8 Cara Tes Kehamilan Alami Tanpa Test Pack

8 Cara Tes Kehamilan Alami Tanpa Test Pack

written by : MAKUKU - 17 Jan 2024

Viewed : 55 times  Read duration : Page Views : 226 times

Membeli test pack untuk mengetahui hamil atau tidak adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan jawabannya. Test pack memang alat tes kehamilan yang praktis dan hasilnya mendekati akurat. Selain test pack sebenarnya ada beberapa cara untuk tes kehamilan alami menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah loh moms.

Jika moms belum sempat membeli test pack atau pergi ke dokter kandungan, moms bisa gunakan beberapa bahan-bahan alami berikut ini.

Tanda-tanda kehamilan

Kehamilan bisa diketahui melalui beberapa ciri dan gejala. Selain telat haid, ada  tanda-tanda kehamilan lain loh. Kehamilan ditandai adanya perubahan fisik seperti:

  • Telat menstruasi
  • Kram perut
  • Nyeri payudara
  • Mual dan muntah
  • Mudah lelah
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Tidak tahan dengan bau sesuatu

Jika moms merasakan tanda-tanda kehamilan tersebut, cobalah untuk melakukan tes kehamilan secara alami atau test pack.

Kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan?

Bila moms sudah merasakan tanda-tanda kehamilan namun masih ragu untuk tes kehamilan, sebaiknya perhatikan hal-hal penting sebelum melakukannya. Salah satunya adalah waktu pemeriksaan yang tepat. Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk tes kehamilan? Simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum terburu-buru ingin tes kehamilan, idealnya moms menunggu sampai waktu telat haid. Atau moms juga bisa mengecek kehamilan minimal dua minggu setelah berhubungan intim. Menunggu dalam rentang waktu tersebut agar tubuh memproduksi hCG dengan cukup dan dapat terdeteksi oleh alat tes kehamilan. Dimana hCG ini terdeteksi 7-12 hari setelah implantasi telur berhasil.

Selain itu, lakukan tes kehamilan di pagi hari dengan urine pertama. Alasannya, konsentrasi urine di pagi hari merupakan yang paling pekat dibandingkan waktu lainnya. Sehingga memudahkan moms untuk mendeteksi kehamilan lebih akurat. Namun, bukan berarti tes kehamilan tidak boleh dilakukan di siang atau malam hari ya moms.

Cara tes kehamilan secara alami

Bila selama ini test pack menjadi alat yang diandalkan untuk mengecek hasil kehamilan, maka moms bisa mencoba tes kehamilan secara alami. Berikut ini cara tes kehamilan alami tanpa test pack yang bisa dicoba di rumah:

1. Garam

Tes kehamilan alami dapat dilakukan menggunakan garam. Taburkan garam pada wadah untuk menampung air urine. Tanda hamil positif jika terjadi reaksi saat hormon HCG dalam urine tercampur garam. Reaksi tersebut akan berubah menjadi larutan putih seperti susu.

2. Gula

Gula juga bisa digunakan untuk menguji kehamilan secara alami. Tampung urine di pagi hari kemudian campurkan dengan 2-3 sendok gula dan diamkan beberapa menit. Jika gula berubah menggumpal tandanya positif hamil tapi hasilnya negatif bila gula melebur dengan cepat.

3. Cuka

Cuka bisa dimanfaatkan menjadi bahan untuk tes kehamilan alami tanpa test pack. Caranya, gunakan air urine di pagi hari lalu campurkan cuka. Pada hasil tes yang positif akan terjadi perubahan warna. Jika moms tidak hamil, tidak ada perubahan warna pada larutan tersebut.

4. Gandum & barley

Sebuah studi Cambridge Journal of Medical History melaporkan sekitar 70% benih akan berkecambah dengan cepat saat menggunakan urine wanita hamil. Jadi, gandum dan barley yang dicampur urine selama dua hari bisa menunjukkan tes kehamilan alami. Jika berkecambah atau bertunas tandanya moms positif hamil dan sebaliknya.

5. Pasta gigi

Siapa sangka pasta gigi dapat digunakan untuk tes kehamilan alami. Gunakan pasta gigi berwarna putih dan campurkan dengan beberapa tes urine lalu aduk. Diamkan campuran tersebut beberapa menit dan amati. Jika. Berubah warna menjadi biru atau muncul busa tandanya hasil positif.

6. Baking soda

Bukan hanya untuk bahan pembuat kue, baking soda juga bisa digunakan sebagai alat tes kehamilan. Caranya cukup mudah, tambahkan baking soda ke sampel urine moms. Amati perubahannya, jika bubuk putih baking soda bereaksi seperti bergelembung dan mengeluarkan desis kemungkinan moms hamil.

7. Sabun

Alat tes kehamilan alami selanjutnya adalah sabun dengan merk, bahan dan jenis apapun. Taruh sabun di dalam mangkuk lalu tuangkan dua sendok air seni ke atas sabun. Jika muncul reaksi seperti gelembung dan buih, maka artinya moms hamil. Dan, sebaliknya ya moms.

8. Sampo

Mengecek kehamilan secara alami dengan sampo pun bisa dilakukan. Moms hanya perlu menyiapkan wadah bersih, sampo dan sampel urine. Campurkan 2 tetes sampo lalu kocok perlahan agar tidak berbusa. Setelah itu campur dengan urine dan tunggu bereaksi. Saat mengaduk hindari pembentukan buih karena bisa memberikan hasil yang salah.

Kesimpulan

Nah, itu dia bahan-bahan untuk uji tes kehamilan secara alami tanpa test pack. Tapi untuk memastikan hasil positif atau tidak, jangan ragu periksa ke dokter kandungan ya. (Aq/MKK)

teskehamilanalami

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment