Bayi Tidak Mau Menyusu? Jangan Khawatir, Kenali 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenali 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Tidak Mau Menyusu

written by : MAKUKU - 9 Des 2022

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 276 times

Bayi tidak mau menyusu merupakan hal umum yang sering terjadi dan terkadang membuat mom merasa sedih dan khawatir. Bagaimana tidak, mengingat ASI adalah asupan nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi. Namun, mom tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi. Berik    ut ini beberapa penyebab bayi tidak mau menyusu dan cara mengatasinya.

Penyebab bayi tidak mau menyusu pada ibunya

Bayi bisa saja tiba-tiba menolak untuk minum ASI dan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Jika dibiarkan maka bayi dapat kekurangan nutrisi dan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Umumnya, bayi yang tidak mau menyusui ini terjadi akibat adanya perubahan yang membuatnya tidak nyaman dan juga disebabkan oleh banyak faktor. Karena berbeda penyebabnya maka berbeda juga cara penanganannya, untuk itu yuk ketahui kenapa bayi tidak mau minum ASI:

1.   Pelekatan yang tidak tepat

Pelekatan menyusui sangat memengaruhi kelancaran proses menyusui. Pelekatan dan posisi menyusui yang tidak tepat dapat membuat bayi tidak nyaman dan akhirnya malas menyusu. Jadi, mom harus mengetahui bagaimana cara pelekatan menyusui yang baik agar si kecil mendapatkan ASI secara optimal.

2.   Bingung puting

Bingung puting merupakan salah satu alasan bayi susah menyusui. Biasanya bayi yang bingung puting ini karena sebelumnya sudah terbiasa minum ASI atau susu melalui botol atau dot susu. Selain itu, puting datar juga membuat bayi sulit untuk menghisap puting payudara mom.

Sebisa mungkin hindari memberikan dot atau botol saat si kecil menolak menyusu. Untuk menyiasatinya, cobalah menggunakan pipet, sendok atau sippy cup.

3.   Kondisi kesehatan tertentu

Jika bayi tidak mau menyusu, bisa jadi ia sedang sakit. berbagai masalah kesehatan yang menyebabkan bayi mogok minum ASI diantaranya bayi tumbuh gigi, sariawan, hidung tersumbat hingga infeksi telinga. Kondisi kesehatan tersebut dapat terasa menyakitkan untuk bayi saat menyusu. Segera periksakan si kecil jika menunjukkan gejala adanya masalah kesehatan.

4.   Mengalami stres

Stress tidak hanya dialami oleh orang dewasa, bayi juga dapat mengalami stress. Stress pada bayi bisa disebabkan oleh stimulasi yang berlebihan, berpisah lama dari ibunya, menunda memberikan si kecil makan hingga reaksi berlebihan pada mom saat si kecil tidak sengaja menggigit puting payudara. Perlu diketahui bahwa bayi sangat sensitif dan membuatnya mogok minum ASI.

5.   ASI berubah rasa

Selama menyusui ASI bisa mengalami perubahan mulai dari rasa hingga aroma. Perubahan pada ASI ini dapat dipicu oleh makanan yang dikonsumsi oleh mom, obat-obatan, perubahan hormon akibat menstruasi dan hamil. Bahkan perubahan wangi tubuh ibu juga dapat mengurungkan minat untuk menyusui.

6.   Volume ASI menurun

Jumlah ASI yang sedikit bisa membuat anak frustasi dan tidak mau menyusu. Mom bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI.  Dengan cara minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan yang bergizi sebagai ASI booster.

7.   Rutinitas menyusu yang terganggu

Terganggunya rutinitas menyusu adalah alasan kenapa bayi tidak mau minum ASI. Bayi yang terlalu aktif bermain serta stimulasi yang berlebihan dapat membuat si kecil terganggu. Jadi, mom bisa mengatur jadwal menyusui hingga aktivitas hariannya.

Itulah penyebab dan cara mengatasi bayi yang tidak mau menyusu. Biasanya, bayi yang menolak menyusu hanya berlangsung beberapa hari saja. Jika setelah mengatasi si kecil yang tidak mau menyusu namun tidak ada perubahan, sebaiknya diskusikan dengan konsultan laktasi.

Selama bayi menolak minum susu, pastikan juga ia menggunakan popok yang nyaman, daya serapnya tinggi, efektif mengurangi ruam popok seperti MAKUKU SAP Diapers Slim. MAKUKU SAP Diapers Slim menggunakan teknologi baru struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang tidak mudah menggumpal. Sehingga si kecil bebas bergerak dan tidak mudah bocor. (Aq/MKK)

bayimenyusui

menyusui

ibumenyusui

asieksklusif

penyebabbayitidakmaumenyusu

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment