Pentingnya Sikap Cinta Tanah Air Pada Generasi Muda

Pentingnya Sikap Cinta Tanah Air Pada Generasi Muda

written by : MAKUKU - 28 Okt 2021

Viewed : 181 times  Read duration : Page Views : 2354 times

Sikap cinta tanah air merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini penting dimiliki untuk membela, menjaga dan melindungi tanah air. Pentingnya menanamkan rasa cinta tanah air juga juga dapat menumbuhkan rasa cinta dan melestarikan adat, budaya dan alam yang dimiliki oleh negara ini.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 pada 28 Oktober 2021, tema yang diangkat pada tahun ini adalah Bersatu, Bangkit dan Tumbuh. Tema ini menunjukkan semangat persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Terlebih saat ini, Indonesia sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. Serta menggambarkan partisipasi generasi muda untuk bangkit dalam menumbuhkan perekonomian.

"Dipilihnya tema ini sebagai bentuk penggambaran spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Tema ini juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda," demikian disampaikan dalam Panduan Penyelenggaraan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 seperti dikutip dari laman Kemenpora RI.

Cara generasi muda dalam mencintai tanah air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  •  Bangga menggunakan produk asli buatan Indonesia.
  •  Ikut berpartisipasi dalam melestarikan dan menjaga kekayaan negara.
  • Tidak menyebarkan ujaran kebencian atau berita hoaks.
  • Tidak merusak fasilitas umum.
  • Menciptakan kerukunan dengan masyarakat yang beragam.

Untuk mencetak generasi emas yang cerdas dan berkarakter, orang tua memiliki peran penting. Sehingga keseimbangan akademik dan karakter inilah yang perlu disiapkan para orang tua sejak dini.

Mengajarkan sikap cinta tanah air pada anak

Selain memberikan edukasi mengenai keterampilan motorik, hal yang tidak kalah penting untuk diajarkan pada anak adalah sikap mencintai tanah air sejak dini. Hal ini gunakan memicu munculnya rasa nasionalisme, ketertarikan si kecil pada pengenalan budaya dan nilai luhur. Bahkan para orang tua disarankan untuk memperkenalkan budaya nasional agar anak-anak mencintai dengan senang hati dan tanpa paksaan.

Dalam proses mengajarkan anak-anak tentang sikap cinta tanah air bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya adalah membuat kerajinan tangan bertemakan budaya tertentu, mengenalkan ragam pakaian adat, mengikuti upacara bendera, menceritakan sejarah dan tokoh pahlawan, mengajarkan si kecil untuk saling menghormati dan toleransi, mengajak si kecil rekreasi budaya, mengikuti acara kebudayaan hingga mencoba makanan dari berbagai daerah.

Makuku Family  sebagai konsultan ibu dan anak mendukung penuh para orang tua dalam menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak-anak di Indonesia dengan membantu memenuhi kebutuhan si kecil dengan produk berkualitas.

Penulis: Aqiyu Purbosuli

cintatanahair

nasionalisme

generasimuda

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 11:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 11:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 09:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 12:32:57
0 Comment