari dan takaran tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Salah satu sayuran yang mengandung tinggi zat besi adalah bayam. Kandungan vitamin C pada bayam juga dapat membantu pembentukan sel darah merah.

2. Daging sapi

Daging sapi tanpa lemak juga menjadi salah satu pilihan makanan penambah darah untuk ibu hamil. Perlu diketahui, dalam 100 gr daging sapi mengandung sekitar 3 mg zat besi. Takaran tersebut dapat membantu memenuhi 30% asuan zat besi harian untuk ibu hamil. Saat mengonsumsi ini, pastikan daging sapi dimasak dengan baik dan matang sempurna agar tidak menyebabkan komplikasi pada ibu hamil.

3. Ikan

Selain daging, ikan juga dapat menjadi sumber makanan penambah darah untuk ibu hamil. Adapun jenis ikan yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah ikan kembung, tongkol, ikan kembung hingga salmon. Jenis ikan tersebut dikenal mengandung tinggi asam folat dan vitamin B12 yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

4. Telur

Makanan penambah darah untuk ibu hamil selanjutnya adalah telur terutama bagian kuningnya. Telur mengandung zat besi yang tinggi, protein dan lemak sehat. Dimana kandungan tersebut berperan dalam pembentukan sel darah merah sehingga membantu mengontrol kadar gula darah selama masa kehamilan.

5. Buah-buahan

Buah-buahan terkenal makanan sehat yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C seperti jeruk, pisang dan apel baik dikonsumsi sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil.

6. Madu

Zat besi untuk penambah darah rendah bisa ditemukan pada kandungan madu. Ibu hamil bisa mengonsumsi madu untuk memenuhi asupan zat besi selama masa kehamilan. Tambahkan buah-buahan dengan madu agar ibu hamil bisa mendapatkan manfaat yang baik.

7. Tiram

Tiram juga termasuk makanan penambah sel darah merah untuk ibu hamil. Dalam 100 gr tiram terdapat sekitar 7 mg zat besi. Makanan laut ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan janin. Pastika ibu hamil mengonsumsi tiram dalam kondisi matang.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga mengandung zat besi dan protein yang bisa menjadi makanan penambah darah untuk ibu hamil. Jenis kacang lentil, kacang polong hingga buncis paling cocok dijadikan makanan untuk penambah darah.

9. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, ibu hamil bisa mengonsumsi biji-bijian yang tinggi zat besi seperti biji almond, biji labu dan biji bunga matahari. Jenis biji-bijian ini direkomendasikan sebagai makanan penambah darah rendah.

10.  Asparagus

Makanan penambah darah untuk ibu hamil terakhir adalah asparagus yang kaya akan zat besi. Ibu hamil bisa membuat sup asparagus yang hangat dikombinasikan dengan biji-bijian seperti wijen agar lebih banyak kandungan zat besi.

Itulah deretan makanan penambah darah untuk ibu hamil yang bisa dicoba dirumah. Namun jika kondisi ibu hamil tidak kunjung membaik sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan. (Aq/MKK)

makananpenambahdarah

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
300 Nama Bayi Laki-laki Modern dan Artinya Penuh Makna

Temukan nama bayi laki-laki modern yang unik dan bermakna di sini. Pilihlah nama terbaik untuk si kecil dengan rangkaian nama modern kami.

MAKUKU
2023-11-06 15:34:01
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment