5 Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Harus Diprioritaskan

5 Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Harus Diprioritaskan

written by : MAKUKU - 22 Nov 2023

Viewed : 15 times  Read duration : Page Views : 200 times

Saat waktu persalinan semakin dekat, tentu moms akan mulai membuat daftar kebutuhan bayi baru lahir. Perasaan senang dan semangat menanti kehadiran si kecil kerap membuat moms kalap berbelanja dan ingin membeli semua perlengkapan bayi baru lahir.

Moms sebaiknya tidak usah kalap berbelanja karena masih banyak waktu untuk memanjakan dan memenuhi kebutuhan bayi saat si kecil sudah lahir nanti. Moms lebih baik mengutamakan perlengkapan dasar terlebih dahulu untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan dan tidak perlu.

Kapan sebaiknya moms mulai membeli kebutuhan bayi?

Menyicil pembelian kebutuhan bayi sepanjang usia kehamilan atau menabung dan membelinya mendekati hari-H persalinan keduanya adalah pendekatan yang baik dan dapat disesuaikan dengan preferensi serta kondisi keuangan Moms.

Waktu yang tepat untuk memulai membeli kebutuhan bayi dapat bervariasi antara satu ibu hamil dan yang lainnya. Namun, banyak ahli merekomendasikan agar persiapan dimulai sekitar awal trimester ketiga kehamilan, yaitu sekitar minggu ke-28 hingga akhir kehamilan.

Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Utama

Menyambut bayi baru lahir membutuhkan persiapan matang.Persiapan untuk kedatangan bayi baru lahir memang penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanannya. Berikut beberapa peralatan bayi baru lahir yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran bayi:

1. Pakaian Bayi Sesuai Usia

Pakaian menjadi kebutuhan perlengkapan bayi baru lahir yang utama. Namun, moms tidak perlu membelinya terlalu banyak karena tubuh bayi akan cepat membesar. Jika moms ingin membeli pakaian si kecil sekaligus bisa menaikkan ukuran agar bisa digunakan nanti.

2. Popok bayi sesuai usia

Untuk popok bayi baru lahir, moms bisa menggunakan popok kain atau popok sekali pakai khusus untuk newborn. Jenis popok yang tepat untuk bayi baru lahir adalah popok perekat. Moms perlu mempersiapkan popok bayi baru lahir karena biasanya bayi perlu mengganti popok sebanyak 10-12 kali dalam sehari.

3. Tempat tidur bayi dan perlengkapan kamar tidur bayi

Tempat tidur bayi dan perlengkapan kamar tidur bayi harus ada di kamar bayi sehingga Moms perlu membeli tempat tidur yang aman untuk bayi selama enam bulan pertama kelahirannya.

4. Botol susu

Meski moms memutuskan untuk menyusui langsung (direct breastfeeding), namun moms tetap disarankan untuk mempersiapkan botol susu. Jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan botol atau dot susu bayi, moms sudah memilikinya. Lagipula botol susu bisa dipakai dalam jangka panjang sampai bayi sudah bisa minum susu formula.

5. Perlengkapan mandi

Perlengkapan bayi baru lahir yang tidak kalah penting adalah perlengkapan mandi. Moms perlu menyiapkan kebutuhan perlengkapan mandi bayi seperti bak mandi, sabun dan sampo khusus bayi, handuk khusus bayi dan waslap. Pilihlah produk perlengkapan bayi dengan kandungan yang aman.

 Tips Menyiapkan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Seperti yang disebutkan di awal, moms bisa saja kalap dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir. Bahkan tidak menutup kemungkinan moms membeli kebutuhan bayi baru lahir yang tidak terlalu dibutuhkan. Berikut ini tips menyiapkan keperluan bayi baru lahir agar moms tidak bingung dan menghindari kesalahan belanja:

1.  Membuat daftar kebutuhan

Sebaiknya sebelum berbelanja, moms perlu membuat daftar kebutuhan yang diperlukan agar moms tidak melewatkan suatu barang dan dengan begitu mampu mengontrol keuangan.

2.  Prioritaskan kebutuhan dasar

Moms sebaiknya memprioritaskan kebutuhan dasar bayi terlebih dahulu, seperti pakaian, popok, dan kebutuhan ASI. Ini karena kebutuhan dasar ini sangat penting untuk kesejahteraan dan kenyamanan bayi, terutama dalam periode awal kehidupannya.

3.  Utamakan Keamanan dan Kenyamanan

Dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan, Moms dapat memberikan lingkungan yang mendukung perkembangan dan kesejahteraan bayi dengan baik. Selalu penting untuk melakukan penelitian, membaca ulasan, dan mengikuti panduan keamanan produsen saat memilih dan menggunakan produk untuk bayi.

4.  Hitung Jumlah yang Dibutuhkan

Menghitung jumlah kebutuhan bayi dalam sehari adalah langkah penting untuk memastikan Moms memiliki persediaan yang cukup dan dapat memberikan perawatan yang memadai.

Moms juga perlu memperhitungkan faktor-faktor seperti kebiasaan bayi, cuaca, dan kebiasaan makan bayi (jika sudah mulai MPASI). Beberapa item, seperti popok dan bedong, mungkin perlu lebih banyak persediaan. Selalu lebih baik memiliki sedikit lebih banyak persediaan daripada kurang.

5.  Beli Pakaian Bayi dengan Ukuran yang Lebih Besar

Pendekatan untuk membeli pakaian bayi dengan ukuran yang sedikit lebih besar dapat menjadi ide yang baik, terutama karena bayi tumbuh dengan cepat. Memilih pakaian yang sedikit lebih besar dapat menjadi pilihan yang bijak, asalkan Moms tetap mempertimbangkan kenyamanan, kebutuhan musim, dan pertumbuhan cepat bayi.

6. Jangan Terburu-buru Membeli Kebutuhan Bayi

Moms bisa menanyakan pada teman atau kerabat yang lebih berpengalaman tentang rekomendasi tempat belanja kebutuhan bayi baru lahir yang lengkap dan murah atau Moms juga bisa lebih berhemat jika mendapat beberapa perlengkapan bayi yang sudah tidak dipakai keluarga dan sahabat terdekat.

Kesimpulan

Nah, itu dia lima daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib diprioritaskan oleh moms and dad. Selain itu, perhatikan pula cara menyiapkan peralatan bayi baru lahir agar tidak terjadi kesalahan. Pastikan pula si kecil diberikan popok lembut yang menyerap lebih banyak, seperti MAKUKU Dry Care.

MAKUKU Dry Care, popok ekonomis berteknologi SAP + pulp yang sangat lembut. Popok kering tahan lama, menyerap cepat dan merata, memiliki 3 lapis sirkulasi udara dan pinggang yang elastis. Daya tampung MAKUKU Dry Care sebesar 400 ml.

Kini, MAKUKU Dry Care tersedia dalam dua jenis popok yakni popok bayi perekat (NB-S) dan popok celana (M,L,XL,XXL) dengan kemasan regular (pack) dan kemasan renceng (single pack). Harga MAKUKU Dry Care dijual sekitar 50 ribuan dan MAKUKU Dry Care kemasan renceng ini bisa dibeli di warung terdekat. (Aq/MKK)

perlengkapanbayi

kebutuhanbayibarulahir

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment