Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu yang Harus Dikenali

Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu yang Harus Dikenali

written by : MAKUKU - 7 Des 2022

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 86 times

Beberapa wanita baru sadar bahwa dirinya hamil setelah berminggu-minggu. Bahkan ada yang baru sadar ketika usia kehamilan memasuki 1-2 bulan. Pasalnya ada wanita yang tanda-tanda hamilnya jelas, ada juga yang tidak jelas. Momen pertumbuhan bayi di dalam perut merupakan salah satu momen penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi sebaiknya kenali tanda-tanda kehamilan sejak awal. Berikut ini adalah tanda-tanda hamil 1 minggu yang perlu Anda kenali:

Tanda-Tanda Hamil Muda 1 Minggu Pertama

1. Mual dan Muntah

Tanda-tanda orang hamil 1 minggu yang pertama adalah mual dan muntah yang lebih dikenal dengan istilah morning sickness. Meskipun begitu, mual dan muntah tidak hanya terjadi di pagi hari saja, namun juga bisa terjadi di waktu lainnya. Pada umumnya, kondisi mual dan muntah tersebut terjadi di minggu pertama sampai sembilan. Gejala akan mulai berkurang memasuki trimester kedua.

2. Payudara Menjadi Bengkak dan Sensitif

Salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan dan menjadi tanda-tanda hamil 1 minggu adalah payudara. Di minggu pertama kehamilan, payudara biasanya akan lebih besar, lembut, dan halus. Perubahan tersebut terjadi akibat perubahan hormon pada tubuh wanita hamil. Selain kulit payudara, perubahan juga terjadi pada areola yang lebih besar dan gelap.

3. Pinggang Bagian Bawah Terasa Sakit

Sakit pinggang bagian bawah biasanya disertai dengan kram. Hal tersebut terjadi karena peluruhan lapisan rahim yang membuat rahim berkontraksi. Biasanya rasa sakit di pinggang bagian bawah akan bertahan selama kehamilan, bukan hanya di minggu pertama saja. Akan tetapi selama kehamilan, rasa sakit tersebut lebih banyak disebabkan oleh perubahan postur dan penambahan berat badan. 

4. Pendarahan Vagina

Tanda-tanda orang hamil 1 minggu satu ini terkadang sulit dikenal. Pasalnya banyak wanita yang mengira pendarahan tersebut adalah darah menstruasi. Darah menstruasi berwarna merah, terkadang disertai gumpalan dan volume-nya banyak, sedangkan pendarahan vagina karena kehamilan berwarna kecoklatan dan sedikit. Pendarahan terjadi karena tubuh meluruhkan lapisan rahim untuk membentuk lapisan baru.

5. Perut Kembung

Rasa hamil di minggu pertama memang terkadang seperti rasa ketika akan datang bulan. Pasalnya orang yang hamil di minggu pertama juga merasakan perut kembung seperti tanda-tanda menstruasi. Perubahan hormon pada tubuh membuat sistem pencernaan melambat. Akibatnya perut kembung hingga mengalami sembelit atau konstipasi.

6. Kelelahan

Tanda-tanda orang hamil 1 minggu yang terakhir adalah kelelahan. Jika awalnya Anda adalah orang yang aktif dan akhir-akhir ini menjadi mudah lelah, mungkin hal tersebut disebabkan karena kehamilan di minggu pertama. Kelelahan sendiri terjadi karena hormon progesteron yang meningkat. Selain mudah lelah, ibu hamil biasanya juga akan lebih mudah mengantuk. Pastikan kualitas tidur dan istirahat dijaga dengan baik. Jangan lupa kelola stres agar ibu dan janin selalu sehat.

Itulah tanda-tanda hamil 1 minggu yang perlu Anda kenali agar tidak melewatkan momen terpenting dalam hidup. Selain menjaga kehamilan, Anda juga perlu mempersiapkan kelahiran. Popok anti ruam merupakan salah satu barang yang wajib Anda persiapkan. Pasalnya kebanyakan bayi baru lahir mengalami ruam akibat popok.

MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan rekomendasi popok anti ruam untuk Anda. Bukan hanya bisa meminimalisir terjadinya ruam saja, popok ini juga memiliki ukuran yang slim dengan daya serap yang tinggi. Generasi terbaru popol slim mampu menampung 500 ML cairan, sedangkan generasi sebelumnya 400 ML. Semua dimensi ukuran ditingkatkan, termasuk NB (newborn), jadi Anda bisa menggunakannya untuk umur yang lebih lama. (M2M)

tandatandahamil

tandatandahamil1minggu

tandatandaoranghamil1minggu

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment